GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Kenali Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Efektif Menggunakannya

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-15 Jun 2022
Manfaat Minyak Kelapa Rambut Diricare

Terdapat berbagai cara untuk membuat rambut sehat, tumbuh lebat, dan berkilau. Banyak orang percaya pada keampuhan minyak kelapa untuk mendapatkannya. Tetapi apakah efek samping minyak kelapa untuk rambut bersifat positif? Ketahui berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat minyak kelapa untuk rambut berdasarkan studi ilmiah.


Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Melalui proses ekstraksi dari kelapa, minyak kelapa dibuat. Didalamnya mengandung bahan-bahan bermanfaat, baik untuk dikonsumsi maupun diaplikasikan pada kulit dan rambut. Mengutip WebMD, minyak kelapa 100 persen mengandung lemak yang 80-90 persennya adalah lemak jenuh. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung 47 persen asam lemak yang bersifat antimikroba dan antibakteri. Ditambah lagi memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak omega-3. Untuk lebih lengkapnya, ikuti penjelasan berikut tentang manfaat minyak kelapa untuk rambut.


1. Melindungi rambut dari kerusakan

Minyak kelapa jenis tertentu, tidak memiliki kandungan nutrisi tinggi apabila dioleskan pada rambut. Tetapi minyak kelapa membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat bakteri dan mikroba. Bahan alami ini juga bermanfaat untuk melindungi kulit kepala dari bakteri yang menyebabkan iritasi.


2. Melembapkan rambut

Ketika minyak kelapa diaplikasikan pada helai-helai rambut, akan berkhasiat mengatasi rambut kusut dan kering. Ini juga bisa mengurangi kerusakan rambut, seperti ketika rambut kering kemudian patah dan tumbuh bercabang. Bahkan rambut kering juga rentan berubah warna menjadi kemerahan meskipun tanpa memakai pewarna rambut.

Kandungan dalam minyak kelapa yang berkhasiat menjaga kelembapan rambut disebut asam laurat. Apabila kandungan ini meresap pada rambut, maka dengan cepat membantu rambut lebih lembap.


3. Mengurangi gejala proriasis pada kulit kepala

Meskipun tidak dapat menyembuhkan psoriasis pada kulit kepala, tetapi minyak kelapa dapat mengurangi gejalanya. Gejala psoriasis pada kulit kepala antara lain muncul bercak bersisik, kulit menebal, dan terasa gatal. Gejalanya mirip seperti ketombe tetapi psoriasis berkaitan dengan sistem imun. Itu artinya psoriasis pada kulit kepala tidak menular. Psoriasis pada kulit di kepala menyebabkan kering dan gatal-gatal. Ketika merasakan gatal dan kering, minyak kelapa bisa membantu mengurangi meski tak menyembuhkan.


4. Membuat rambut lebih berkilau

Rambut tidak berkilau salah satunya karena kurang hidrasi. Sedangkan minyak kelapa berkhasiat membantu melembapkan, maka bisa mengatasi rambutmu yang enggak berkilau karena terlalu kering.


5. Membantu pertumbuhan rambut

Apakah rambutmu mudah patah sebelum panjang sesuai yang kamu inginkan? Menurut dokter Shari Marchbein, MD., dermatologis bersertifikat, minyak kelapa bermanfaat memperkuat rambut sehingga tak mudah patah. Sehingga bisa membuat rambut memanjang lebih cepat.


Hingga saat ini, tambah Marchbein, belum ada studi ilmiah yang betul-betul membuktikan minyak kelapa dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut baru seperti keampuhan Minoxidil. Berbeda dengan produk DiriCare yang mengandung Minoxidil bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, yaitu pada Custom Growth Serum. Apabila memiliki keluhan rambut rontok dan menipis, kamu bisa berkonsultasi pada ahli yang telah berpengalaman di sini.


Itulah lima manfaat minyak kelapa untuk rambut. Artinya minyak kelapa memiliki khasiat positif bagi rambut. Tetapi yang perlu kamu perhatikan adalah jenis rambut dan cara mengaplikasikan minyak kelapa. Soalnya, setiap jenis rambut membutuhkan perlakuan yang berbeda. Lantas bagaimana cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut agar bekerja secara efektif?


Cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa disebut sebagai bahan alami yang bisa digunakan dalam berbagai macam perawatan. Baik perawatan kulit, bibir, hingga rambut. Untuk menjaga keindahan rambutmu, begini caranya mengaplikasikan minyak kelapa.


1. Mengoleskan minyak kelapa pada rambut kering

Bagi kamu yang memiliki rambut kering dan tebal, mengaplikasikan virgin coconut oil (VCO) langsung berkhasiat melembapkannya. Tetapi bagi rambut tipis dan berminyak secara alami, hindari untuk mengaplikasikan minyak kelapa pada rambut karena dapat membanjiri kulit kepala dan rambut dengan minyak. Para ahli setuju bahwa rambut kering dan keriting alami akan mendapatkan pengaruh baik ketika menggunakan minyak kelapa.


Waktu terbaik dalam mengoleskan minyak kelapa pada rambut ialah pada malam hari. Karena kandungan baik didalamnya membutuhkan waktu untuk menyerap, maka hindari mengenakan pada pagi hari. Sebelum mengaplikasikan, ahli menyarankan untuk menghangatkan minyak kelapa agar mencair. Gosok pada kedua tangan ketika mengoleskannya di ujung rambut agar sedikit berbusa. Untuk bagian rambut yang lebih kering, berikan lebih banyak dibanding rambut yang lebih sehat.


Setelah dioleskan pada rambut, diamkan selama 20-30 menit. Apabila rambutmu sangat kering, diamkan lebih lama. Beberapa orang memilih memakainya sepanjang malam. Tetapi durasi pemakaian bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Nah, biar semakin efektif, tutup rambut dengan shower cap. Boleh juga dibungkus dengan handuk hangat.


2. Masker rambut dengan minyak kelapa

Cara mengaplikasikan minyak kelapa sebagai masker rambut, tahapannya sama seperti langkah sebelumnya. Tetapi pada akhir perawatan, kamu perlu membilas secara menyeluruh hingga bersih. Untuk hasil terbaik, kamu perlu mencoba takaran yang berbeda-beda agar kandungan baik didalamnya menyerap secara maksimal. Jika minyak kelapa membuat rambut lebih berminyak, maka kurangi takarannya ya.


3. Mengaplikasikan minyak kelapa sebelum berenang

Klorin pada air kolam renang bisa berisiko merusak rambut. Saat kamu akan berenang, aplikasikan minyak kelapa pada rambut terlebih dahulu. Cara ini bisa mengurangi zat kimia terserap rambut. Minyak kelapa akan menembus dan mengisi helai rambut sehingga zat berbahaya tak masuk ke batang rambut.


4. Minyak kelapa sebagai serum

Tak hanya bisa melindungi, dijadikan masker, dan mengatasi kulit kering. Ambil beberapa tetes minyak kelapa untuk dijadikan serum agar rambut berkilau ketika terpapar cahaya. Ketika mengaplikasikan, tidak membutuhkan banyak minyak kelapa. Cukup sedikit saja asalkan merata.


5. Dipakai sebelum menata rambut

Setelah rambut dicuci atau keramas, tekstur dan gaya rambut sering berkurang. Untuk mengatasinya, oleskan secara merata minyak kelapa sebelum menata rambut setelah keramas. Kemudian kamu bisa mencatok atau mengatur gaya rambut. Dengan begitu, minyak kelapa menahan air sehingga rambut tak mudah kusut.


Kelima cara di atas, bisa kamu lakukan untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk rambut secara efektif. Pernah mencobanya? Efek samping minyak kelapa untuk rambut, mungkin akan berbeda-beda pada setiap orang. Apabila kamu ingin mendapatkan hasil maksimal, cara paling tepat adalah mendapatkan arahan langsung dari dokter dan ahlinya dengan berkonsultasi di DiriCare.

  

Referensi:

https://www.webmd.com/beauty/health-benefits-of-coconut-oil-for-hair

https://www.byrdie.com/how-to-apply-coconut-oil-to-hair

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324563#pretreating-the-hair

Tag:
minyak kelapa
rambut rontok
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.