GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Deretan Manfaat Creambath untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Tim Penulis Diri-23 Jan 2023
manfaat creambath

Apakah kamu ingin mendapatkan rambut yang lembut dan gampang diatur? Kuncinya adalah rajin melakukan creambath. Perawatan rambut satu ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki rambut yang sudah terlanjur rusak, apalagi jika kamu terlampau sering mewarnai rambut. Artikel ini akan mengulas fakta-fakta tentang creambath yang wajib kamu tahu. Yuk, simak sampai habis!


Pengertian Creambath

Creambath adalah salah satu perawatan rambut yang populer di Indonesia. Tidak sedikit wanita yang rela menyisihkan waktu dan uangnya untuk creambath di salon. Berbeda dari namanya, creambath bukan berarti mandi dengan cream. Melainkan perawatan rambut yang menggunakan cream dalam prosesnya. Orang yang pertama kali mencetuskan creambath adalah Rudy Hadisuwarno.


Rudy mengaku terinspirasi dari para kliennya yang sering mengeluhkan rambut rusak akibat sering diwarnai atau terlalu sering ditata menggunakan hair dryer. Tentu saja rambut akan rusak bila kerap bersentuhan dengan bahan kimia dan suhu panas. Kemudian, Rudy menciptakan cream yang diformulasikan khusus untuk mengatasi rambut rusak. Formula cream tersebut mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan rambut, sehingga rambut bisa kembali sehat, lembut, dan berkilau.


Tidak sampai disitu saja, Rudy ingin memaksimalkan produk yang ia ciptakan. Supaya cream penuh nutrisi itu bisa terserap baik oleh rambut, Rudy menginisiasi untuk memberikan treatment tambahan seperti pijatan di kulit kepala dan steaming. Steaming dan pijatan lembut tersebut terbukti cukup ampuh agar cream rambut bisa terserap sempurna di folikel rambut. Keduanya bekerja untuk membuka pori-pori dan memperlancar aliran darah di kepala.


Ketika aliran darah lancar, keadaan tubuh sedang rileks, dan pori-pori sudah terbuka, nantinya nutrisi serta vitamin dalam cream rambut bisa terserap maksimal di kulit kepala. Jadi secara garis besar proses creambath meliputi pengaplikasian cream di rambut, steaming, pemijatan ringan di kepala, leher, dan pundak. Setelah Rudy sukses menciptakan treatment creambath, banyak salon lain mulai menerapkan treatment ini dan tentu disambut baik oleh orang-orang terutama para wanita. Tidak heran creambath jadi treatment rambut paling populer di Indonesia yang tak pernah sepi peminat.


Apa Perbedaan Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa?

Jika kamu pergi ke salon, kamu akan melihat daftar treatment yang ditawarkan. Umumnya salon-salon di Indonesia pasti akan menawarkan creambath, hair mask, dan hair spa. Bagi kamu yang sering perawatan ke salon mungkin sudah tidak asing lagi dengan ketiga treatment itu dan langsung mengetahui perbedaannya. Akan tetapi, orang awam pasti akan kebingungan karena kurang familiar dan menganggap ketiganya treatment yang sama. Hal yang membedakan antara creambath, hair mask, dan hair spa adalah fungsi dan prosesnya. Berikut ini penjelasan lebih rinci tentang perbedaan ketiganya.


1.      Creambath

Fungsi dari creambath untuk mengembalikan tekstur rambut dari kerusakan dan melancarkan sirkulasi darah di sekitar kepala sampai bahu. Kemudian, cream yang digunakan pada treatment juga berfungsi untuk memperkuat batang rambut agar tidak mudah patah.


Dalam prosesnya, creambath dimulai dari keramas. Lalu berlanjut dengan pemijatan di kepala, leher, dan bahu.

Setelah pijatan ringan selesai, treatment beralih ke steaming, yakni menutup seluruh rambut dengan handuk dan diletakkan di bawah pemanas maksimal selama 15 menit. Terakhir, pembilasan dan pengeringan rambut.


2.      Hair Spa

Esensi hair spa nyaris sama dengan creambath, yaitu rambut diolesi dengan cream berformula khusus guna memperbaiki rambut. Tapi bedanya, kandungan vitamin dan nutrisi dalam hair spa lebih banyak daripada creambath. Oleh karena itu, hair spa sangat cocok sebagai penolong jika rambut sering bersentuhan dengan bahan kimia.


Treatment pada hair spa juga mirip dengan creambath, sayangnya klien tidak dimanjakan dengan pijatan ringan di kepala dan bahu. Kemudian di hair spa juga tidak memerlukan proses steaming selayaknya creambath.


3.      Hair Mask

Hair mask berguna untuk memperbaiki rambut rusak yang sudah tidak bisa diperbaiki dengan creambath atau hair spa. Orang-orang yang sering melakukan pewarnaan, curling, atau smoothing sebaiknya melakukan hair mask dua kali dalam sebulan. Proses hair mask mulai tepat sehabis keramas tanpa pijatan ringan. Lalu akhir dari treatment ini dengan membilas dan mengeringkan rambut.


Manfaat Creambath

Kunci agar rambut dan kulit kepala tetap sehat adalah dengan melakukan perawatan, salah satunya melalui creambath. Treatment populer satu ini mendatangkan banyak manfaat untuk rambut dan kulit kepala. Apa sajakah itu?

  • Memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi yang diperlukan rambut dan kulit kepala.
  • Mengembalikan rambut yang nyaris rusak akibat terlalu sering styling dan diwarnai.
  • Melancarkan sirkulasi darah.
  • Memberikan relaksasi pada tubuh.
  • Memperkuat batang dan akar rambut.


Cara Creambath Sendiri di Rumah

Hampir semua salon yang tersebar di Indonesia pasti menawarkan jasa creambath. Namun, kamu juga bisa melakukan creambath sendiri di rumah. Kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan?

  • Siapkan cream yang akan kamu aplikasikan di rambut dengan mencampurkan shampo dan kondisioner.
  • Setelah cream sudah siap, cuci rambut seperti biasa dengan shampo dan tak lupa kondisioner.
  • Setelah rambut bersih, aplikasikan cream yang sudah kamu buat kemudian diamkan selama 5 menit.
  • Sembari menunggu, lakukan pijatan ringan di kulit kepala dengan durasi sesuai yang kamu inginkan.
  • Selepas memijat, tutuplah rambut dengan handuk yang telah dibasahi air hangat selama 15 menit.
  • Kemudian bilas rambut dan pastikan sampai benar-benar bersih.
  • Sisir dan keringkan rambut, boleh dikeringkan manual atau dengan hair dryer.


Itu dia ulasan lengkap tentang creambath mulai dari pengertian, manfaat, sampai cara melakukan creambath sendiri di rumah. Sangat penting untuk menjaga rambut agar senantiasa sehat dan berkilau. Dengan menjaga rambut tetap indah, tentu akan meningkatkan kepercayaan dirimu.


Diricare juga bisa menjawab semua keluhan rambut dan kulit. Kamu hanya perlu konsultasi online di sini secara gratis bersama dokter berpengalaman. Kemudian kamu akan mendapatkan rekomendasi produk berkualitas dengan harga terjangkau.  


Sumber:

https://jaensspa.com/creambath/

https://www.indoindians.com/creambath-is-indonesian-version-of-hair-spa/

https://www.balibisa.com/traditional-hair-cream-bath/



banner-artikel
Tag:
tips
solusi
suplemen rambut
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.