GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Menyisir Rambut Bikin Rambut Bercabang? Yuk, Cari Tahu Fakta-Fakta tentang Rambut Bercabang!

Ditinjau oleh: dr. Nila M.-14 Jun 2023
Fakta-Fakta tentang Rambut Bercabang Diricare

Kerusakan pada rambut seperti rambut bercabang kadang bikin pusing tujuh keliling. Ketika rambut bercabang sudah mulai muncul, biasanya diikuti rambut yang kering dan juga kusam. Rambut bercabang bisa muncul karena banyak hal, mulai dari faktor lingkungan, perawatan rambut yang salah, hingga kebiasaan buruk sehari-hari yang tidak kamu sadari. Untuk tahu lebih lengkapnya, yuk baca artikel ini sampai selesai.



Penyebab Rambut Bercabang

Ujung rambut yang bercabang membuat tampilan rambut jadi tak berkilau lagi dan cenderung kusam. Meski batang rambut terlihat tebal dan kuat, sayangnya tidak menjamin rambut akan terhindar dari rambut bercabang.


Bagian ujung rambut merupakan bagian batang rambut yang paling tua. Mengakibatkan ujung rambut jadi bagian yang paling lemah, sehingga membutuhkan lapisan pelindung apalagi pada rambut yang setiap hari diikat. Rambut tentu akan kehilangan lapisan terluarnya dan jadi bercabang. Lalu apa saja kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat rambut bercabang?


1. Rambut yang Sering Melalui Proses Kimiawi

Kalau kamu suka pergi ke salon untuk melakukan berbagai macam perawatan rambut seperti pewarnaan, pengeritingan, dan rebonding, artinya rambutmu kerap melalui proses kimiawi.


Jenis perawatan rambut tersebut memerlukan bantuan bahan kimia keras yang jika dilakukan secara terus-menerus dapat merusak lapisan rambut. Bila kamu tidak merawat rambut dengan benar, bisa-bisa rambutmu rusak dan bercabang.


2. Sering Terkena Panas

Rambut juga akan mudah bercabang jika sering terkena panas. Kebiasaan-kebiasaan seperti mengeringkan rambut dengan hair dryer atau menata rambut setiap pagi dengan alat smoothing, pelan-pelan bisa merusak kesehatan rambut.


Maka dari itu, bila kamu sering melakukan kebiasaan di atas, coba untuk mengurangi frekuensi pemakaiannya. Jika tidak terlalu terburu-buru tidak perlu memakai hair dryer dan biarkan rambut kering secara natural. Lalu, lebih baik menata rambut dengan roll rambut daripada memakai alat smoothing yang jika dipakai jangka panjang bisa merusak rambut.


3. Menyisir Rambut Secara Paksa

Apa yang kamu lakukan ketika rambut sedang kusut dan berantakan? Beberapa dari kamu pasti ingin merapikannya. Namun, ketika kondisi rambut sedang kusut, pasti susah untuk diatur dan tidak menutup kemungkinan untuk menyisirnya secara paksa agar kembali rapi.


Sayangnya kebiasaan ini cukup buruk untuk kesehatan rambut. Ketika kamu menyisir rambut secara paksa malah akan menarik batang rambut sehingga lapisan terluarnya rusak. Akibatnya rambut jadi patah dan bercabang.


4. Lingkungan

Selain faktor kebiasaan dan kontak dengan bahan-bahan kimia, rambut bercabang juga bisa timbul karena faktor lingkungan dan cuaca. Apalagi dengan cuaca tak menentu seperti sekarang yang bisa berubah dari cuaca panas ke hujan secara tiba-tiba.


Perubahan cuaca bisa mempengaruhi kesehatan rambut, karena rambut akan berubah cenderung kering ketika cuaca sedang sejuk dan dingin. Namun ketika cuaca berubah jadi hangat dan panas, rambut jadi berminyak dan lepek. Perubahan yang mendadak seperti itu bisa mengganggu kesehatan rambut sehingga bisa patah dan bercabang.


5. Masalah Dalam Tubuh

Ketika di dalam tubuh sedang ada masalah seperti dehidrasi, malnutrisi, atau kekurangan protein tertentu bisa memberi pengaruh besar pada kesehatan rambut. Oleh karena itu, ketika kamu mulai merasa ada keluhan rambut, periksa kembali pola makanmu apakah sudah bergizi dan memenuhi asupan kebutuhan harianmu.


Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut yang sudah terlanjur bercabang sulit diperbaiki karena batang rambut sudah rusak dan tidak berfungsi seperti semula. Satu-satunya cara untuk memulihkan rambut adalah dengan memotongnya. Namun, kamu masih bisa melakukan beberapa langkah antisipasi agar rambut tidak kembali bercabang.


1. Gosoklah Rambut dengan Lembut Saat Keramas

Rambut basah cenderung lebih ringkih, terlebih kalau memang keadaan rambutmu sudah rusak. Kamu harus ekstra hati-hati saat keramas dan mengusapkan kondisioner. Jangan menggosok rambut terlalu keras. Selain bisa merusak epidermis di kulit kepala, kebiasaan menggosok terlalu keras juga bisa membuat batang rambut patah dan bercabang.


Selain itu, ketika selesai keramas, alih-alih menggosok rambut ke handuk dengan keras, usaplah rambutmu dengan handuk kering secara hati-hati. Biarkan air menyerap ke handuk, setelah itu biarkan rambut kering dengan sendirinya.


2. Menyisir dengan Sisir Bergigi Jarang

Salah satu kunci agar rambut tidak mudah patah dan bercabang adalah dengan menyisirnya menggunakan sisir bergigi jarang. Memakai sisir bergigi jarang ini memberikan benefit agar rambut tak mudah kusut dan rambut bisa tertata rapi tanpa menyebabkan kerusakan di ujung rambut.


3. Berikan Kelembaban pada Rambut

Cara mengantisipasi rambut bercabang adalah dengan memberikan kelembaban yang cukup. Sebab, rambut yang dibiarkan dalam keadaan kering akan melemahkan batang rambut terutama di bagian ujungnya, sehingga lebih rentan bercabang dan patah.


Supaya rambut jadi lembab, kamu bisa menggunakan tonik, serum, dan vitamin setiap habis keramas. Kamu juga bisa melakukan hair mask setiap minggu secara rutin. Hair mask mengandung banyak multivitamin yang dapat menguatkan dan melembabkan rambut, sehingga rambut jadi halus, lembut, berkilau, kuat, dan jauh dari rambut bercabang.


4. Jangan Sering Menyisir

Ada sebuah mitos yang menyebutkan kalau rambut tidak boleh disisir lebih dari 100 kali sehari. Pada faktanya, kamu memang tidak perlu menyisir rambut terlalu sering karena dapat merusak batang rambut dan menimbulkan cabang-cabang di ujung rambut.


Hanya sisir rambut jika kamu memerlukannya saja. Lalu, kurangi juga mengikat dan mengepang rambut karena akan menarik rambut dari akarnya dan menyebabkan kerusakan.


5. Tidur dengan Sarung Bantal Berbahan Sutera

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rambut agar tidak bercabang adalah dengan tidur memakai sarung bantal berbahan sutera. Seperti yang sudah kita ketahui, kain sutera merupakan bahan kain yang paling halus dan nyaman.


Kain sutera bisa membantu mengurangi kemungkinan rambut bertaut satu sama lain saat tidur, sehingga sewaktu kamu bangun di pagi hari, kamu tidak perlu takut rambut jadi berantakan dan kusut. Rambut bercabang pun juga bisa dihindari.


Demikian ulasan singkat terkait keluhan rambut bercabang. Apabila kamu sering mengalami keluhan rambut rontok, patah, dan bercabang, kamu harus rawat kesehatan rambutmu lebih keras lagi. Dokter dari Diricare bisa membantumu menyelesaikan berbagai keluhan rambut dan kulit. Mulai konsultasi gratis, lalu dokter akan menyiapkan obat yang sesuai kondisimu tanpa merogoh kocek dalam. Yuk, mulai konsultasi di sini.


Referensi:

https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-split-ends#concealment 

https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-split-ends#use-silk 

https://naturallclub.com/blogs/the-naturall-club-blog/everything-you-need-to-know-about-split-ends

banner-artikel
Tag:
rambut bercabang
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.