GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Elita M.-17 Jun 2022
Atasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami Diricare

Kerontokan pada rambut acap membuat ketebalan berkurang hingga kebotakan. Keluhan ini tak hanya memengaruhi penampilan tetapi juga aspek psikologis. Tak sedikit orang merasa kurang percaya diri karena rambut rontok parah. Apabila kamu mengalaminya, ambil langkah paling efektif untuk mengatasinya. Salah satunya melakukan rekomendasi cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami berikut.


Penyebab rambut rontok bisa dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Mulai dari faktor kebiasaan sehari-hari yang tidak tepat, kesalahan memakai produk perawatan rambut, dan dipicu kesehatan fisik maupun mental. Secara lebih detail, berikut hal-hal yang bisa memicu rambutmu rontok secara berlebihan.


Penyebab rambut rontok

Kerontokan rambut dialami perempuan dan pria. Rambut rontok sebenarnya merupakan kondisi wajar. Karena dalam pertumbuhannya sudah maksimal, maka mereka akan rontok secara natural. Tetapi apabila mengalami kerontokan lebih dari 100 helai setiap harinya, bisa dibilang mengalami kerontokan parah. Mengutip laman American Academy of Dermatology Association, penyebab rambut rontok secara berlebihan, berikut ini yang mungkin jadi pemicunya.


1. Rambut rontok dipengaruhi riwayat keturunan

Secara medis disebut dengan alopecia androgenic yang dipicu oleh faktor genetik di mana menyebabkan folikel rambut menyusut. Folikel rambut bertugas menumbuhkan rambut, apabila menyusut rambut akan berhenti tumbuh. Bagi yang mengalami faktor ini, biasanya penyusutan dimulai sejak usia remaja. Namun paling banyak di alami saat telah dewasa.


Pria yang mengalami ini, tanda pertama yang sering dialami ialah rambut menipis atau kebotakan di bagian atas kepalanya. Sedangkan pada perempuan, tanda pertama dari kerontokan rambut karena keturunan dikenali ketika rambut menipis.


2. Perubahan pada sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang menyerang folikel rambut menyebabkan kerontokan rambut. Secara medis kondisi ini disebut alopecia areata. Karena kondisi ini, kamu bisa kehilangan rambut di seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala, di dalam hidung, dan telinga. Bahkan beberapa orang yang mengalami ini juga kehilangan bulu mata dan alisnya.


3. Perawatan rambut

Kalau kamu melakukan perawatan rambut yang mengubah tekstur maupun warna rambut, bisa memicu kerontokan yang parah. Seperti mewarnai, mengeriting, meluruskan, bisa merusak rambut lho. Terutama apabila tidak dilakukan secara tepat dan atau dilakukan terlalu sering.


4. Sering mengikat rambut terlalu kencang

Gaya dalam menata rambut mungkin membantu seseorang untuk tampil sempurna. Tetapi perlu diperhatikan, bahwa sering mengikat rambut terlalu kencang atau menata rambut yang dapat menarik kulit kepala, dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen.


5. Ketidakseimbangan hormon

Faktor kelima yang menyebabkan rambut rontok berkaitan dengan keseimbangan hormon. Apabila hormon tidak seimbang, khususnya dialami perempuan, bisa memengaruhi kerontokan. Selain juga mempengaruhi kondisi kesehatan seperti mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS).


6. Mengalami jaringan parut

Jaringan parut dialami ketika kulit terluka yang menyebabkan folikel rambut hancur. Pada akhirnya kondisi tersebut tidak dapat menumbuhkan rambut kembali. Meski banyak kondisi yang menyebabkan, selain kulit terluka, tetapi membutuhkan perhatian khusus agar dapat melakukan tindakan pencegahan.


7. Penyakit tiroid

Apabila seseorang mengalami masalah pada kelenjar tiroid, besar kemungkinan akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Masalah pada kelenjar tiroid bisa disebabkan kurang zat besi, protein, seng, dan biotin. Oleh karena itu, kamu bisa mencukupi nutrisi dari makanan yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan rambut tumbuh dan menjaga kesehatan tubuhmu.


Disamping ketujuh penyebab di atas, rambut rontok berlebihan juga bisa dipicu kondisi kesehatan. Seperti mengalami psoriasis kulit kepala, menjalani pengobatan kanker, sakit tertentu, baru pulih dari penyakit, menjalani operasi, melahirkan, hingga mengalami stresor tertentu.


Lantas apakah ada cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami? Berikut bahan-bahan alami yang membantu mengatasi keluhan rambut rontok. 


Cara mengatasi rambut rontok parah dengan bahan alami


Bahan alami memiliki kelebihan, selain ramah lingkungan juga lebih murah. Tetapi studi yang dipakai membuktikan manfaat bahan alami tersebut terbatas, artinya kamu perlu mengidentifikasi secara mandiri jika memilih memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi masalah kerontokan rambut.


Apabila kamu lebih percaya pada rekomendasi ahli dan produk telah teruji secara klinis, DiriCare bisa menjadi solusi dari keluhan rambut rontok Anda. Perawatan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari Custom Hair Growth Shampoo, Custom Hair Growth Serum, hingga Custom Hair Growth Capsule yang membantu mengatasi kebotakan karena hormon tak seimbang.


Nah, alternatif yang bisa dilakukan secara mandiri untuk mengatasi kerontokan rambut parah adalah dengan memanfaatkan cara alami seperti berikut ini.


1. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa membantu mengatasi kerontokan rambut akibat terpapar sinar UV. Sinar ultraviolet dapat menyebabkan rambut tak tumbuh sebagaimana mestinya. Kemudian helai rambut rusak dan rontok parah. Manfaat minyak kelapa untuk mengatasi rambut rontok dibuktikan dalam studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of the American College Nutrition Volume 38.


Minyak kelapa dibuat dari buah kelapa yang mengandung banyak nutrisi baik. Nutrisi baik dalam minyak kelapa dan bermanfaat untuk rambut adalah asam lemak serta vitamin E. Meskipun studi ini dilakukan secara terbatas, tetapi menemukan sejumlah manfaat dari minyak kelapa, salah satunya mengatasi rambut rontok karena paparan sinar UV.

Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak kelapa, kamu bisa mengoleskan langsung pada kulit kepala. Pijat secara lembut selama beberapa menit. Kemudian cuci rambut hingga bersih.


2. Jus bawang bombai

Bawang bombai selain berfungsi sebagai bumbu masakan juga bermanfaat dalam banyak hal. Termasuk mengatasi kerontokan rambut karena alopecia areata.


Sebuah penelitian dengan lingkup kecil yang dipublikasikan dalam The Journal of Dermatology Volume 29 pada 2014 menemukan bahwa mengoleskan jus bawang ke kulit kepala dapat membantu pertumbuhan kembali rambut pada pria dan perempuan dengan alopecia areata. Sekitar 80 persen peserta yang mengikuti studi mengalami peningkatan pertumbuhan rambut baru setelah 6 minggu menggunakan jus bawang.


3. Mengubah diet

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang ketiga ini, berkaitan dengan pola makan. Diet tinggi protein, ternyata bisa memperbaiki kondisi kulit, kuku, dan rambut. Ini dibuktikan dalam penelitian tahun 2017. Bahwa diet protein tinggi atau dikenal dengan diet Mediterania lebih mendapatkan cukup asupan asam amino. Sedangkan kerontokan rambut dialami karena kekurangan asam amino dan protein. Artinya, kamu bisa mengubah dietmu dengan pola makan yang cukup protein.


Ditambah lagi, kamu juga perlu menambah asupan vitamin yang berkaitan dengan pertumbuhan rambut baru. Vitamin tersebut antara lain vitamin, D, C, A, B, C, selenium, seng, dan zat besi. Untuk mendapatkan suplemen lengkap, kamu bisa berkonsultasi pada dokter atau apoteker.


4. Memijat kulit kepala

Seluruh nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi, akan dialirkan ke seluruh tubuh oleh darah. Maka sirkulasi darah yang lancar juga penting buat mengatasi kerontokan. Nah, untuk mengatasinya, kamu hanya perlu memijat kulit kepala setiap hari selama empat menit. Rekomendasi ini dibuktikan dalam studi kecil yang melibatkan sembilan pria sehat. Setelah mereka memijat kulit kepala secara rutin setiap hari, pertumbuhan rambut mengalami peningkatan.


5. Aloe vera

Lidah buaya atau dikenal dengan aloe vera, jika gel diaplikasikan pada kulit kepala dua hingga tiga kali seminggu akan mendapatkan manfaat positif buat rambutmu yang rontok parah. Pertama, aloe vera dapat menenangkan kulit dan mengurangi ketombe. Kedua, aloe vera bisa menawarkan solusi untuk keluhan rambut tipis karena rontok parah.


6. Minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega yang dapat membantu memperbaiki rambutmu dari dalam. Maksudnya kamu bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung minyak ikan untuk mendukung perawatan rambut dalam mengatasi rambut rontok. Karena produk suplemen dengan minyak ikan sangat variatif, perhatikan dosisnya ketika mengkonsumsi minyak ikan, ya.


7. Ginseng

Apa yang kamu makan bisa menentukan keelokan penampilanmu. Ketika kamu punya masalah rambut rontok berlebihan, maka dilansir Healthline, bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung ginseng. Di dalam ginseng mengandung ginsenosides yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan merangsang folikel.


Beragamnya cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami, membuatmu perlu memilih perawatan mana yang bekerja efektif pada rambutmu. Dari rekomendasi di atas, pernahkah mencoba salah satunya? Apabila kamu sudah mencobanya tetapi tak membuat keluhanmu teratasi, paling bijak konsultasikan pada dokter ya.

 

Referensi:

https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/causes/18-causes

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-stop-hair-loss

https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/07315724.2018.1497562

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1346-8138.2002.tb00277.x

https://www.healthline.com/health/regrow-hair-naturally#10

https://health.clevelandclinic.org/how-to-stop-hair-loss/

Tag:
rambut rontok
alami
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.