GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
Diri Clinic

Ketahui IPL Rejuvenation Treatment, Cara Kerja dan Fungsinya

Ditinjau oleh dr. Najwa-07 Jun 2024
Ketahui IPL Rejuvenation Treatment, Cara Kerja dan Fungsinya

Kulit sehat dan bercahaya seringkali menjadi dambaan banyak orang. Namun, tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, pigmentasi tidak merata, dan kehilangan elastisitas muncul seiring bertambahnya usia. IPL rejuvenation adalah prosedur non-invasif yang merangsang dan mempromosikan pertumbuhan kolagen, mengurangi kerutan, mengatasi pigmentasi yang tidak diinginkan, dan mengurangi kemerahan.


Dengan teknologi cahaya berintensitas tinggi, IPL rejuvenation dapat memperbaiki tekstur kulit dan memberikan penampilan yang lebih muda dan segar secara keseluruhan. Tertarik melakukan treatment ini? Ketahui terlebih dahulu apa itu IPL rejuvenation, fungsi, dan cara kerjanya berikut ini!


Apa itu ipl rejuvenation?

Intense Pulsed Light (IPL) skin rejuvenation, juga dikenal sebagai IPL photo rejuvenation, adalah perawatan non-invasif (tanpa pembedahan) yang bertujuan untuk memperbaiki kulit dan meningkatkan elastisitasnya dengan merangsang pertumbuhan kolagen dan elastin. IPL mengarahkan energi cahaya ke lapisan kulit yang diperlukan, merangsang penyembuhan kulit dan produksi kolagen.


Perawatan ini efektif untuk berbagai masalah kulit dan penuaan, termasuk pigmentasi, kemerahan akibat rosacea, kulit tidak merata, garis halus, kerutan, pori-pori besar, bekas jerawat, tanda lahir, hiperpigmentasi, melasma, luka bekas operasi, spider veins, stretch mark, kulit rusak akibat sinar matahari, dan kerutan. IPL juga sering digunakan untuk menghilangkan rambut dan tato yang tidak diinginkan. Lakukan IPL rejuvenation secara rutin untuk menjaga kulit tetap muda dan sehat. 


Bagaimana cara kerja IPL rejuvenation? 

IPL skin rejuvenation bekerja dengan mengirimkan kilatan cahaya berintensitas tinggi ke kulit. Cahaya ini diserap oleh sel-sel pigmen dan pembuluh darah di kulit. Ketika sel-sel menyerap cahaya, mereka akan hancur dan tubuh secara alami menghilangkannya. Ini membantu kulit untuk memperbaharui dirinya dan menjadi lebih sehat. Panas dari cahaya juga membuat kulit menghasilkan lebih banyak kolagen, yang membuat tekstur dan penampilan kulit lebih baik.


Selama perawatan, praktisi akan mengatur mesin IPL sesuai dengan masalah yang ingin diatasi, seperti kemerahan atau pigmentasi. IPL bisa digunakan di wajah, leher, atau décolletage. Cahaya ini membantu memecahkan pigmentasi dan membuat kolagen tumbuh lebih banyak, yang mengurangi kemerahan dan membuat kulit lebih kencang. Dengan perawatan teratur, kulit bisa tampak lebih cerah, kencang, dan muda.


Fungsi IPL rejuvenation

Perawatan IPL rejuvenation dapat mengurangi berbagai masalah kulit, seperti kerutan, garis-garis halus, dan hiperpigmentasi. Jika kamu mengalami rosacea atau bekas jerawat, kemerahan yang terkait dengan kondisi tersebut juga dapat dikurangi dengan perawatan IPL.


Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat perawatan IPL rejuvenation lainnya: 

  • Memudarkan pigmentasi dan lesi kulit berpigmen seperti bintik-bintik, bintik penuaan, dan lentigines.
  • Menghancurkan pembuluh darah superfisial, kapiler, dan spider veins, serta lesi vaskular superfisial kecil seperti angioma, bintik Campbell-de-Morgan, strawberry naevi, dan tanda lahir vaskuler kecil.
  • Memudarkan kemerahan dan peradangan akibat rosacea, yang juga dapat mengurangi gejala sensitivitas dan nyeri kulit, flushing, serta mata kering atau gatal.
  • Mengencangkan kulit yang kendur dan mengurangi kerutan halus.
  • Mengurangi rambut yang tidak diinginkan.
  • Meningkatkan penampilan kulit yang rusak akibat sinar matahari, membuatnya lebih halus, kencang, dan bersih.


IPL rejuvenation tidak sesakit perawatan laser atau resurfacing kulit dan waktu pemulihannya relatif singkat. Banyak pasien yang bisa langsung bekerja setelah menjalani treatment ini.


Berapa lama hasil IPL rejuvenation terlihat? 

Waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil dari perawatan bervariasi tergantung pada kondisi kulit dan masalah yang diobati. Biasanya, perubahan pada pigmentasi bisa terlihat dalam beberapa minggu setelah perawatan, tapi untuk hasil terbaik mungkin memerlukan beberapa sesi.


Kemerahan biasanya berkurang dalam beberapa hari setelah perawatan pertama, dan semakin berkurang dengan setiap perawatan berikutnya.


Pertumbuhan kolagen, yang penting untuk kulit yang lebih muda dan sehat, membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 12 minggu. Dengan perawatan IPL secara teratur setiap 4 minggu, hasilnya akan semakin baik karena kolagen baru terus tumbuh dan terjaga.

Tertarik melakukan IPL rejuvenation untuk menyamarkan tanda penuaan dan memaksimalkan penampilan? Sebelum melakukan treatment ini, konsultasikan kondisi kulitmu dengan dokter ahli dari Klinik Diri untuk mendapat saran yang tepat, ya. Coba konsultasi sekarang, yuk!


Sumber: 

https://www.thevictoriancosmeticinstitute.com.au/detail/ipl-skin-rejuvenation/

https://www.webmd.com/beauty/intense-pulsed-light-treatment-overview 

https://www.spotcheck.clinic/info/what-is-ipl-skin-rejuvenation

https://www.medicalnewstoday.com/articles/ipl-treatment#uses



banner-artikel
Tag:
jerawat
tekstur kulit
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.