GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Hasil Catokan Masih Kurang Maksimal? Mungkin Kamu Perlu Ikuti Cara Ini!

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-30 Mei 2023
Hasil Catokan Maksimal Diricare

Sewaktu mencatok rambut di pagi hari sebelum berangkat kerja, sering kali hasilnya kurang maksimal karena waktu yang sangat terbatas. Hasil catokan pun jadi tidak tahan lama dan gampang berantakan. Supaya kamu tidak mengalami bad hair day yang bisa memperburuk mood-mu, berikut rangkuman cara catok rambut agar tahan lama dan tentunya sangat mudah untuk kamu ikuti. Apa saja?


Penyebab Hasil Catokan Tidak Tahan Lama

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa hasil catokan masih belum maksimal meski sudah berkutat di depan cermin selama berjam-jam untuk mencatok rambut. Lalu, apa saja yang menyebabkan hasil catok tidak bisa bertahan lama?


1. Alat Catokan Kurang Panas

Beberapa wanita memilih suhu yang tidak terlalu panas di alat catok mereka untuk mengurangi kerusakan rambut. Sayangnya, suhu yang terlalu rendah membuat hasil catokan jadi kurang tahan lama. Bentuk rambut akan kembali seperti semula lebih cepat. Namun perlu berhati-hati bawah suhu terlalu panas dapat merusak rambut.


2. Rambut Memakai Terlalu Banyak Produk

Hasil catok masih tidak maksimal bisa jadi karena kamu mengaplikasikan terlalu banyak produk di rambutmu sebelum mencatok rambut.


Produk perawatan rambut seperti kondisioner, tonik, atau vitamin rambut, kebanyakan berbahan dasar air. Pemakaian produk yang terlalu banyak bisa mengurangi efek catokan karena membuat kondisi rambut jadi terlalu basah.


3. Belum Memotong Rambut

Ujung rambut yang bercabang ternyata bisa berpengaruh pada hasil catokan, lho! Ujung-ujung rambut adalah bagian batang rambut yang paling tua, sehingga ujung rambut sangat mudah rusak, mudah patah, dan kering. Akibatnya rambut mudah kembali ke bentuk semula.


Jika rambut bercabang terus dibiarkan, membuat rambut kehilangan kemampuannya untuk menjaga kadar air pada batang rambut. Padahal kadar air pada rambut berguna menjaga kesehatan rambut saat bersentuhan dengan alat catok yang berpotensi merusak karena suhunya yang panas.


4. Rambut Masih Basah

Meski rambut yang lembab atau kadar airnya terjaga tergolong ke dalam rambut yang sehat, akan tetapi kalau kondisi rambut terlalu basah bisa membuat hasil catokan sama sekali tidak bekerja.


Sebaliknya, bila kamu memaksa mencatok waktu rambut masih basah, malah membuat rambut rusak. Oleh karena itu, sebelum mencatok rambut, pastikan kalau rambut sudah benar-benar kering.


Langkah-Langkah Mencatok Rambut yang Benar

Setelah mengetahui penyebab hasil catokan tidak tahan lama, berikut ini tips mencatok rambut yang baik dan benar agar kamu bisa tampil paripurna. 

1. Dua minggu sebelum mulai mencatok, pastikan kondisi rambut dalam keadaan baik dan sehat. Kamu bisa menggunakan minyak rambut untuk menjaga vitalitas rambutmu setiap sebelum tidur.

2. Setelah bangun tidur dan sebelum mencatok rambut, cuci rambut dengan clarifying shampoo supaya tidak ada sisa sebum dan kotoran pada batang rambut.

3. Saat rambut setengah kering, aplikasikan hair mask atau kondisioner supaya rambut tetap lembab dan tidak rusak saat bersentuhan dengan alat catok.

4. Setelah itu, aplikasikan serum rambut yang teksturnya tidak terlalu pekat supaya rambut tidak terlalu basah namun tetap terjaga kadar airnya agar tidak mudah kusut setelah dicatok.

5. Pastikan rambut benar-benar kering.

6. Sisir helai demi helai rambut supaya rapi.

7. Lalu bagi rambut ke dalam beberapa bagian dan catoklah tiap bagiannya mulai dari akar rambut sampai ujung rambut, tapi tidak perlu mencatok ulang setiap bagian rambut agar rambut tidak rusak.


Tips Tambahan Sebelum Mencatok Rambut

Selain mengikuti langkah-langkah mencatok rambut yang benar, di bawah ini beberapa tips tambahan yang bisa kamu lakukan sebelum mencatok rambut.


1. Selalu Mulai dari Kondisi Rambut Kering

Rambut yang masih basah saat mencatok, menyulitkanmu membentuk rambut sesuai yang kamu inginkan. Alih-alih bergelombang, justru rambut akan kembali seperti semula tepat setelah kamu selesai mencatok.


Maka, sebelum mencatok, kamu harus pastikan kondisi rambutmu sudah dalam keadaan benar-benar kering.


2. Tidak Memakai Hair Spray

Walau hair spray memang berguna untuk menjaga bentuk rambut, tetapi memakai hair spray sebelum mencatok rambut bukanlah keputusan yang tepat. Sebab, memakai hair spray yang terlalu banyak bisa membuat rambut terlalu kaku.


Jadinya ketika kamu mencatok, rambut tidak akan membentuk sesuai keinginanmu dan malah mempertahankan bentuk aslinya sebelum dicatok.


3. Menggunakan Bantuan Sisir Bergigi Rapat

Supaya hasil catokan terlihat indah, jangan lupa gunakan sisir bergigi rapat saat mencatok. Gunakan sisir ini saat membagi rambut ke dalam beberapa bagian sebelum mulai mencatok.


Dengan menggunakan sisir jenis ini, kamu bisa memastikan setiap helai rambut tidak ada yang kusut dan semuanya sudah terbagi sempurna, sehingga pada saat mencatok, tidak ada bagian rambut yang tertinggal dan hasil catokan lebih merata.


4. Konsisten

Semua hal yang dilakukan secara konsisten akan melahirkan hasil yang baik, termasuk mencatok rambut. Supaya hasil catokanmu bagus, saat mencatok rambut lakukan dengan konsisten, sabar, dan jangan terburu-buru.


Selalu lakukan teknik dasar mencatok, yakni mulai dari atas rambut kemudian turun hingga ke ujung rambut. Lakukan secara perlahan, jika kamu mencatok rambut terlalu terburu-buru tentu hasilnya tidak akan maksimal dan catokanmu akan lebih cepat buyar.


Itu dia cara mencatok rambut agar tahan lama dan kamu bisa tetap tampil paripurna setiap hari. Walau kamu sering mencatok rambut, jangan lupa jaga kesehatan rambutmu agar tidak mudah rontok, rusak, dan patah.


Salah satu solusinya adalah dengan mengaplikasikan serum rambut dari Diricare yang bisa menambah kekuatan dan meningkatkan pertumbuhan rambut supaya rambutmu tetap prima walau kamu sering styling. Di samping itu, Diricare juga menyediakan obat minum dan shampoo untuk perawatan rambut secara maksimal. Yuk, konsultasikan sekarang!


Referensi:

https://www.curlcentric.com/why-wont-my-hair-stay-straight-after-i-straighten-it/

https://www.dermstore.com/blog/how-to-get-perfectly-straight-hair/

https://www.naturallycurly.com/curlreading/learn/how-to-make-your-straight-hair-last-when-you-flat-iron-it

Tag:
rambut lurus
catok rambut
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.