GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Tips Memilih Face Mist yang Sesuai dengan Tipe Kulit Wajah

Ditinjau oleh dr. Aghis-20 Des 2022
Tips memilih face mist

Berbagai bahan dalam skincare perlu kamu ketahui manfaatnya secara spesifik. Termasuk perawatan rutin yang membantu menjaga kelembapan kulit. Salah satu skincare untuk menjaga kulit lembab adalah face mist. Nah, untuk mengetahui fungsi face mist dan kandungan apa yang cocok untuk tipe kulitmu, yuk cek penjelasan berikut ini.


Fungsi face mist

Setiap produk face mist, tentu memiliki formula yang berbeda-beda. Tetapi secara umum, face mist adalah skincare yang diformulasi dengan tujuan menghidrasi kulit wajah. Face mist sering dipakai saat musim kemarau, ketika matahari sedang terik-teriknya dan kulit wajah membutuhkan asupan cairan yang disemprotkan langsung pada permukaan kulit.


Sejumlah ahli menjelaskan, memakai face mist merupakan cara efektif dan cepat untuk menjaga hidrasi kulit tercukupi. Tetapi kamu perlu betul-betul mengetahui kandungan apa di dalam face mist yang cocok untuk setiap tipe kulit. Pasalnya, formula adalah kunci keberhasilan perawatan kulitmu. Kalau formula tidak cocok, perawatan kulit bisa jadi tidak berpengaruh besar atau malah menimbulkan masalah pada kulit wajah.


Saat ini, face mist mirip seperti serum yang disemprotkan. Kenapa disebut mirip dengan serum, karena variasi formulanya dapat memenuhi kebutuhan kulit selayaknya memakai serum. Tetapi tujuan kedua jenis skincare ini berbeda lho! Kalau serum bisa mencukupi kebutuhan nutrisi kulit tetapi face mist umumnya dipakai untuk menenangkan dan menghidrasi kulit.


Kandungan apa saja yang diformulasikan dalam face mist?

Seiring dengan perkembangan inovasi dalam dunia kecantikan, banyak sekali formula skincare termasuk bahan aktif di dalam produk perawatan kulit. Kalau untuk face mist, kamu bisa mendapatkan vitamin, antioksidan, humektan, hydrator, bahkan pencerah warna kulit. Uniknya lagi, untuk mendapatkan manfaat face mist bisa dilakukan dalam sekali semprot. Beberapa produk face mist, memakai bahan aktif seperti niacinamide, glutathione, arginine, dan asam hialuronat.


Tips memilih face mist sesuai tipe kulit wajah

Seperti halnya memilih krim untuk kulit, memilih face mist pun juga perlu disesuaikan dengan tipe kulit wajah. Alasannya, karena setiap tipe kulit memiliki karakter yang berbeda-beda, maka kandungan yang dibutuhkan setiap tipenya juga akan berbeda. Apa tipe kulitmu? Begini lho face mist yang cocok.


Kulit kering

Permukaan kulit menjadi kering disebabkan kehilangan terlalu banyak minyak alami dan air. Untuk tipe kulit yang kering, kamu perlu memilih face mist yang bisa meningkatkan hidrasi dan kekenyalan kulit. Saat membeli face mist, periksa label komposisi. Pilih face mist yang mengandung asam hialuronat dan squalene. Kedua bahan tersebut tidak hanya menghidrasi tetapi juga menahan kelembaban serta menyembuhkan kulit yang rusak.


Kulit berminyak

Buat kamu yang memiliki tipe kulit wajah berminyak, memakai face mist sebenarnya bisa ditunda. Tetapi, kalau memakai face mist, pilih yang membantu mengurangi jerawat dan membersihkan pori-pori tersumbat.


Bahan face mist yang umumnya bermanfaat untuk tipe kulit berminyak, adalah air mawar. Selain itu, kandungan aloe vera dapat menenangkan pori-pori yang tersumbat. Di tambah lagi, face mist dengan formulasi teh yang mengandung antioksidan, dapat membantu kulit tetap terhidrasi sekaligus menjaga kulit jauh dari jerawat karena pori-pori tersumbat.


Kulit sensitif

Kamu perlu selektif dalam memilih skincare apabila memiliki tipe kulit sensitif. Untuk memilih face mist, direkomendasikan yang mengandung mentimun agar dapat menjaga kulit terhidrasi. Bahan lain dalam face mist untuk kulit sensitif, adalah lidah buaya yang membantu mengobati ruam dan gatal pada kulit.


Kulit normal

Kalau memiliki tipe kulit normal, kamu bebas memakai face mist berbahan apa saja. Tetapi penting kamu perhatikan, cek label produk face mist yang mengandung antioksidan, vitamin, dan minyak untuk kulit agar menjaga kulitmu tetap glowing.


Kulit kombinasi

Seperti yang kita ketahui, kulit kombinasi memiliki dua karakter. Pada zona ‘T’, kulit wajah lebih berminyak. Sedangkan pada pipi kanan dan kiri cenderung kering. Tips memilih face mist untuk kulit kombinasi, pilih yang mengandung asam hialuronat dan air mawar karena bisa menyeimbangkan minyak alami sekaligus menghidrasi area kulit wajah yang kering.


Itulah tips memilih face mist sesuai dengan tipe kulit. Apakah kamu mengalami masalah dengan karakter kulitmu dan kesulitan menemukan skincare yang cocok? Kalau mengalaminya, kamu bisa konsultasi ke klinik Diri untuk mendapatkan treatment plan dari dokter kulit berpengalaman. Selanjutnya, sudahkan kamu memakai face mist secara tepat? Coba deh cek penjelasan berikut untuk mengetahui bagaimana cara memakai face mist.


Cara penggunaan face mist

Kalau kamu memakai face mist dengan cara yang keliru, kulit bisa jadi lebih kering alih-alih mengunci kelembapannya. Jadi, periksa cara pemakaian face mist yang tepat berikut ini.


Pastikan memakai pelembab setelah menyemprotkan face mist

Face mist diformulasi dari bahan aktif yang bermanfaat untuk kulitmu. Meskipun begitu, kamu perlu mengunci formula tersebut supaya bekerja secara optimal. Artinya, setelah mencuci wajah dan mengeringkan secara lembut, semprotkan face mist. Kemudian kunci kandungan face mist dengan pelembab agar tak menguap. Jadi, setelah memakai face mist kemudian aplikasikan pelembab.


Tak sedikit yang sering memakai face mist untuk menyegarkan kulit ketika masih memakai makeup. Kalau kamu termasuk, coba deh ubah cara pemakaiannya. Supaya kandungan face mist terserap sempurna oleh kulit, semprotkan ke permukaan kulit sebelum kamu memakai serum atau pelembab.


Memakai face mist untuk memperbaiki riasan yang gagal

Pernah memakai riasan yang terlalu tebal? Daripada kamu menyeka semua dan mengulang dari awal, face mist bisa membantumu untuk memperbaikinya. Caranya, semprotkan face mist pada area yang ingin kamu perbaiki. Kemudian tepuk-tepuk dengan jari untuk memadukan dan menghapus lapisan yang berlebihan.


Setelah mengetahui fungsi dan cara pemakaian face mist di atas, kamu juga bisa menyemprotkan face mist setelah olahraga atau selama musim panas. Penting kamu perhatikan, face mist bisa dimasukkan dalam perawatan rutin harian untuk kulit wajah. Tetapi lebih penting lagi, kenali apa yang betul-betul dibutuhkan oleh kulitmu. Nah, kalau kamu bingung memilih skincare yang esensial untuk perawatan harian, konsultasikan pada dokter berpengalaman dan tim klinis di klinik Diri.

 

Sumber:

https://suganda.co/blogs/skin-journals/how-to-choose-the-best-facial-mist-for-each-skin-type

https://www.vogue.co.uk/beauty/article/do-face-mists-work

https://www.byrdie.com/best-hydrating-face-mists-4692093


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.