GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Sudah Tahu? Ini 8 Manfaat Vitamin Rambut agar Tetap Sehat

Ditinjau oleh dr. Najwa-22 Feb 2024
Sudah Tahu? Ini 8 Manfaat Vitamin Rambut agar Tetap Sehat

Nggak hanya kulit yang butuh asupan vitamin yang cukup agar selalu sehat, rambut kamu juga perlu, loh! Penggunaan vitamin rambut secara rutin, membantu memperkuat akar rambut, mendukung proses pertumbuhan, hingga membuat rambut kamu lembut dan terlihat berkilau.  

Lantas, apa saja sih manfaat vitamin rambut yang lain? Serta bagaimana cara menggunakan vitamin rambut yang benar? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!


Manfaat Menggunakan Vitamin Rambut

Beberapa jenis vitamin yang penting untuk kesehatan rambut, di antaranya ada vitamin A, B, C, D, dan E. Nah, umumnya, berbagai produk perawatan rambut pun sudah diformulasikan dengan kandungan vitamin tersebut, ya. Masing-masing vitamin juga punya fungsi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Berikut manfaat vitamin rambut secara rutin:


1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Kamu tahu nggak kalau defisiensi vitamin, bisa menjadi salah satu faktor yang menghambat pertumbuhan rambut? Oleh karena itu, penggunaan vitamin rambut secara rutin dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Meskipun, pertumbuhan rambut juga dipengaruhi oleh faktor genetik, pola makan, sampai kondisi kesehatan, ya.


Vitamin tertentu, seperti Vitamin B kompleks (termasuk Biotin), Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin A, memiliki peran penting dalam merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin jenis ini, akan membantu memproduksi sel-sel baru, memperbaiki kerusakan rambut, menjaga kesehatan kulit kepala, dan mengurangi kerontokan rambut yang berlebihan.


2. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Nah, tidak hanya mendukung pertumbuhan rambut, menggunakan vitamin rambut secara rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Misalnya saja, vitamin A yang membantu memproduksi sebum, yaitu minyak alami yang menjaga kulit kepala agar tetap lembab dan terlindungi. Selain itu, ada juga vitamin C yang berperan dalam produksi kolagen untuk kesehatan kulit kepala. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit kepala dari kerusakan.


3. Mengurangi Kerontokan

Khasiat selanjutnya dari vitamin rambut adalah meminimalkan resiko kerontokan. Terutama, jika kerontokan yang dialami disebabkan oleh kekurangan vitamin, atau kondisi kesehatan tertentu yang bisa diperbaiki dengan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat. 


Vitamin dapat memperkuat folikel rambut, sehingga rambut kamu nggak mudah rontok. Kamu dapat memilih produk yang mengandung vitamin D, vitamin E yang mampu melindungi folikel rambut dari kerusakan, atau vitamin B kompleks (khususnya biotin) untuk perawatan rambut secara menyeluruh.


4. Mencegah Rambut Kusam

Rambut yang terlihat kusam, tentunya bisa mempengaruhi penampilan, ya. Rambut kusam disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari paparan sinar matahari berlebih, sering men-styling rambut, hingga kekurangan nutrisi. Nah, agar rambut kamu kembali berkilau, kamu bisa nih menggunakan vitamin rambut secara rutin. Khususnya ketika ingin men-styling rambut, seperti mencatok, curling, atau coloring.


Kamu bisa pilih produk dengan kandungan vitamin E karena mampu memperbaiki jaringan rambut yang rusak, sehingga tampak lebih sehat dan berkilau. Kalau rambut kamu berkilau alami, pasti kamu bakal lebih percaya diri! 


5. Menghilangkan Ketombe

Ketombe biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, yakni kulit kepala yang kering, iritasi, pertumbuhan jamur pada kulit kepala, atau kondisi kulit kepala tertentu seperti dermatitis seboroik. Penggunaan vitamin tertentu dalam rangkaian perawatan rambut kamu, bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Namun, untuk beberapa kasus tertentu, ketombe tidak bisa hilang begitu saja. 


Umumnya, vitamin khusus rambut berketombe memiliki kandungan zinc. Zinc inilah yang nantinya akan berperan untuk mengontrol produksi minyak di kulit kepala. Selain itu, zinc juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan peradangan/iritasi yang terkait dengan masalah kulit kepala, seperti ketombe, dermatitis seboroik, atau kondisi lainnya.


6. Memperkuat Helai Rambut

Masalah rambut yang seringkali dialami oleh wanita adalah rambut rapuh. Hal ini kerap terjadi, terutama bagi mereka yang senang hair styling. Nah, kamu tahu nggak, kalau sebenarnya, rambut punya lapisan terluar yang kokoh untuk melindungi rambut secara keseluruhan. Lapisan ini dinamakan kutikula. Namun, jika rambut kamu kekurangan nutrisi atau sering terkena panas berlebih, kutikula juga bisa rusak. Akibatnya, rambut jadi mudah patah/rapuh, deh.


Oleh karena itu, biasakan untuk menggunakan vitamin rambut secara rutin ya. Apalagi kalau kamu ingin styling rambut. Ini penting banget loh untuk kesehatan rambut kamu dalam jangka panjang.


7. Membuat Rambut Lebih Bervolume

Rambut lebat dan bervolume merupakan salah satu indikator rambut yang sehat. Nah, vitamin rambut dapat membantu memberikan efek bervolume pada rambut kamu, loh. Beberapa vitamin dan nutrisi dalam suplemen rambut punya peran dalam kesehatan rambut yang lebih baik. Sehingga, bisa memberikan kesan rambut lebih bervolume.


8. Membuat Rambut Halus

Manfaat vitamin rambut lainnya adalah dapat membuat rambut terasa halus. Kamu tahu nggak kalau rambut halus itu, diperoleh dari rambut yang lembab (terhidrasi dengan baik)? Nah, memilih produk perawatan dengan kandungan melembabkan bisa menjadi kunci untuk mendapatkan struktur helai rambut yang halus. Tapi, nggak cuma itu saja ya, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan kaya protein, vitamin, mineral seperti omega-3, vitamin E, dan biotin, agar kesehatan rambut kamu terpenuhi.


Oke, itulah beberapa manfaat penggunaan vitamin rambut secara rutin. Lalu, apakah vitamin rambut boleh digunakan setiap hari? Jawabannya, tentu saja boleh ya. Asalkan, dalam jumlah yang direkomendasikan pada kemasan atau sesuai anjuran dokter. Nah, untuk cara menggunakan vitamin rambut yang tepat, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:


Cara Menggunakan Vitamin Rambut

Sebenarnya, cara menggunakan vitamin rambut dapat bervariasi, tergantung jenis suplemen yang kamu gunakan. Vitamin dalam bentuk kapsul, tablet, cairan, atau produk lainnya, pasti punya panduan yang berbeda, ya. Namun, berikut panduan umum untuk menggunakan vitamin rambut:


1. Baca Petunjuk Penggunaan

Langkah pertama, disarankan untuk membaca petunjuk yang tertera pada kemasan atau label produk vitamin rambut. Tujuannya, supaya kamu bisa mengetahui informasi penting tentang dosis yang direkomendasikan, waktu konsumsi, dan instruksi penggunaan yang tepat.


2. Ikuti Dosis yang Direkomendasikan

Selanjutnya, pastikan untuk mengikuti dosis yang direkomendasikan pada kemasan atau saran dari dokter/ahli kesehatan. Tidak disarankan untuk mengonsumsi dosis yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan tanpa konsultasi terlebih dahulu. Khawatirnya, nanti akan timbul masalah baru.


3. Konsumsi dengan atau setelah Makan 

Beberapa suplemen vitamin rambut lebih baik dikonsumsi bersama makanan atau setelah makan untuk meningkatkan penyerapan nutrisi. Oleh karena itu, kamu perlu membaca petunjuk pada kemasan untuk informasi lebih lanjut.


4. Perhatikan Interaksi dengan Obat lain

Nah, jika kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan lain, pastikan untuk mengetahui kemungkinan reaksi yang dapat muncul antara suplemen vitamin rambut dengan obat-obatan tersebut, ya. Konsultasikan dengan dokter jika kamu memiliki kekhawatiran terkait hal ini.


5. Konsisten

Untuk hasil yang optimal, gunakan vitamin rambut secara konsisten, sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Ingat ya, jangan mengkonsumsi lebih dari yang direkomendasikan. Karena yang berlebihan itu, tidak baik loh!


6. Pantau Reaksi Tubuh

Terakhir, perhatikan bagaimana tubuh kamu bereaksi terhadap produk vitamin rambut tersebut. Jika kamu mengalami efek samping atau gejala yang tidak biasa, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.


Lengkap sudah informasi mengenai manfaat vitamin rambut dan cara pakainya yang tepat. Perlu kamu ketahui, selain melakukan perawatan rambut rutin dari luar, kamu juga perlu merawatnya dari dalam ya. Caranya dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan menjaga pola hidup sehat. 


Nah, kalau kamu butuh rekomendasi produk vitamin rambut yang tepat, menyesuaikan jenis atau keluhan rambut kamu, kamu bisa loh download aplikasi Diri Care untuk konsultasi dengan dokter ahli berpengalaman. Yuk, klik link ini untuk informasi lebih lanjut!


Referensi:

https://www.tresemme.com/id/caranya/5-manfaat-menggunakan-vitamin-rambut-secara-rutin.html#:~:text=Penggunaan%20vitamin%20rambut%20dapat%20membantu,sehat%20dan%20kuat%2C%20yaitu%20keratin.

https://www.watsons.co.id/id/blog/perawatan-rambut-id-1/6-manfaat-vitamin-rambut-untukmu

https://cnfstore.com/blog/post/ini-5-manfaat-vitamin-rambut-yang-wajib-kamu-ketahui

banner-artikel
Tag:
rambut kusut
rambut lepek
suplemen rambut
serum rambut
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.