GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

7 Manfaat dan Jenis Masker Rambut Alami yang Bikin Tiap Helainya Indah Berkilau

Ditinjau oleh dr. Winda-24 Mar 2023
masker rambut manfaat

Merawat rambut tak cukup hanya memakai sampo untuk mendapatkan tiap helainya kuat dan indah berkilau. Selain memakai kondisioner yang menjaga kelembapan rambut, masker rambut alami juga menawarkan banyak sekali manfaat untuk mahkotamu. Apa saja manfaat dan jenis masker rambut alami yang bisa dibuat sendiri di rumah? Yuk, ikuti penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Apa itu masker rambut?

Produk perawatan yang disebut masker, tentu tak asing buatmu. Sama seperti halnya masker wajah, masker rambut alami berfungsi menutrisi dan melembapkan kulit. Di samping itu, masker rambut juga bekerja untuk menyehatkan dan menjaga kondisi rambut tetap prima. Masker rambut juga disebut sebagai deep conditioning atau kondisioner rambut yang bekerja secara intensif. Bedanya dengan kondisioner yang sering kamu pakai, hair mask terbuat dari bahan yang lebih pekat, berbahan alami, dan dipakai dalam waktu lebih lama mulai 20 menit hingga beberapa jam.


Manfaat masker rambut

Perawatan rambut menggunakan masker bisa digunakan untuk setiap jenis rambut. Baik itu rambut keriting, lurus, lembap, maupun kering dan bercabang, bisa menyerap manfaat dari masker rambut. Kalau masker rambut alami, kamu bisa menyesuaikan formula bahannya sesuai yang dibutuhkan rambutmu. Untuk mengetahui manfaat masker rambut, ini penjelasannya.


    1. Menghidrasi dan melembapkan rambut

Kalau kamu sedang berupaya mengatasi rambut kering dan bercabang tetapi belum menemukan perawatan tepat, masker rambut alami bisa jadi alternatif pilihan. Bahan alami yang dijadikan formula masker, harus mengandung humektan dan emolien. Humektan membantu menyerap kelembapan, sementara emolien mengunci kelembapan dan menjaga rambut cukup terhidrasi meski terpapar sinar matahari. Umumnya, minyak kelapa dan minyak argan dipercaya untuk mendapatkan dua manfaat tersebut.


     2. Memperkuat rambut

Helai rambut terbuat dari protein dan keratin. Kekuatan rambut dibangun oleh protein sedangkan keratin membentuk serat-serat rambut. Namun karena penataan rambut yang menggunakan panas, seperti sering mencatok dan meluruskan rambut, akan berpotensi merusak serat serta kekuatan rambut. Pada saat tersebut, rambutmu membutuhkan sentuhan masker rambut yang terbuat dari bahan alami. Karena masker rambut menutrisi dan menguatkan rambut. Kamu bisa memanfaatkan putih telur sebagai protein dan masukkan dalam racikan masker rambut alami.


     3. Membuat rambut lembut dan berkilau

Penyebab rambut kasar dan kusam adalah terbukanya kutikula. Untuk membuat rambut Kembali lembut dan berkilau, kamu bisa memanfaatkan masker rambut. Masker dengan bahan alami akan memudahkan meracik dan memakainya sesuai kebutuhan.


     4. Rambut lebih mudah diatur

Rambut sulit diatur dan mengembang, bisa disebabkan terbukanya kutikula. Namun kamu bisa ‘menjinakkan’ dengan masker rambut dengan bahan alami yang tepat. Misalnya bahan yang dapat mengembalikan kelembapan rambut seperti mayones dan pisang.


     5. Melindungi rambut dari kerusakan karena bahan kimia dan lingkungan

Kalau kamu tinggal di kota besar dengan tingkat polusi tinggi, maka kamu membutuhkan perawatan tambahan pada rambut. Seperti dengan masker rambut, kamu bisa melindungi rambut dari kerusakan karena polusi lingkungan. Selain itu, rambut membutuhkan nutrisi lebih setelah ditata menggunakan bahan kimia. Maka masker rambut alami bisa jadi jawaban atas keluhan rambut rusak.


     6. Mencegah ketombe

Untuk mencegah ketombe, kamu bisa meracik masker rambut alami dari cuka apel dicampur madu. Kedua bahan ini bersifat antimikroba yang menghalau jamur di kulit kepala. Artinya, kamu enggak perlu frustasi kalau ketombe sulit hilang.

Sebagai rekomendasi terpercaya, kamu juga bisa mengatasi ketombe berdasarkan saran dokter berpengalaman di Klinik Diri. Di klinik ini, dokter akan membuat treatment planning berkelanjutan untuk mengatasi keluhan kulit kepala berketombe.


     7. Rambut tak mudah rontok

Keluhan rambut rontok, tak hanya karena kekurangan nutrisi pada rambut tetapi juga pola hidup yang tidak sehat. Misalnya karena kamu mengalami stres dan insomnia, bisa mengakibatkan kerontokan rambut . Untuk itu, kamu bisa memakai masker rambut berbahan alami yang melembapkan dan memberikan nutrisi ekstra pada rambut.


Itulah ketujuh manfaat masker rambut yang ternyata tak hanya melembapkan tetapi juga memperkuat setiap helai rambut. Nah, selanjutnya yuk simak penjelasan mengenai jenis masker rambut yang berbahan alami sesuai kebutuhanmu.


Jenis masker rambut alami

Setiap orang memiliki keluhan yang berbeda-beda pada rambut. Untuk itu, formula masker rambut akan berbeda-beda sesuai yang dibutuhkan setiap orang. Maka pilih jenis masker rambut alami yang sesuai dengan kebutuhanmu dan membantu mengatasi keluhan pada rambutmu dari daftar berikut.


     1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu ‘menjinakkan’ rambut kering dan tebal serta melembutkan. Menurut penata gaya profesional, Amy Abramite, minyak kelapa adalah bahan masker rambut alami yang mudah diserap rambut. Didalamnya mengandung asam lemak, vitamin E, dan melindungi rambut dari paparan sinar UV yang menyerap kelembapan rambut.


Kamu bisa menggunakan minyak kelapa sesuai kebutuhan rambut. Misalnya pakai setelah keramas selama 10 menit untuk menguatkan rambut. Sedangkan untuk pengganti kondisioner, oleskan minyak kelapa dari tengah ke ujung rambut agar rambut lembap.


     2. Pisang dan minyak zaitun

Masker rambut alami yang kedua, kamu bisa memakai campuran pisang dan minyak zaitun. Pisang bermanfaat untuk menghidrasi dan melembapkan rambut rusak, kering, serta kusam. Sedangkan minyak zaitun kaya akan lemak sehat serta vitamin E agar rambutmu terlihat lebih berkilau dan halus.


Cara membuat masker rambut ini, siapkan satu buah bisa ukuran sedang dan haluskan. Kemudian campurkan dengan beberapa sendok minyak zaitun hingga menjadi pasta kental. Masker rambut alami ini, bisa dipakai saat mandi dan biarkan menempel pada rambut selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.


     3. Alpukat dan minyak zaitun

Masih untuk mengatasi rambut rusak dan kering, kamu bisa membuat masker rambut alami dari campuran alpukat dengan minyak zaitun. Alpukat mengandung mineral, protein, dan vitamin yang menutrisi rambut. Tetapi kalau untuk mengatasi rambut bercabang, kamu harus memotong bagian cabang rambut dan pakaikan masker ini secara rutin.


     4. Yoghurt

Ahli sepakat bahwa yoghurt membantu mencegah rambut kusut. Karena dalam yoghurt mengandung asam laktat yang membantu melembutkan dan melembapkan rambut. Selain itu, setelah memakai yoghurt untuk masker rambut alami, sel-sel kulit mati yang menumpuk di folikel rambut akan terangkat hingga bersih.


     5. Cuka sari apel

Untuk rambut panjang yang sulit diatur, cuka sari apel bisa diandalkan karena membantu menutup kutikula dan menjaga warna rambut tak memudar. Di samping itu, cuka sari apel juga menghilangkan terlalu banyak minyak sehingga sedikit berisiko pada tipe rambut kering.


Masker rambut alami yang ringan dari cuka apel, bisa diracik dengan mencampurkan satu cangkir cuka sari apel dan satu sendok madu. Masukkan campuran kedua bahan tersebut dalam botol spray sehingga kamu bisa mengaplikasikannya lebih mudah. Setelah mengaplikasikan, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.


Dari rekomendasi masker rambut alami di atas, mana yang paling cocok dengan kebutuhanmu? Sebetulnya, masih banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk masker rambut. Tetapi hasil optimal bergantung pada banyak faktor, seperti kualitas bahan alami yang dipakai hingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil optimal. Nah, kalau kamu perlu haircare yang dipersonalisasikan dengan kebutuhan dan bekerja efektif karena diformulasikan oleh tim klinis profesional, jangan ragu klik Klinik Diri.

 

Sumber:

https://www.healthline.com/health/how-to-use-hair-mask

https://www.byrdie.com/hair-mask-recipes-for-damaged-hair-346747

https://www.lovedbycurls.com/products/benefits-of-hair-masks/

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
suplemen rambut
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.