GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

8 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dalam 3 Hari Secara Alami, Penasaran Coba?

Tim Penulis Klinis-13 Jun 2022
Tumbuh Rambut Cepat Secara Alami Diricare

Merawat rambut ternyata tak cukup dengan rutin keramas dan memakai kondisioner. Rambut yang dianggap sebagai mahkota, perlu diperlakukan secara khusus seperti halnya memperlakukan kulit wajah. Pasalnya jika salah merawatnya, bisa berakibat fatal dan membuatnya lambat tumbuh ataupun rontok parah. Ketika volume rambut menipis dan terlihat tak berkilau, ikuti penjelasan tentang cara menumbuhkan rambut dengan cepat dalam 3 hari alami.


Tahukah Anda bahwa rambut dapat tumbuh dari akar yang terletak pada bagian bawah folikel yang berada di bawah kulit? Nah, proses tumbuhnya rambut tersebut terjadi karena darah pada kulit kepala menuju ke folikel dan memasok oksigen dan nutrisi ke akar rambut. Rambut tumbuh dari kulit melewati kelenjar minyak yang fungsinya untuk melumasi rambut agar tetap lembut dan berkilau. Pada saat rambut sudah tumbuh panjang dan sudah mati, rambut baru tumbuh di bawahnya yang kemudian mendorong rambut mati rontok.


Rambut umumnya tumbuh antara 0,5 dan 1,7 sentimeter setiap bulan. Tetapi banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain faktor genetik, usia, kesehatan, dan kehamilan. Nah, penting untuk kamu pahami bahwa pada kulit kepala seseorang memiliki kurang lebih 100.000. Dilansir Medical News Today, bentuk folikel bulat dimiliki orang dengan rambut lurus. Sedangkan bentuk folikel oval memiliki rambut yang sangat keriting.


Buat kamu yang sedang mengusahakan rambut tumbuh dalam waktu cepat dengan cara alami, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan.


Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Alami

Kebiasaan sehari-hari yang dilakukan untuk rambut, bisa mempengaruhi pertumbuhan rambutmu. Seperti pemakaian pelurus rambut, sisir panas, atau blow-out, tanpa memberikan pelindung panas pada rambut terlebih dahulu. Apakah kamu sering menyisir rambut ketika masih basah? Hindari kebiasaan tersebut dan lakukan cara di bawah ini untuk menumbuhkan rambut dengan cepat secara alami.


1. Konsumsi makanan berprotein

Menurut dokter Lindsey Bordone, asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, kita tak dapat mengontrol semua hal yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. Tetapi ada hal yang dapat dihindari sehingga rambut tak mengalami gangguan pertumbuhan dan rontok. Ketika ingin rambut tumbuh dengan cepat dan alami, hindari diet ketat. Karena diet ketat dapat mengurangi sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.


Diet ketat menyebabkan rambut jadi tertekan, karena nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh tak tersedia di tubuh. Untuk membuat rambut tumbuh optimal, saran Bordone dilansir Healthline, konsumsilah makanan yang seimbang dengan asupan protein cukup atau 50 gram protein per hari.


2. Pijat kulit kepala

Pijat kulit kepala dapat dilakukan ketika Anda sedang keramas. Kata Hope Mitchell, MD., dokter kulit dan kosmetik bersertifikat dilansir Cosmopolitan, memijat kulit kepala dapat melancarkan sirkulasi darah. Ia juga merekomendasikan untuk memadukan pijatan kepala dengan memakai minyak kelapa, jojoba oil, minyak jarak, dan minyak rosemary. Bahan-bahan alami tersebut bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat.


3. Pakai produk rambut yang mengandung kafein

Secangkir kopi setiap pagi bisa membantumu lebih fokus dan berenergi. Tetapi kalau buat rambut, bukan untuk diminum ya. Cara agar rambut cepat tumbuh dan secara alami, kamu bisa memanfaatkan kandungan kafein yang diformulasi dalam sebuah produk rambut. Ini sejalan dengan rekomendasi Dhaval G. Bhanusali, MD., bahwa kafein tidak hanya merangsang aliran darah ke kulit kepala, tetapi juga melawan DHT, hormon yang bertanggung jawab atas kerontokan rambut.


4. Merawat kulit kepala

Kulit kepala menjadi kunci penting dalam pertumbuhan rambut. Semakin kulit kepala terawat, maka tanpa halangan apapun rambut akan tumbuh cepat. Untuk merawat kulit kepala, kamu bisa menambahkan masker, serum, atau minyak kulit kepala yang mengandung bahan alami seperti peppermint, tea tree oil, atau minyak berbasis jeruk.


Untuk produk serum rambut yang terpercaya dan diformulasikan oleh para ahli berpengalaman, kamu bisa memakai Custom Hair Growth Serum dari Diri Care. Sebelum memakainya, kamu juga bisa berkonsultasi tentang cara menumbuhkan rambut dengan cepat.


5. Minum vitamin penumbuh rambut

Biotin dan zinc merupakan nutrisi yang bermanfaat dalam menumbuhkan rambut. Selain bisa kamu dapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, vitamin yang mempercepat pertumbuhan rambut juga terkandung Hair Growth Supplement. Suplemen tersebut tidak hanya membantu rambutmu tumbuh lebat, tetapi juga baik untuk kuku.


6. Hindari keramas berlebihan

Banyak orang menganggap mitos bahwa semakin sering keramas maka membuat rambut cepat tumbuh. Ini merupakan rumor yang secara fakta, jika terlalu sering keramas justru membuat rambut mudah patah, kering, dan rapuh.


Intensitas keramas bisa kamu sesuaikan dengan jenis rambut dan aktivitasmu. Kalau sering beraktivitas di luar ruangan, setidaknya keramas 2 hingga 3 hari sekali. Dalam memilih sampo, kamu juga perlu selektif. Sebisa mungkin, pilih sampo yang telah diuji secara klinis mengandung bahan yang membantu pertumbuhan rambut. Seperti kandungan ekstrak ginseng, almond milk, vitamin B3, dan zinc yang diformulasikan secara sempurna dalam Custom Hair Growth Shampoo.


7. Buat masker rambut dari kayu manis

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat dalam 3 hari secara alami bisa berhasil jika nutrisi cukup. Untuk menutrisi, selain langkah yang direkomendasikan sebelumnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai masker rambut.


Masker rambut berbahan kayu manis, salah satunya. Menurut studi, kayu manis dapat menutrisi setiap helai rambut. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Department of Pharmacology, M.S Ramaiah Medical College, India, menemukan bahwa sifat antimikroba dalam kayu manis bermanfaat bagi rambut. Selain menutrisi, masker campuran dari bubuk kayu manis dan minyak kelapa bisa membuat sirkulasi darah lancar. Ketika memakainya, oleskan pada akar rambut dan diamkan selama 45 menit sebelum dibilas bersih.


8. Mengelola stres

Kondisi mental besar pengaruhnya pada fisik tubuh, termasuk pada pertumbuhan rambut. Saat kamu sedang mengaplikasikan cara untuk menumbuhkan rambut, kamu juga perlu mengelola stres secara tepat. Stres parah, menurut dokter Alam J. Bauman, ahli bedah restorasi rambut bersertifikat, berkontribusi pada kerontokan rambut. Selain stres, tambah Bauman, beberapa penyakit juga mempengaruhi pertumbuhan rambut. Penyakit autoimun yang disebut dengan alopecia areata menyebabkan kerontokan rambut tidak merata.


Itulah pemaparan tentang cara menumbuhkan rambut dengan cepat dalam 3 hari secara alami. Adakah diantaranya yang akan kamu coba? Dalam mengatasi keluhanmu, kamu perlu sedikit bereksperimen. Tetapi alangkah bijak apabila mempercayakan solusi atas masalah rambut pada ahli dan produk yang telah teruji secara klinis.


Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/326764

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/ss/slideshow-ways-to-help-hair-grow-faster-stronger

https://www.healthline.com/health/what-makes-hair-grow#bottom-line

https://www.byrdie.com/how-to-make-hair-grow-faster-naturally-4686865

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/advice/a36065/tricks-for-growing-your-hair-really-really-long/

Tag:
alami
rambut rontok
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.