GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Gak Pede karena Brewok Tidak Rata? Kenali Penyebab dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-12 Jun 2023
Atasi brewok tidak rata Diricare

Penampilan yang dianggap kurang sempurna, seringkali membuat tak percaya diri. Terutama ketika rambut pada sekitar dagu dan rahang tak tumbuh secara merata. Kadang, bagian kiri lebih mudah panjang dibandingkan yang kanan. Atau brewok tidak rata pertumbuhannya sehingga pada bagian tengah terlihat lebih tipis daripada bagian tepi. Mungkin ini membuat Anda tak percaya diri, tetapi bisa diatasi dengan cara sederhana kok. Ikuti penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi brewok tumbuh tidak rata berikut di bawah ini.


Penyebab brewok tumbuh tidak rata

Banyak orang bertanya-tanya, apakah brewok merupakan faktor keturunan? Pertanyaan ini kerap membuat penasaran karena tidak semua pria bisa dengan mudah memanjangkan brewok. Ternyata, ini juga berkaitan dengan alasan kenapa brewok kerap tumbuh tak rata seperti dalam daftar berikut.


1. Keturunan

Faktor utama yang memengaruhi pertumbuhan jenggot atau brewok, ialah genetika. Sejalan dengan pertanyaan di atas, ternyata ketebalan brewok dipengaruhi oleh faktor keturunan. Meski begitu, faktor lain juga bisa menyebabkan brewok tidak rata tumbuhnya.


2. Hormon

Enzim 5-alpha reductase dalam tubuh bertugas mengubah hormon testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT). DHT nantinya mengikat reseptor pada folikel rambut wajah Anda untuk merangsang pertumbuhan rambut. Ini yang menyebabkan brewok tidak rata, karena setiap kulit wajah tidak memiliki jumlah folikel yang sama. Jadi, kadang pada satu sisi wajah akan tumbuh lebih lebat daripada sisi lainnya.


Tetapi untuk menumbuhkan rambut tidak hanya cukup dengan meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh lho. Karena ketebalan brewok ditentukan juga oleh sensitivitas DHT rambut Anda. Sedangkan kekuatan sensitivitas ditentukan oleh riwayat genetik.


3. Usia

Brewok pada kebanyakan pria bertambah tebal hingga usia 30-an. Pada usia yang lebih muda, kemungkinan akan mengalami brewok tidak rata. Tetapi seiring bertambahnya usia, akan menebal asalkan tidak ada faktor lainnya yang memengaruhi, misalnya rendahnya kadar hormon testosteron dalam tubuh.


4. Kekurangan nutrisi

Seperti halnya pada kulit atau rambut di kepala, pertumbuhan brewok juga didorong kecukupan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari. Ketika kekurangan mineral atau vitamin esensial, akan berpotensi membatasi pertumbuhan brewok Anda. Selain itu, tingkat protein yang rendah dapat menghambat produksi testosteron tubuh dan mengganggu pertumbuhan jenggot.


5. Ras

Penelitian yang dilakukan tahun 2016 dan dipresentasikan dalam 23rd World Congress of Dermatology di Vancouver, menunjukkan bahwa ras berpengaruh pada ketebalan serta pertumbuhan brewok. Karena ras juga berkaitan dengan genetika, maka temuan ini perlu dipahami dalam perspektif biologis. Penelitian ini menemukan bahwa pria Cina, umumnya memiliki pertumbuhan rambut di pipi dan leher lebih jarang daripada pria Kaukasia.


Penjelasan di atas merupakan kelima penyebab kenapa brewok tumbuh tak rata. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mempraktikan langkah-langkah atau kebiasaan berikut ini ya.


Cara mengatasi brewok tumbuh tidak rata

Jenggot yang lebat merupakan dambaan pria. Tetapi sayangnya rambut wajah ini tumbuhnya kadang tak diduga. Ketika tumbuh brewok tidak rata, Anda bisa melakukan cara berikut ini untuk mengatasinya.


1. Membiarkan panjang

Ketika brewok tumbuh tidak rata, alih-alih memotongnya, lebih baik dibiarkan memanjang untuk menutupi area yang tidak terlalu tebal. Meski perlu menahan keinginan untuk memotongnya setidaknya selama sebulan, tetapi ini bisa sedikit membantu memperbaiki penampilan Anda.

2. Tetap dipangkas

Opsi kedua untuk mengatasi brewok yang tumbuh tidak rata, bisa dengan memangkas rambut di area bawah wajah Anda. Anda dapat memangkasnya secara kreatif atau menyisakan pada area dagu dan memotong area samping kanan serta kiri.


3. Buat garis agar terlihat lebih rapi

Jenggot yang tidak rata seringkali membuat Anda tak tampil menawan. Dengan membuat garis maka akan membuat brewok lebih terlihat rapi. Bagian mana yang perlu dipangkas? Pangkas cambang agar tak terlalu panjang. Buatlah segaris agar lebih rapi di sekitar tulang pipi, garis rahang, hidung, dan bibir Anda. Pada prinsipnya, membuat garis bertujuan menipiskan bagian brewok yang lebih tebal sehingga terlihat rata ketebalannya.


4. Merawat kulit sekitar janggut

Mengelola jenggot dan merawat kulit sekitar janggut perlu Anda lakukan. Meski brewok tidak rata tumbuhnya, Anda tetap perlu mengangkat sel kulit mati, mencegah kulit wajah kering, dan mengurangi risiko gatal-gatal dengan eksfoliasi. Efek baiknya jika Anda merawat kulit sekitar janggut dengan tepat, bisa meningkatkan aliran darah sehingga membantu pertumbuhan brewok lebih rata, tebal, dan sehat.


5. Konsumsi cukup nutrisi

Diet dan gaya hidup sehat tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan, tetapi juga membantu pertumbuhan rambut. Untuk mengatasi brewok tidak rata, Anda bisa mendukung pertumbuhannya dari dalam tubuh. Seperti dengan minum cukup air mineral, konsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan vitamin C. Ditambah lagi konsumsi makanan kaya zat besi, seng, dan omega 3 yang membantu menyuburkan rambut dan mendorong pertumbuhan.


Makanan yang mengandung nutrisi dan dibutuhkan dalam pertumbuhan rambut, antara lain alpukat, telur, almond, kembang kol, pisang, dan susu. Penting diketahui, makanan yang mengandung niacin menurut penelitian dikaitkan dengan pertumbuhan rambut. Makanan yang mengandung senyawa niacin, ialah biji bunga matahari, jamur, tuna, kacang tanah, daging sapi, dan daging ayam.


6. Coba microneedling

Microneedling merupakan tindakan yang dilakukan oleh dermatolog dengan menggunakan dermaroller dan jarum mikro. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa metode ini membantu meningkatkan produksi kolagen dan keratin. Cara ini juga merangsang aliran darah yang memicu pertumbuhan rambut secara merata.


7. Memakai obat penumbuh rambut

Cara mengatasi brewok tumbuh tidak rata selanjutnya, ialah dengan memakai obat penumbuh rambut. Umumnya, obat untuk menumbuhkan rambut mengandung monoxidil. Tetapi, kedua kandungan ini sebenarnya dipakai untuk menumbuhkan rambut di kepala dan kalau dipakai di wajah bisa memicu efek samping tertentu.


Untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan dalam mengatasi brewok tidak rata, Anda bisa berkonsultasi secara gratis pada tim ahli dan dokter berpengalaman di klinik Diri. Tim ahli dan dokter berpengalaman, akan memberikan rekomendasi buat Anda sesuai dengan kondisi kulit, rambut, dan keluhan yang dialami. Baiknya lagi, dalam proses perawatan Anda akan selalu didampingi. Semoga penjelasan di atas membantumu mengatasi brewok tumbuh tidak rata ya!.

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/how-to-grow-beard-on-cheeks

https://www.thetrendspotter.net/how-to-fix-a-patchy-beard/

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/ics.12328

https://imustacheyoutoshave.com/one-side-of-my-beard-grows-differently-uneven-faster-patchy/

banner-artikel
Tag:
brewok
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.