GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Tampil Feminin dengan Rambut Pixie Cut, Ini 5 Rekomendasinya untuk Wajah Bulat

Ditinjau oleh: dr. Flora F.-20 Feb 2023
Rambut Pixie Cut untuk Wajah Bulat Diricare

Tampil feminin tak melulu perlu berambut panjang. Potongan rambut cepak seperti pixie cut juga bisa membuat seorang perempuan tampil chic. Kalau kamu membutuhkan referensi untuk model rambut pixie cut khususnya yang sesuai dengan bentuk wajahmu, cek penjelasan berikut tentang sejarah gaya rambut pixie cut dan rekomendasi model rambut untuk wajah bulat.


Sejarah gaya rambut pixie cut

Sejumlah kalangan selebritas, menyegarkan penampilan dengan model rambut pixie cut yang dipotong pendek sekali. Sebutlah Demi Lovato dan Cardi B, sedangkan di Indonesia, ada Sarah Sechan dan Indi Barends yang dikenal selalu berambut pendek. Dengan rambut yang pendek dan tekstur subtil dipakai untuk mendapatkan volume rambut sempurna, pixie cut populer sejak era klasik hingga modern saat ini.


Kalau ditelisik, sejarah gaya rambut pixie cut cukup unik. Berawal pada tahun 1800-an di Prancis, seorang perempuan berambut pendek pertama. Ia terinspirasi potongan rambut Titus yang dipakai untuk seseorang yang akan dihukum pancung. Bikin merinding bukan? Tapi poin pentingnya adalah tren rambut berkembang tak ada batas dan bisa terinspirasi dari berbagai hal. Rambut pendek juga sempat tenggelam popularitasnya sebelum tahun 1920-an. Pada masa itu, lebih diterima secara kultural bahwa berambut panjang menunjukkan sisi feminin seorang perempuan.


Setelah tahun 1920-an, potongan rambut pendek kembali mendobrak tren besar rambut panjang. Potongan yang populer masa itu ialah model bob yang dipakai oleh perempuan muda sosialita yang suka mendengar musik jazz atau dikenal dengan flapper. Satu hingga dua dekade setelahnya, kaum flapper memudar pengaruhnya pada tren potongan rambut. Kembali lagi pada potongan rambut panjang dan tak lama setelahnya, yaitu tahun 1950-an Audrey Hepburn dan Jean Seberg mengembalikan tren rambut pendek dengan pixie cut yang menjadi simbol perempuan berdaya.


Perubahan tren gaya potongan rambut antara panjang dan pendek selalu silih berganti. Tetapi pixie cut menduduki tempat penting dalam penampilan. Menurut sejarawan Rachael Gibson, Hepburn telah membuat rambut pendek mendapatkan banyak pujian. Terutama dalam salah satu adegan film Roman Holiday tahun 1953. Dalam adegan tersebut, Hepburn memotong rambutnya sendiri. Adegan tersebut juga dilekatkan sebagai simbol meraih kebebasan dan kebaruan dalam budaya modern.


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang secara tegas rambut panjang membawa kesan feminin. Pada tahun 1980-an sampai awal 1990-an, menurut stylist Michael Angelo, potongan pixie cut dituntut sangat feminin. Sebutlah Winona Ryder, Halle Berry, dan Tony Braxton bisa tampil feminin dengan model gaya rambut pixie cut.


Gaya potongan rambut merupakan pilihan masing-masing. Terlepas dari kesan yang ingin ditampilkan atau statement yang ingin disuarakan, berikut referensi potongan model rambut yang cocok untuk wajah bulat.


Rekomendasi model rambut pixie cut untuk wajah bulat

Setiap orang bisa membangun identitas diri lewat potongan rambut. Kamu bisa memiliki potongan rambut pendek tetapi tetap terkesan feminin dengan model pixie cut seperti rekomendasi di bawah ini.


1. Pixie cut dengan long fringe

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pixie cut bisa diaplikasikan pada setiap bentuk wajah. Sebagai rekomendasi pertama model rambut pixie cut untuk wajah bulat, kamu bisa mengatur rambut dengan hasil akhir agak kusut dan long fringe atau pinggiran yang lebih panjang. Cara ini berguna buat membuat wajah bulat tampak oval sempurna.


Dengan rambut pixie yang pendek, seseorang tetap bisa membangun kesan yang manis dan simetris. Apabila rambutmu lurus dan tebal, mintalah pada hairstylish untuk membentuk long fringe pada model rambut pixie cut. Bagian poni di-layer sepanjang bawah alis. Sedangkan bagian atas dibuat sedikit berantakan dengan lapisan meninggi untuk membentuk ilusi visual yang lebih memanjang.


2. Choppy pixie dengan fringe bangs

Punya rambut berombak, juga bisa mengaplikasikan model rambut pixie. Meskipun cukup tricky tetapi kamu bisa memilih potongan pixie berombak dengan poni pendek atau fringe bangs. Poni perlu dipotong di atas dahi. Dengan begitu, mata dan pipi jadi titik fokus sehingga membuat wajah bulat terlihat lebih persegi. Untuk membuat penampilan lebih variatif, kamu bisa menambahkan aksesoris ikat kepala yang membantu membuat wajah terlihat lebih panjang.


3. Bleached natural pixie

Penampilan yang out-standing bisa dibangun lewat warna rambut. Model rambut pixie cut yang di-bleached bisa membantu penampilanmu semakin otentik.


Buat kamu yang suka eksplorasi potongan rambut dan warna rambut, pakai Custom Hair Growth Serum dari Diri yang menyehatkan rambut dan mampu membantu melancarkan aliran darah ke kulit kepala. Produk haircare ini juga membantu mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Selain itu, kamu bisa konsultasi pada tim klinis berpengalaman dan dokter profesional untuk mengatasi masalah pada rambutmu.


4. Mixie

Gaya rambut mixie, merupakan sebutan dari perpaduan antara model pixie dan mullet. Kalau model rambut pixie dibiarkan sedikit memanjang, kamu akan mendapati bentuknya seperti model rambut mullet. Di mana bagian atas sudah memanjang dan bagian samping hingga belakang membentuk tulle atau ekor panjang. Biar tetap chic, kamu bisa menatanya dengan menyisir rambut ke belakang. Semprotkan hairspray agar bertahan lebih lama pada bentuk sisiran ke belakang.


5. Layered pixie cut dengan belahan samping

Belahan rambut punya peran yang signifikan dalam membangun ilusi visual. Kalau wajah bulat, paling tepat pakai belahan rambut pinggir yang lebih tajam. Pixie cut perlu dipotong layered atau berlapis untuk membantu menambah volume rambut. Nah, model rambut pixie cut yang ini enggak hanya cocok untuk wajah bulat saja tetapi juga pas diaplikasikan pada perempuan segala usia.


Kelima rekomendasi model rambut pixie cut di atas, bisa membantumu tetap tampil feminin meski dengan rambut pendek. Untuk menjaga penampilanmu tetap sempurna, jangan lupa tetap merawat rambutmu ya.


Referensi:

https://www.vogue.com/article/history-of-the-pixie-cut#:~:text=Fast%2Dforward%20to%20the%201950s,symbol%20of%20nonconformity%20and%20empowerment

https://www.byrdie.com/the-best-short-hairstyles-for-round-face-shapes-346952

https://hairstylesweekly.com/21-easy-pixie-haircuts-round-faces/

banner-artikel
Tag:
pixie cut
tren
gaya rambut
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.