GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Begini Cara Memakai Minyak Zaitun untuk Merawat Rambut Indahmu

Ditinjau oleh: dr. Elita M.-22 Jun 2022
Minyak Zaitun Rawat Rambut Indah Diricare

Banyak orang beranggapan bahwa bahan-bahan di dapur bisa bermanfaat untuk merawat kecantikan. Selain merawat kecantikan kulit, bahan-bahan di dapur juga bisa untuk mengatasi keluhan pada rambut. Seperti salah satunya minyak zaitun yang kerap dipakai untuk melengkapi salad sayur sebagai dressing. Untuk menjaga mahkota tetap sehat dan berkilau, simak berikut penjelasan tentang manfaat minyak zaitun untuk rambut, cara memakai, dan efek samping ketika mengaplikasikannya pada kulit kepala.


Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Selama ribuan tahun lalu, minyak zaitun dipakai untuk perawatan rambut. Beberapa orang memakainya untuk mendapatkan rambut yang lembut, berkilau, dan selalu tumbuh. Tak sedikit juga yang percaya bahwa minyak zaitun dapat mengatasi keluhan rambut rontok dan ketombe. Tetapi apa efek samping minyak zaitun untuk rambut?


1. Melindungi rambut dari kerusakan

Sebuah studi dilakukan tahun 2015 menyatakan bahwa minyak zaitun dapat berperan dalam melindungi rambut dari kerusakan. Sebelum dilakukan riset secara ilmiah, banyak orang menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti kondisioner. Peneliti kemudian membuktikan bahwa minyak zaitun bermanfaat mengurangi gesekan pada rambut, mencegah rambut kusut, dan sulit diatur.


Penelitian lain dilansir Medical News Today menunjukkan bahwa mengoleskan minyak zaitun ke rambut dapat mengurangi kehilangan protein pada rambut. Ini pada akhirnya berkaitan dengan mencegah kerusakan pada rambut.


2. Mencegah rambut rontok

Rambut tidak tumbuh memanjang secara maksimal, membuatnya mudah rontok. Ini bisa diatasi dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala sehingga kandungan antioksidan di dalamnya mencegah penuaan dini pada rambut.


3. Membantu menghidrasi rambut

Rambut secara alami memiliki kemampuan untuk menyerap lemak tak jenuh tunggal. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal. Menurut penelitian, lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun, jika diaplikasikan pada kulit kepala, dapat terserap optimal dan membantu rambut mempertahankan hidrasi.

Gabielle Corney, penata rambut dilansir Mind Body Green, menjelaskan bahwa minyak zaitun, atau jenis minyak lain yang diaplikasikan pada rambut, bukan kondisioner yang bisa melembapkan rambut. Agar bekerja optimal, minyak zaitun perlu dikombinasikan dengan pelembap berbahan dasar air.


4. Meredakan kulit kepala kering dan gatal

Minyak zaitun mengandung vitamin E, antioksidan, dan lemak sehat. Selain itu, menurut seorang ahli medis khusus menangani kerontokan rambut dan kulit kepala, dokter Chambers-Harris, mengatakan bahwa minyak zaitun membantu meredakan kulit kepala yang kering dan gatal. Minyak zaitun membantu menghaluskan kutikula sehingga tidak mengencang dan kering sehingga menyebabkan gatal. Tetapi buat kamu dengan rambut tipis, perlu berhati-hati untuk menggunakan minyak zaitun.


Karena minyak zaitun terlalu berat bagi rambut tipis, maka terdapat solusi untuk membuat rambutmu lebih tebal. DiriCare memiliki produk yang membantumu mengatasi rambut rontok sehingga ketebalan rambutmu berkurang. Custom Hair Growth Shampoo tak hanya membantu menjaga rambutmu tetap bersih dari kotoran dan debu tetapi juga diformulasikan oleh ahli mengandung ginseng dan zinc yang merangsang pertumbuhan rambut lebih sehat.


Untuk melengkapi perawatan rambut rontok dan menipis, kamu bisa menggunakan Custom Hair Growth Serum. Serum ini telah teruji secara klinis dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, merangsang pertumbuhan rambut, dan mengatasi masalah kebotakan.


Setelah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk rambut serta rekomendasi terbaik buat kamu, kamu perlu memilih perawatan tepat agar rambut tumbuh sehat serta berkilau. Ingin tahu bagaimana cara memakai minyak zaitun ke rambut? Berikut penjelasan lengkapnya.


Cara memakai minyak zaitun ke rambut

Kandungan baik dalam minyak zaitun akan bekerja secara optimal pada rambut tergantung bagaimana cara memakainya. Apabila kamu tidak tepat memakainya, manfaat minyak zaitun untuk rambut bisa tidak maksimal. Oleh karena itu, ikuti aturan dan saran berikut di bawah ini.


1. Pilih jenis minyak zaitun yang paling tepat

Terdapat berbagai jenis minyak zaitun berdasarkan pengolahannya. Minyak zaitun yang baik dikenakan pada rambut, ialah minyak zaitun organik. Jenis minyak tersebut dikenal dengan extra-virgin olive oil (EVOO) yang tidak diolah dengan bahan kimia dan suhu panas. Minyak EVOO tidak dimurnikan, memiliki kualitas terbaik, dan lebih sehat untuk rambut.


2. Aplikasikan pada rambut bercabang dan kering

Kari Williams, seorang trichologist dilansir Cosmopolitan, merekomendasikan minyak zaitun sebagai perawatan yang dipakai cukup seminggu sekali. Apabila kamu mewarnai rambutmu atau memiliki rambut kering dan rusak, aplikasikan 2-4 sendok minyak zaitun pada rambut. Pijat dengan lembut dan diamkan setidaknya selama satu jam. Tutup dengan shower cap dan bilas hingga bersih.


3. Campurkan minyak zaitun dengan madu mengatasi rambut kering

Membuat racikan minyak zaitun yang bermanfaat untuk rambut, bisa dengan mencampurkan tiga sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan madu. Ratakan dua campuran tersebut dan oleskan pada rambut yang masih basah setelah keramas. Diamkan selama 30-60 menit dan tutup rambut dengan shower cap. Terakhir bilas dengan air suhu ruangan hingga bersih. Racikan dan cara memakai minyak zaitun ke rambut ini bisa kamu lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil optimal.


4. Minyak zaitun dan putih telur untuk membantu pertumbuhan rambut

Kombinasi antara minyak zaitun dan putih telur bisa membantu pertumbuhan rambut. Kamu cukup mencampurkan dua sendok makan minyak zaitun dan putih telur dua butir. Sebelum mencampurkan putih telur, kocok dahulu dalam mangkuk. Campurkan hingga merata dengan minyak zaitun kemudian aplikasikan ke kulit kepala dan rambut. Tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin dan kenakan sampo bebas sulfat.


5. Rosemary dan minyak zaitun untuk mencegah rambut rontok

Bagi kamu dengan rambut berminyak dan mengalami kerontokan, studi membuktikan bahwa rosemary membantu mengatasinya. Kamu cukup mencampurkan 2-3 sendok makan minyak zaitun dengan 3-4 tetes minyak esensial rosemary. Setelah tercampur, hangatkan minyak selama kurang dari 30 detik. Kemudian aplikasikan sedikit demi sedikit racikan tersebut pada kulit kepala. Pijat selama 15 menit dan biarkan selama 30 menit. Langkah terakhir, cuci rambut dengan air hangat suam-suam kuku dan sampo yang ringan.


Itulah cara memakai minyak zaitun ke rambut. Hal yang perlu kamu perhatikan, perawatan untuk rambut dan kulit kepala perlu dilakukan secara tepat. Alih-alih mencoba perawatan tanpa rekomendasi ahli, lebih baik kamu berkonsultasi pada ahli tentang masalah pada rambutmu. Nah, menyoal cara pakai dan manfaat minyak zaitun, apa efek samping minyak zaitun untuk rambut?


Pada kondisi ideal, manfaat minyak zaitun untuk rambut bisa diperoleh secara optimal. Tetapi pada kondisi tertentu, minyak zaitun berisiko tak diinginkan terutama jika diaplikasikan pada rambut tanpa formulasi yang teruji secara klinis. Saya Obayan, MD., dokter kulit bersertifikat, menjelaskan bahwa minyak zaitun berpotensi menumbuhkan ketombe pada kulit kepala. Namun yang kerap membuat dilematis, minyak zaitun dapat mengembalikan ceramide pada kulit kepala yang kering. Oleh karena itu disarankan untuk membilasnya hingga benar-benar bersih setelah mengaplikasikan minyak zaitun untuk rambut.

 

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/323581#how-to-use-olive-oil-for-hair

https://www.mindbodygreen.com/articles/olive-oil-for-your-hair-is-it-good-for-you-how-exactly-to-apply-it/

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a33391868/olive-oil-for-hair/

https://www.stylecraze.com/articles/olive-oil-help-treat-hair-loss/

https://www.byrdie.com/olive-oil-hair-4843341

Tag:
rambut rontok
tips
solusi
minyak zaitun
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.