GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Cara Ampuh Basmi Kutu Rambut dan Telurnya Secara Permanen

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-13 Sep 2022
Basmi Kutu Rambut dan Telurnya Diricare

Kemunculan kutu rambut secara tiba-tiba tentu membuat resah. Apalagi kutu rambut mudah sekali menular dan membuat kepala jadi gatal. Belum lagi jika kutu-kutu tersebut sudah bertelur, tentu akan lebih sulit menghilangkannya. Akan tetapi, ada banyak cara menghilangkan kutu telur rambut yang bisa kamu lakukan di rumah. Apa sajakah itu? Simak artikel ini sampai selesai.



Bagaimana Kutu Rambut Bisa Muncul?

Kutu rambut adalah serangga kecil yang menjadi parasit di tubuh manusia. Mereka hidup di kulit kepala dan batang rambut dengan menghisap darah. Hewan parasit ini sangat cepat bereproduksi. Oleh karena itu, menghilangkannya jadi terbilang sulit.


Selain laju perkembangbiakannya yang cepat, kutu rambut juga mudah sekali menyebar. Penularan kutu rambut hanya bisa terjadi jika kamu berdekatan dengan orang yang ‘membawa’ kutu rambut. Tidak hanya karena kepala yang saling berdekatan saja, tetapi penularan juga bisa terjadi melalui media lain seperti berbagi handuk dan sisir.


Umumnya yang menderita kutu rambut adalah anak-anak, karena aktivitas mereka yang lebih sering bermain di luar ruangan bersama teman-temannya. Meski begitu, orang dewasa juga tetap bisa tertular jika berkontak langsung dengan mereka yang membawa kutu di rambutnya.


Mengapa Kutu Rambut Susah Hilang?

Walaupun kutu rambut tidak tergolong parasit yang berbahaya, tapi keberadaannya di kulit kepala akan terasa tidak nyaman. Pergerakan kutu yang merayap di sekitar kepala dan bisa merayap turun hingga ke leher dan telinga, tentu saja membuat penderitanya jadi merasa gatal-gatal dan sedikit tergelitik.


Padahal usia kutu rambut tergolong pendek. Mereka hanya bisa hidup paling lama selama 30 hari di kulit kepala dan kutu rambut juga akan langsung mati jika terjatuh dari kulit kepala.


Lalu, mengapa kutu rambut seperti tidak habis-habis meski usianya pendek? Ternyata penyebabnya adalah telur kutu rambut. Telur-telur itulah yang membuat kutu susah hilang dari kulit kepala.


Ciri-Ciri Telur Kutu dan Cara Membasmi Telur Kutu yang Ampuh

Ukuran kutu rambut sangat kecil dan hampir susah terlihat. Seringnya kutu rambut baru ketahuan setelah seseorang merasakan gejala tertular ataupun melihat ada kutu rambut sedang merayap di bagian luar rambut, telinga, dan leher. Tidak heran ukuran telur kutu rambut lebih kecil lagi dan lebih susah dikenali,


Meski begitu, supaya kutu rambut bisa cepat hilang, fokuslah untuk membasmi telur-telurnya. Ciri-ciri telur kutu adalah warnanya yang putih dan wujudnya tipis menyerupai ketombe. Namun, berbeda dengan ketombe yang sangat mudah rontok, telur kutu melekat pada batang rambut dan sulit disingkirkan dengan tangan kosong.


Akibat telur kutu yang sulit hilang hanya dengan tangan kosong, saat membasminya butuh bantuan bahan-bahan serta alat tertentu yang akan dijabarkan sebagai berikut:


1.  Memakai Sisir Kutu

Alat pertama yang harus kamu punya ketika ingin menghilangkan kutu rambut beserta telurnya adalah sisir kutu atau terkenal dengan istilah serit. Sela-sela sisir serit jauh lebih rapat daripada sisir pada umumnya, sehingga serit bisa menyingkirkan kutu dan telur kutu yang menempel di batang rambut.


Sebaiknya pakai sisir serit dalam kondisi rambut yang kering. Namun bila kamu memakainya saat rambut basah, lebih baik tambahkan sedikit kondisioner agar mempermudah serit menyisir setiap helai rambut dan menyapu telur-telur yang tertinggal. Lakukan secara rutin selama tiga hingga empat hari sampai kulit kepala benar-benar bersih.


2.  Menghilangkan Telur Kutu dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun termasuk ke dalam bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut beserta telur kutunya. Caranya sangat mudah, oleskanlah minyak zaitun secukupnya di kulit kepala dan batang rambut sebelum keramas.


Kemudian biarkan selama 20-30 menit. Setelah itu, sisir rambut secara perlahan memakai serit dan bilas dengan air hangat. Kamu juga bisa mencampur shampo milikmu dengan sedikit minyak zaitun supaya hasilnya lebih maksimal dan rambut jadi lebih halus dan bersih.


3.  Basmi Telur Kutu Rambut Pakai Cuka

Kamu juga bisa menghilangkan kutu dan telur kutu rambut menggunakan bahan dapur seperti cuka. Cairan cuka dapat melunturkan telur-telur kutu yang melekat di batang rambut sehingga lebih mudah dirontokkan.


Cara mengaplikasikannya adalah dengan oleskan sedikit cuka pada batang rambut. Lalu diamkan selama beberapa menit dan sisir dengan serit. Setelah selesai, bilas rambut memakai shampo dan air hangat. Bila cuka dapur cukup menyengat, cuka apel atau baby oil bisa menjadi alternatif lain yang cukup efektif.


4.  Aplikasikan Obat Khusus Kutu Rambut

Cara terakhir yang paling aman untuk membasmi kutu rambut adalah memakai obat khusus pembasmi kutu rambut yang dapat kamu beli secara bebas di apotek. Obat kutu rambut ini mengandung zat bernama permethrin yang terbilang ampuh mematikan kutu rambut beserta telur kutunya.


Aplikasikan obat ini saat rambut kering dan diamkan selama beberapa saat sampai agak mengering. Ketika sudah sedikit mengering, sisir rambut dengan serit. Nantinya kutu rambut dan telur kutu akan rontok perlahan-lahan.


Itulah ulasan singkat tentang cara menghilangkan kutu telur rambut yang bisa kamu coba di rumah. Kebersihan rambut tentu harus terus terjaga, jangan sampai kutu rambut hinggap di kulit kepala dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Diricare menyediakan berbagai produk yang bisa membantu kamu merawat rambut dan mengatasi keluhan rambut seperti kutu. Hanya dengan konsultasi, dapatkan kembali kilau rambut sehatmu.


Referensi:

https://www.healthline.com/health/lice/how-to-kill-head-lice#first-steps

https://www.bebeautiful.in/all-things-hair/everyday/how-to-remove-lice-eggs-from-hair-using-home-remedies

https://www.medicalnewstoday.com/articles/318026#Keep-children-home

Tag:
kutu rambut
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.