GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

8 Manfaat Potong Rambut untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ditinjau oleh dr. Winda-07 Jul 2023
Manfaat potong rambut

Rambut pada kulit kepala berfungsi sebagai pelindung suhu tubuh, serta pelindung keringat dan sebum akibat aktivitas tertentu. Semakin berjalannya waktu dengan perawatan keramas yang rutin, rambut tentunya akan terus tumbuh. 


Pertumbuhan rambut yang semakin lebat dengan minim perawatan yang baik, tentunya akan menimbulkan banyak masalah, seperti rambut bercabang, kusam, kering, hingga rontok berlebih. Oleh karena itu, potong rambut menjadi solusi untuk menjaga estetika dan kesehatan rambut. 


Perlu kamu tahu nih, jika waktu maksimal untuk potong rambut adalah setiap 6 bulan. Mengapa? Sebab, dengan periode waktu tersebut, kesehatan dan kecantikan rambut mulai berkurang. Misalnya, rambut mulai kering dan kasar, bercabang, bentuk dan tampilan sudah tak indah seperti semula.  


Manfaat potong rambut

Banyak dari kamu yang masih tidak peduli untuk potong rambut sesuai waktu yang direkomendasikan. Padahal, ada beberapa manfaat potong rambut yang harus kamu tahu, nih! Apa saja ya?


Menghilangkan rambut bercabang

Seiring pertumbuhan rambut dengan tidak menggunakan perawatan khusus, ujung rambut dapat terbelah dan bercabang. Cabang rambut ini bisa menjalar hingga ke batang rambut. Rambut yang bercabang menjadi tanda bahwa rambut kamu dalam kondisi rusak, karena helai rambut akan rapuh dan rontok. Solusi dari rambut bercabang adalah dengan memotong ujung rambut secara rutin. Selain itu, jangan lupa diimbangi dengan penggunaan vitamin rambut agar tidak mudah rusak. 


Menghilangkan rambut rusak

Rambut bercabang, rapuh, dan rontok menjadi tanda-tanda bahwa rambut kamu mengalami kerusakan. Ada berbagai faktor, seperti sering mencatok atau mengeringkan rambut dengan hair dryer yang mengeluarkan panas. Jika tidak dirawat dengan baik, rambut dengan paparan panas akan cepat rusak dan rapuh. Rambut rusak akan menghambat pertumbuhan rambut yang sehat. Maka dari itu, potong rambut berfungsi untuk mengembalikan rambut kamu agar sehat kembali dan berkilau. 


Membantu pertumbuhan rambut yang sehat

Rambut yang semakin tumbuh panjang, tanpa memanfaatkan perawatan yang benar, akan membuat rambut kering dan kusut. Rambut bercabang yang semula dari ujung rambut, akan merambat hingga batang rambut. Tentunya, kerusakan rambut akan menghambat pertumbuhan rambut. Dengan memotong bagian rambut yang rusak, rambut kamu dapat tumbuh sehat kembali secara keseluruhan. 


Tampilan rambut menjadi lebih berkilau

Setuju nggak, kalau kamu sudah melakukan potong rambut di salon, rambut kamu terasa lebih sehat dan berkilau? 


Manfaat potong rambut yang tentu kamu sadari adalah tekstur dan kilau rambut. Jika disentuh, guntingan rambut yang halus dan sesuai di setiap helaian akan mempengaruhi bentuk pertumbuhan rambut. Selain sehat, kilauan rambut juga membuat kamu semakin percaya diri. 


Mempertegas bentuk wajah

Secara estetika, manfaat potong rambut adalah untuk memberikan kesan tegas atau apapun yang ingin kamu tonjolkan sesuai dengan bentuk wajah. Kamu bisa melihat banyak referensi gaya potongan rambut di internet, atau bisa konsultasikan kepada hair stylist di salon kesayangan kamu. 


Mempertahankan kesehatan dan keindahan rambut yang diwarnai

Buat kamu yang hobi mewarnai dan styling rambut, pasti sempat khawatir jika rambut akan cepat rusak dan kering karena sering terpapar bahan kimia dan panas hair dryer?


Benar jika cat rambut membuat setiap helaian rambut cepat rusak dan kering karena efek samping bahan kimia yang membuka kutikula rambut agar menyerap ke dalam korteks rambut. Sehingga rambut mudah bercabang. Potong rambut menjadi opsi agar rambut kamu tetap tumbuh sehat, dan warna cat rambut tetap berkilau tahan lama. 


Membentuk kepercayaan diri

Percaya diri berasal dari self care yang baik, agar tubuh semakin sehat dan terawat. Perlu kamu tahu nih, kalau rambut kamu juga menjadi aset penting untuk membangun kepercayaan diri. Inilah salah satu manfaat potong rambut yang dapat membuat penampilan menjadi lebih rapi, sehat, dan terjaga di setiap kesempatan. 


Dengan potongan rambut yang sesuai bentuk wajah, penampilan kamu di depan banyak orang tentu menambah kesan fresh. Ditambah lagi, kamu juga jadi semakin semangat untuk menghadapi hari agar selalu positif. 


Terbebas dari beban berat rambut panjang dan tebal

Tahukah kamu? Jika rambut kamu sudah panjang dan tebal ternyata sangat perlu untuk potong rambut. Dari sisi kesehatan, rambut yang panjang dan tebal dapat berpotensi stres pada leher dan bahu karena beban rambut dan tekanan dari kulit kepala. Selain itu, beban rambut panjang dan tebal juga bisa mengurangi ketahanan rambut. Sehingga mudah rontok. 


Jadi, potong rambut memiliki berbagai manfaat dari sisi kesehatan maupun kecantikan. Rambut yang sehat tentunya dapat memperindah dan mempercantik setiap helaian rambut. Potonglah rambut minimal setiap 3 bulan sekali, atau maksimal 6 bulan sekali dalam setahun untuk menjaga kekuatan dan struktur rambut. Pastikan potong rambut dengan penanganan hair stylist di salon yang terpercaya, agar bentuk potongan tidak merusak struktur pertumbuhan rambut. 


Apabila kamu menemukan masalah serius pada rambut dan kulit kepala, jangan lupa untuk konsultasikan lebih lanjut ke dokter. Kamu tentunya dapat berkonsultasi dengan para dokter berpengalaman di Klinik Diri


Sumber:

https://www.lovedbycurls.com/hair-repair/benefits-of-trimming-hair/

https://fwbeauty.com/blogs/blog/what-are-the-benefits-of-trimming-your-hair

https://www.hairboutique.com/blogs_p/2021/12/05/does-long-hair-affect-your-health

banner-artikel
Tag:
gaya rambut
catok rambut
suplemen rambut
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.