GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Berikut Langkah-Langkah Sederhana Basmi Rambut Lepek

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-26 Jul 2022
Langkah Sederhana Basmi Rambut Lepek Diricare

Perasaan jengkel langsung menyergap ketika mendapati rambut dalam keadaan berantakan serta berminyak sewaktu bangun tidur. Apalagi jika tidak ada banyak waktu untuk keramas karena bangun kesiangan. Kamu terpaksa beraktivitas dengan rambut lepek seharian. Pastilah rasanya tidak nyaman.


Bad hair day seperti rambut lepek bisa menurunkan rasa percaya diri dan bahkan mengganggu konsentrasi selama beraktivitas. Sebab, ketika rambut dalam kondisi berminyak, kerap diikuti rasa gatal dan lengket pada kulit kepala. Sebenarnya apa yang menyebabkan rambut lepek? Apakah rambut lepek menandakan kesehatan kulit kepala yang buruk? Untuk tahu lebih jauh, simak artikel ini sampai selesai.


Apa Itu Rambut Lepek?

Kelenjar sebum tersebar di seluruh jaringan kulit manusia, tidak terkecuali kulit kepala. Dalam kondisi normal, kelenjar sebum di kulit kepala memproduksi sebum yang cukup guna mempertahankan kelembaban akar rambut dan menjaga kesehatan rambut.


Terjadinya rambut lepek bisa terjadi karena beberapa hal. Mulai dari kecenderungan jenis kulit yang memang berminyak atau bisa juga terpengaruh oleh lingkungan seperti cuaca panas, higienitas, dan gaya hidup.


Pada suatu kondisi tertentu yang kerap terjadi pada pemilik kulit kepala yang sensitif, kelenjar sebum bisa bekerja terlalu aktif sehingga rambut jadi lebih berminyak dan terlihat kusam.


Mengapa begitu? Produksi sebum di kulit kepala ternyata berfungsi sebagai sistem perlindungan alami dari tubuh. Waktu bersentuhan dengan zat asing, kelenjar sebum di kulit kepala otomatis meresponnya dengan memproduksi banyak sebum sehingga rambut jadi berminyak.


Penyebab Rambut Jadi Mudah Lepek

Ketika kamu memiliki rambut yang berminyak pastinya terasa gerah dan gatal. Mendorong kamu jadi selalu ingin keramas setiap hari agar kepala terasa segar. Meski sering keramas, tapi tidak bisa benar-benar mengenyahkan keluhan rambut lepek, yang ada malah rambut lepek semakin menjadi-jadi dan rasanya jadi tidak nyaman.

Supaya terhindar dari rambut lepek, kamu harus tahu apa saja yang menyebabkan rambut jadi lepek melalui penjabaran berikut ini.


1. Keramas Terlalu Sering

Rambut yang berminyak memang meninggalkan rasa tidak nyaman. Tidak heran, orang-orang yang mengalaminya cenderung sering keramas karena tidak tahan dengan rasa gatal dan gerah akibat rambut lepek.


Sayangnya, frekuensi keramas yang terlalu sering menjadi salah satu sumber rambut lepek. Kandungan yang ada di dalam shampo memang bisa membersihan kotoran serta minyak alami yang ada di kulit kepala. Kelenjar sebum pun akan menangkap sinyal yang salah, sehingga memproduksi lebih banyak sebum untuk melembabkan kulit kepala yang sudah bersih dan kering.


2. Keramas Terlalu Jarang

Berkebalikan dengan sebelumnya, keramas yang terlalu jarang juga bisa menyebabkan rambut jadi lepek. Kotoran, minyak, dan sel kulit mati akan mudah menumpuk bila membiarkan rambut tidak dibersihkan selama berhari-hari. Rambut yang higienitasnya tidak terjaga perlahan-lahan menjadi mudah lepek. Akibatnya bisa mengganggu kesehatan rambut dan kulit kepala.


3. Mempunyai Tipe Rambut Berminyak

Secara alami kulit manusia memang terbagi dalam beberapa jenis kulit, salah satu yang umum adalah tipe kulit berminyak. Pada tipe kulit ini, aktivitas kelenjar sebum memang terhitung lebih aktif, sehingga kulit jadi lebih berminyak.

Melansir dari Healthline, orang berambut lurus cenderung memiliki tipe rambut berminyak karena tidak terdapat tekstur ataupun gelombang. Kelenjar sebum akan lebih mudah mengeluarkan minyak, kemudian menumpuk di akar rambut.


4. Cuaca Panas

Ketika berada di tempat bersuhu panas, tubuh akan berusaha mempertahankan suhu normalnya dengan mengeluarkan keringat. Seiring banyaknya keringat yang mengucur, tubuh juga akan mengaktifkan kelenjar sebum demi mencegah kulit dehidrasi setelah mengeluarkan banyak keringat.


Oleh karena itu, saat kamu berpanas-panasan di luar ruangan, rambut akan lebih mudah lepek dan kusam karena memproduksi banyak keringat serta sebum.


5. Tidak Cocok dengan Produk Sampo

Setiap tubuh manusia memiliki respon yang berbeda-beda ketika menyentuh suatu zat kimia, termasuk kandungan yang ada di dalam sampo. Orang yang memiliki kulit kepala sensitif akan sangat reaktif ketika memakai sampo tertentu. Sebagai respon alami, kelenjar sebum di tubuhnya akan memproduksi lebih banyak minyak dan membuat rambut mudah lepek.


Cara Mudah Mengatasi Rambut Lepek

Setelah mengetahui macam-macam penyebab rambut jadi mudah lepek, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut lepek agar bisa menjalani aktivitas dengan nyaman.


1. Menyisir Rambut

Kebiasaan menyisir rambut tampak sepele, tapi ternyata kebiasaan ini bisa membantu kamu agar rambut tidak mudah berminyak. Sebab, pada saat menyisir rambut, sebum yang biasanya menumpuk di akar rambut akan tersebar merata. Keuntungannya, sebum alami tersebut bisa menjaga kesehatan dan kelembaban batang rambut. Meski begitu, tampilan rambut terkadang akan terlihat sangat berminyak. Untuk menghindari tampilan rambut yang buruk, rajinlah keramas 2-3 hari sekali.


2. Membuat Jadwal Keramas

Seperti yang sudah ada pada paparan sebelumnya, keramas terlalu sering bisa membuat rambut mudah lepek. Maka dari itu, buatlah jadwal keramas rutin. Idealnya seminggu cukup keramas tiga kali agar tidak terlalu berlebihan dan tidak terlalu jarang demi menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.


3. Gunakan Clarifying Shampoo

Orang yang kerap bergonta-ganti sampo tidak jarang menyebabkan keluhan baru pada kulit kepalanya, yakni kulit kepala jadi lebih sensitif sehingga rambut lebih gampang lepek. Kalau sudah begitu, mulai gunakan clarifying shampoo yang dapat mendetoks kulit kepala dari kotoran serta zat kimia yang menyebabkan kulit kepala alergi. Kulit kepala pun jadi sehat seperti sedia kala.


4. Kurangi Stres

Stres secara tidak langsung berdampak pada rambut yang berminyak. Ketika sedang stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol dan androgen yang mendorong kelenjar sebum di kulit kepala jadi lebih aktif. Maka dari itu, sangat penting mengelola stres, tidur cukup, dan menjaga pikiran untuk tetap positif agar rambutmu tidak mudah lepek.


5. Mengurangi Konsumsi Makanan Manis

Apakah kamu sering makan makanan manis? Bisa jadi kebiasaan terlalu banyak makan makanan manis menjadi sumber utama di balik rambut lepekmu. Sewaktu kamu makan makanan mengandung gula tinggi, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak sebum sebagai respon adanya jaringan kulit yang meradang.


Menjaga pola makan, pola tidur, dan kebersihan kulit kepala bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut lepek. Namun kalau kelima cara di atas sudah kamu lakukan dan keluhan rambut masih tak kunjung sembuh, artinya kamu harus berkonsultasi dengan dokter ahli.


Tidak hanya membantu menyelesaikan keluhan pada kulit wajah, Diricare juga bisa membantu menyelesaikan masalah pada rambutmu. Mulai konsultasi kilat dengan dokter berpengalaman di sini.


Referensi:

https://www.healthline.com/health/oily-hair-remedy#4.-Condition-carefully

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/why-is-my-hair-so-oily#shampoos-for-oily-hair

https://www.byrdie.com/why-your-hair-is-oily-4686902

Tag:
solusi
tips
rambut lepek
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.