GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

5 Cara Mudah dan Aman Merawat Rambut Kusut, Lakukan Hal Ini!

Ditinjau oleh: dr. Elita M.-03 Agt 2022
Merawat Rambut Kusut Diricare

Rambut kusut, kering, kusam, dan mengembang di pagi hari tidak jarang membuat suasana hati jadi anjlok. Terutama bagi para wanita, ketika sedang mengalami bad hair day bisa membuat bad mood seketika karena penampilan jadi rusak.


Keluhan rambut kering dan kusut bisa dirasakan oleh orang berambut pendek ataupun berambut panjang. Apakah kamu kerap mengalaminya? Artikel ini akan mengulas macam-macam faktor yang berpotensi membuat rambut menjadi kusut dan cara mengatasinya. Simak sampai selesai, ya.


Penyebab Rambut Kusut

Kondisi rambut kusut tidak jarang diikuti dengan tampilan rambut yang tidak berkilau, kering, dan mengembang seperti singa. Rambut jadi terlihat tidak sehat dan sangat susah merapikannya dengan sisir.


Menyisir rambut yang kusut jelas memerlukan usaha ekstra. Kerap kali rambut jadi banyak yang patah dan rontok akibat menyisir terlalu keras. Rambut pun jadi semakin rusak. Sebenarnya apa saja penyebabnya?


1.  Terlalu Sering Menggunakan Hair Dryer

Hair dryer merupakan alat penata rambut yang hampir selalu ada di laci kamar. Alat ini sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki jadwal padat dan tidak punya banyak waktu untuk berdandan.


Walaupun sangat praktis dan bisa menghemat waktu, ternyata penggunaan hair dryer yang berlebihan bisa berdampak pada kesehatan rambut. Rambut bisa mudah kusut, kering, dan patah akibat terkena paparan suhu panas dari hair dryer.


2.  Sering Terkena Matahari

Tidak hanya pada kulit saja, ternyata terlalu lama terkena paparan sinar matahari memberikan pengaruh buruk pada kesehatan rambut. Secara alami sinar matahari melontarkan gelombang cahaya UVA dan UVB.


Akan tetapi, paparan sinar UV yang terlalu banyak bisa membuat kerusakan pada keratin yang ada di setiap helai rambut. Perubahan warna rambut jadi lebih kusam merupakan salah satu tanda kerusakan akibat sinar matahari. Tidak sampai disitu saja, kerusakan rambut akibat sinar matahari bisa menyebabkan rambut bercabang dan kering.


3.  Bleaching

Sewaktu ingin mengubah warna rambut menjadi warna yang lebih terang, tentunya harus melakukan bleaching terlebih dulu supaya warna jadi lebih keluar. Bleaching bekerja dengan cara mengurangi pigmen pada rambut melalui proses oksidasi.


Hydrogen peroxide dan ammonia menjadi zat kimia andalan yang terkandung dalam setiap produk bleaching. Kedua zat kimia tersebut tergolong keras dan memiliki efek samping merusak struktur helai rambut. Semakin sering kamu melakukan bleaching, kerusakan rambut pun juga akan semakin parah.


4.  Pemakaian Produk Rambut Mengandung Alkohol

Tentu sudah tidak asing lagi melihat ada alkohol atau ethanol dalam jajaran komposisi produk kecantikan. Beberapa produk kecantikan masih menambahkan alkohol pada produknya, sebab alkohol akan memudahkan produk terserap ke dalam kulit dan membuat tekstur produk lebih ringan.


Selain itu, produk-produk rambut seperti hair spray atau hair gel, juga menambahkan alkohol agar polimer di dalamnya larut, sehingga penataan rambut jadi lebih mudah. Namun, apabila terlalu banyak menggunakan produk rambut berbahan alkohol bisa merusak struktur rambut. Rambut pun jadi kering, kusut, dan mudah patah.


5.  Rambut Keriting

Beberapa orang memiliki tipe rambut cenderung kering dan kebanyakan dari mereka adalah pemilik rambut keriting. Meskipun rambut keriting terlihat bervolume, indah, dan unik, tapi kekurangannya sangat mudah kusut.


Pemilik rambut keriting juga kerap kesusahan saat mengatur rambut mereka karena jenis rambut keriting cenderung lebih kaku.


Cara-Cara Mengatasi Rambut Kusut dengan Mudah

Sering menghadapi rambut kusut cukup menjengkelkan. Untuk mengatasinya memerlukan ketelatenan dan usaha. Berikut beberapa cara merawat rambut agar terhindar dari rambut kusut.


1. Kurangi Mengikat Rambut

Gaya rambut ponytail memang menarik, tetapi jika terlalu sering mengikat rambut bisa merusak akar dan struktur rambut. Mengakibatkan rambut lebih mudah kusut dan juga rontok. Coba pilih gaya rambut yang ringan atau lebih baik membiarkan rambut tergerai supaya tak menarik struktur dan akar rambut.


2.  Rutin Memangkas Ujung Rambut

Ujung-ujung rambut yang bercabang meningkatkan potensi rambut kusut. Cara mengatasinya adalah dengan memotong ujung rambut yang bercabang secara berkala. Selain mengurangi kemungkinan rambut kusut, memangkas rambut bercabang juga bisa menjaga pertumbuhan rambut tetap sehat.


3.  Mengurangi Pemakaian Alat Penata Rambut

Alat penata rambut seperti hair dryer dan curling iron memang berperan besar pada tampilan rambut agar terlihat menakjubkan. Meski begitu, cara kerja kedua alat penata rambut tersebut menggunakan suhu panas yang berisiko merusak rambut. 


Untuk menjaga rambut agar tidak kusut dan kering, lebih baik kurangi frekuensi pemakaian hair dryer dan curling iron. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan roll rambut yang lebih aman.


4.  Melakukan Hair Mask

Jika kamu memiliki rambut cenderung kering, sebaiknya luangkan waktu seminggu sekali untuk melakukan perawatan rambut. Bisa dengan creambath di salon atau menggunakan hair mask selama 30 menit di sela-sela mandi. Gunanya untuk memberikan vitamin, kelembapan, dan nutrisi pada rambut sehingga rambut tidak mudah kering, kusut, dan jadi lebih lembut.


5.  Menggunakan Pelindung Kepala Saat Beraktivitas Luar Ruangan

Terkena paparan sinar matahari terlalu lama bisa mengakibatkan rusaknya struktur keratin yang secara alami ada di dalam helai rambut. Untuk mengatasinya kamu bisa memakai pelindung kepala seperti topi atau scarf ketika harus berlama-lama di luar ruangan. 


Gunakan juga vitamin rambut selepas keramas, sebagai proteksi tambahan agar struktur helai rambut lebih kuat dan tak mudah rusak meski terkena sinar matahari.

 

Rambut bagaikan mahkota yang melengkapi penampilan jadi paripurna. Untuk itu rawatlah rambut sebaik mungkin. Jangan sampai membiarkan rambut kusut karena bisa menjadi sumber masalah rambut lainnya.


Kalau kamu mempunyai masalah rambut yang tak kunjung sembuh, kamu bisa mulai konsultasi kilat di Diricare yang didampingi oleh dokter berpengalaman. Hanya dengan tiga langkah mudah, dapatkan kembali kilau rambut sehatmu. Yuk, mulai konsultasi di sini.


Referensi:

https://health.clevelandclinic.org/best-ways-to-protect-your-hair-from-sun-damage/

https://www.allthingshair.com/en-us/hair-products/hair-spray/alcohol-free-hairspray/

https://skinkraft.com/blogs/articles/how-to-detangle-hair

https://www.philipkingsley.co.uk/hair-guide/hair-care-and-styling/heat-colour-processing/bleaching-your-hair.html

https://www.healthline.com/health/knots-in-hair#causes

https://www.everydayhealth.com/smart-skin/alcohol-in-skin-care-is-it-ever-okay/

Tag:
rambut lurus
rambut kusut
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.