GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

9 Inspirasi Tampilan Minimalis dengan Gaya Rambut Mandarin Sasak

Ditinjau oleh dr Elita M-05 Okt 2022
Inspirasi tampilan mandarin sasak

Berpenampilan apa adanya, bisa diekspresikan lewat pilihan gaya potongan rambut. Salah satunya dengan mengaplikasikan gaya rambut mandarin sasak dengan jenis rambut yang kamu punya. Gaya rambut tersebut dikenal juga dengan undercut yang bisa cocok untuk rambut lurus, keriting, bergelombang, dan tekstur tipis maupun tebal. Kalau ditelisik lebih mendalam, sejarah gaya rambut mandarin sasak dimulai sejak awal abad ke-19. Pada masa itu, gaya rambut undercut dikenal dengan der Inserlhaarschnitt dalam bahasa Jerman. Artinya ialah ‘potongan pulau’ karena rambut panjang disisakan seikat sedangkan bagian bawah lebih tipis. Bagian atas seperti dataran yang dikelilingi air bagian bawah. Potongan rambut ini populer sampai populer di Inggris hingga menyeberangi Atlantik, tepatnya Skotlandia dan Irlandia.


Penting juga kamu ketahui, bahwa gaya rambut mandarin sasak tren di kalangan tentang selama Perang Dunia II. Pada abad 19-an akhir, muncul gelombang tren baru yang membawa potongan rambut undercut. Gaya ini mewarnai style kalangan hipster yang nongkrong di jalanan urban maupun juga selebriti. Ini berarti bahwa kesan praktis, serba guna, dan mudah digambarkan oleh potongan rambut gaya mandarin sasak.


Uniknya lagi, gaya rambut mandarin sasak enggak hanya dapat diaplikasikan pada pria. Tetapi musisi Selena Gomes dengan rambut panjang dikepang dan undercut bagian bawah. Rihanna, Miley Cirrus hingga Ellie Goulding juga percaya diri dengan rambut tipis bagian bawah dan sedikit gondrong pada bagian atas. Tertarik untuk mengaplikasikan gaya rambut ini untuk penampilan minimalis? Berikut referensi gaya rambut mandarin sasak untuk pria.


Side quiff

Kalau kamu suka kesan spikey pada rambut yang cepak bagian samping tetapi sedikit panjang di bagian atas, pilih gaya rambut ini. Disebut memiliki gaya side quiff, karena rambut bagian atas disisir menyamping. Gaya ini cocok buat kamu yang memiliki rambut lurus bertekstur tebal. Untuk memangkas ketebalan yang cenderung susah diatur, sampaikan pesan pada hairstylish langgananmu untuk membuat gradasi luncur yang halus dari atas ke bawah.


Gaya rambut mandarin sasak dengan clipping

Perpaduan gaya rambut antara fade dan undercut ini bisa semakin eksentrik kalau ditambah clipping pada bagian samping. Fade atau gradasi dibuat tinggi dan mepet kulit kepala pada bagian atas. Sedangkan pada sisi dipotong tipis sekali. Kemudian, mintalah sesuatu yang khas pada hairstylish, yaitu dengan cukur membentuk dua garis di atas telinga atau clipping.


Undercut dengan pompadour

Potongan rambut undercut dengan pompadour cocok untuk pria yang suka tampil necis. Tentu kamu mengenal gaya rambut pompadour yang menata bagian panjang rambut di atas kepala dengan pomade. Rambut ditata rapi, disisir ke belakang. Sedangkan bagian samping dan belakang tampak tipis nan seksi. Warna glossy rambut setelah diberi pomade, bisa menonjolkan nuansa retro. Kalau ingin tampil lebih minimalis, kamu bisa memakai hairspray atau warnanya lebih mate.


Gaya rambut mandarin sasak dengan fauxhawk

Hairstylist paham betul bagaimana memotong rambutmu dengan gaya rambut mandarin sasak. Pada prinsipnya sama, yaitu undercut atau lebih tipis pada bagian samping dan belakang kepala. Tetapi, kamu perlu tahu bagaimana cara tepat menata gaya rambut ini. Misalnya dengan menyisir lancip a la mohawk tapi lebih elegan karena nggak terlalu panjang. Ini yang disebut dengan fauxhawk, menyatukan dua sisi rambut ke arah atas sehingga membentuk mahkota dari rambutmu sendiri.


The caesar undercut

Kalau dilihat sekilas, gaya rambut caesar undercut mirip seperti potongan french crop. Hanya saja gaya rambut ini lebih subtil dan gradasi lebih licin karena bagian atas dipotong tipis. Sedangkan bagian poni yang enggak terlalu panjang disisir ke depan. Meski caesar undercut ini terlihat seperti mangkuk tengkurap di atas kepala, tapi jangan salah. Potongan rambut ini populer sejak jaman Romawi kuno sebagai gaya rambut Julius Caesar.


Knotted undercut

Gaya potongan rambut bisa dimodifikasi sesuai selera. Bahkan untuk menciptakan karakter pribadimu, kamu bisa memadukan rambut gondrong dan cepak dalam satu gaya, undercut dengan knotted. Simpul pada bagian atas tentu bisa diaplikasikan kalau rambut panjang. Bagian bawahnya menggambarkan kepraktisan, karena dipotong cepak. Hati-hati ya kalau mengikat rambut, jangan terlalu kencang. Sebab kalau terlalu kencang dapat memicu sakit kepala dan masalah kerontokan rambut.


Soal keluhan kerontokan rambut, kamu bisa konsul ke tim ahli dan dokter profesional di klinik Diri. Solusi dan produk haircare bersifat personalized, sehingga kalau kamu punya kondisi khusus tak perlu takut mengalami risiko tak diinginkan.


Curly top

Pria dengan rambut bergelombang, boleh banget coba potongan rambut gaya mandarin sasak ini. Tekstur keriting dapat membuatmu tampil percaya diri kok. Caranya, sampaikan pesan pada hairstylish langgananmu, minta mereka memberikan nuansa modern pada gaya undercut. Bagian samping minta dibuat taper atau lancip, sedangkan bagian atas dipotong mengikuti tekstur rambutmu.


Floppy long bangs

Potongan dengan gradasi medium dan poni di atas alis merupakan kekhasan gaya rambut tahun 90-an. Kalau kamu ingin tampil mengagumkan dengan gaya undercut tapi enggak pendek banget, potongan ini bisa jadi alternatif pilihan. Biar long bangs enggak menutup pandangan mata, sisir poni ke samping kanan kiri.


Pompadour klasik

Untuk terlihat profesional, kamu bisa meniru penampilan George Clooney dengan bagian atas rambut ditata a la pompadour dan bagian bawah cutting tipis. Meski agak panjang bagian atas, tetapi terlihat ramping. Buat perawatan juga cukup mudah, cukup menambahkan sedikit gel dan kamu penuh percaya diri saat beraktivitas.


Itulah referensi gaya rambut mandarin sasak yang bisa dijadikan inspirasi penampilanmu. Paling penting untuk kamu perhatikan, ialah tentang perawatan rambut. Jangan sampai kamu menyepelekan masalah kerontokan, ketombe, ataupun dermatitis atopik. Nah, kalau menemukan masalah pada rambut serta kulit kepala, segera konsul gratis secara online ke dokter berpengalaman di klinik Diri .



Sumber:

https://www.allthingshair.com/en-us/mens-hairstyles/undercut/wear-undercut-hairstyle/

https://www.phaidon.com/agenda/design/articles/2016/march/01/a-history-of-the-modern-world-in-7-haircuts/

https://www.glamourmagazine.co.uk/gallery/celebrity-undercut-hairstyles

Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.