GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Ketahui Manfaat Minyak Kemiri yang Kaya Nutrisi untuk Merawat Kilau Rambutmu

Ditinjau oleh: dr. Nila M.-12 Sep 2022
manfaat minyak kemiri

Selain dipakai untuk kebutuhan bumbu dapur, kemiri juga kerap diolah menjadi minyak. Olahan minyak kemiri inilah yang sering dimanfaatkan banyak orang untuk mengobati nyeri sendi, luka di permukaan kulit, dan kulit terbakar. Di samping itu, kemiri juga bermanfaat untuk perawatan rambut dan ampuh mencegah kebotakan. Ketahui lebih banyak tentang manfaat minyak kemiri untuk rambut lewat artikel berikut. 


Kandungan Nutrisi dalam Biji Kemiri

Kemiri memiliki nama latin Aleurites moluccanus. Tumbuhan ini dapat tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, Hawaii, dan beberapa bagian di Australia.

Minyak kemiri memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan rambut. Sejak dulu banyak orang percaya minyak kemiri berkhasiat merangsang pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan, dan mengatasi ketombe di kulit kepala.

Di dalam biji kemiri ternyata mengandung banyak vitamin. Sebut saja vitamin C, vitamin D, vitamin E, omega-9, dan omega-6.

Komposisi tersebut berfungsi menjaga kilau rambut, mencegah radikal bebas, dan memberi asupan nutrisi penting yang diperlukan oleh rambut, sehingga akar rambut lebih kuat dan kulit kepala juga semakin lembab.


Khasiat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Kulit Kepala

Kemiri kaya akan nutrisi yang bermanfaat menjaga kesehatan rambut. Karena alasan itulah beberapa produk shampo dan kondisioner memasukkan minyak kemiri ke dalam salah satu komposisi pada produk mereka. Lantas apa saja khasiat minyak kemiri untuk perawatan rambut dan kulit kepala?

1. Mengatasi Kulit Kepala Kering

Ketika kamu sedang sibuk beraktivitas di luar ruangan, biasanya kamu tidak menyadari sudah terlalu lama terkena paparan sinar matahari dan udara panas. Akibatnya, kulit kepala dan rambut jadi kering. Kulit kepala yang kering ini tak jarang menimbulkan sensasi gatal dan juga ketombe.

Kamu bisa mengurangi keluhan ini dengan mengoleskan minyak kemiri di kulit kepala dan helai rambut. Minyak kemiri akan memberikan efek lembab di permukaan kulit kepala, sehingga keluhan kulit kepala kering tidak datang lagi.


2. Memberikan Kilau pada Rambut

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut kuat, tebal, sehat, dan berkilau? Salah satu cara mendapatkan tampilan rambut yang sehat dan berkilau adalah dengan mengoleskan minyak kemiri secara teratur ke kulit kepala dan batang rambut.

Biji kemiri mengandung asam amino dan asam lemak esensial. Keduanya dapat meninggalkan kelembaban dan meningkatkan kondisi batang rambut, sehingga rambut tampak berkilau, sehat, tebal, dan kuat.


3. Menghilangkan Ketombe

Ketombe bisa muncul karena kulit kepala terlalu kering atau bisa juga karena terlalu berminyak. Minyak kemiri bisa mengurangi ketombe karena terdapat kandungan gamma-linoleic acid di dalamnya.

Nutrisi tersebut dapat memberikan efek regeneratif pada kulit kepala sehingga bisa menghilangkan ketombe, menjaga kilau rambut, dan terus menjaga kelembabannya sehingga ketombe tidak kembali datang.


4. Mencegah Rambut Rontok

Akar rambutmu kurang kuat sehingga rambut sering patah? Salah satu solusinya adalah dengan mengaplikasikan tonik yang mengandung kemiri pada akar rambut.

Protein dan mineral dalam minyak kemiri bisa memperkuat akar rambut. Kemungkinan angka kebotakan pun bisa berkurang. Rambutmu bisa semakin tebal, kuat, dan sehat.


5. Merangsang Pertumbuhan Rambut Baru

Pemakaian minyak kemiri secara teratur disinyalir dapat merangsang dan mempercepat pertumbuhan rambut baru. Helai rambut baru yang tumbuh biasanya jadi lebih tebal, hitam, lembut, dan bertekstur kuat.

Tidak heran orang-orang yang memiliki keluhan rambut tipis, rambut rontok, dan kebotakan dini mengandalkan minyak kemiri untuk mengatasi masalah rambut mereka.


Cara Terbaik Menggunakan Minyak Kemiri untuk Perawatan Rambut dan Kulit Kepala

Saat ini produk olahan kemiri ada bermacam-macam karena didukung oleh perkembangan teknologi dan inovasi. Produk olahan kemiri yang mulai banyak muncul di pasaran ada dalam bentuk pelembab, shampo, kondisioner, sabun, dan minyak atau tonik.

Namun, tonik atau minyak kemiri masih menjadi produk olahan kemiri yang disukai banyak orang. Meski begitu banyak orang masih belum tahu cara terbaik memakai minyak kemiri supaya hasilnya bisa maksimal. Kalau penasaran cara memakai minyak kemiri yang benar, ikuti langkah-langkah berikut.


  1. Sebelum memakai minyak kemiri, kamu harus selalu pastikan sudah menyimpan botol minyak kemiri dengan benar supaya kualitasnya tidak berubah. Cara menyimpan yang benar adalah simpan kemasan minyak kemiri di tempat yang sejuk dan jauhi dari paparan sinar matahari langsung atau suhu panas.
  2. Gunakan minyak kemiri secukupnya, sesuaikan dengan ketebalan rambutmu.
  3. Selalu oleskan minyak kemiri pada rambut yang bersih. Lebih baik aplikasikan sehabis keramas.
  4. Saat memakai minyak kemiri, usapkan perlahan-lahan pada kulit kepala dan batang rambut.
  5. Ketika sedang mengaplikasikan minyak kemiri di bagian kulit kepala, jangan lupa lakukan pijatan ringan supaya peredaran darah semakin lancar dan minyak kemiri mudah meresap ke dalam kulit.


Jika kamu punya keluhan rambut dan kulit kepala kering, kamu bisa campurkan sedikit minyak kemiri dengan aloe vera gel. Kombinasi kedua bahan tersebut bisa cepat mengembalikan nutrisi yang hilang akibat paparan panas matahari dan sinar UV. Itu dia ulasan ringan manfaat minyak kemiri untuk rambut yang perlu kamu tahu. Menjaga kesehatan rambut memang memerlukan ketelatenan supaya hasilnya bisa maksimal. Jika keluhan rambut dan kulit kepalamu tak lekas membaik meski sudah mencoba sesuai tips di atas, tidak perlu takut mengkonsultasikannya kepada dokter. Kamu bisa mulai konsultasi gratis bersama dokter berpengalaman di Diricare. Hanya melalui tiga langkah mudah, kamu sudah bisa lakukan konsultasi dan mendapatkan rekomendasi produk oleh dokter dengan harga terjangkau. Yuk, mulai konsultasi lewat gawaimu di sini!


Sumber:

https://www.healthbenefitstimes.com/candlenut/

https://www.livestrong.com/article/156952-what-are-the-benefits-of-using-kukui-nut-oil/

https://balipure.org/kukui-nut-oil-candlenut-oil/

https://www.world-today-news.com/5-benefits-of-candlenut-oil-for-attractive-hair-make-it-healthy-and-shiny/ 

Tag:
tips
solusi
suplemen rambut
serum rambut
rambut berminyak
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.