GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Tips Merawat Rambut Smoothing agar Awet dan Tetap Sehat

Tim Penulis Diri -02 Jan 2024
Tips Merawat Rambut Smoothing agar Awet dan Tetap Sehat

Apakah kamu sering melakukan smoothing rambut? Smoothing adalah metode yang dilakukan untuk meluruskan dan melemaskan rambut, tanpa mengubah struktur rambut kita. Biasanya, smoothing sering dilakukan oleh orang dengan jenis rambut bergelombang dan ikal. Rambut setelah di-smoothing, akan tampak lurus alami, lembut, berkilau, juga mudah ditata. 


Umumnya, rambut lurus hasil smoothing bisa bertahan antara 3 sampai 6 bulan, tergantung dari jenis dan perawatan rambut. Setelah melewati proses smoothing, rambut tidak boleh dibiarkan tanpa perawatan loh. Ini karena dalam prosesnya, smoothing menggunakan bahan kimia yang mempengaruhi kesehatan rambut. Apalagi jika kamu termasuk orang yang sering di-smoothing, ya.


Nah, supaya rambut smoothing kamu lebih awet dan tetap sehat, yuk simak beberapa tips perawatan rambut yang bisa kamu lakukan!


1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Setelah melakukan treatment smoothing, hindari keramas dalam waktu 3 hari. Supaya obat kimia yang diaplikasikan saat smoothing berhasil membentuk struktur rambut kamu menjadi lurus. Selanjutnya, usahakan juga untuk tidak keramas terlalu sering.  Buat kamu yang tidak terlalu aktif dan banyak beraktivitas di luar ruangan, keramaslah hanya saat diperlukan. Misalnya ketika rambut terasa kotor atau berminyak. Penggunaan shampo dan kondisioner yang sesuai untuk rambut yang telah di-smoothing juga sangat penting.


2. Gunakan Shampo Khusus Smoothing

Pilihlah shampo yang dirancang khusus untuk rambut setelah smoothing. Tidak hanya berfungsi untuk mempertahankan hasil smoothing, tapi juga memaksimalkan perlindungan rambut.  Kamu bisa mencari shampo yang mengandung bahan-bahan yang melembabkan dan melembutkan rambut, seperti minyak argan, minyak kelapa, atau keratin. Keratin adalah protein alami yang berfungsi membentuk jaringan rambut, kuku, dan lapisan luar kulit. Keratin akan menjaga rambut untuk tetap sehat, mudah diatur, kuat, dan berkilau.


3. Gunakan Hair Mask dan Vitamin secara Berkala

Selanjutnya, gunakanlah masker rambut (hair mask) dan vitamin rambut secara rutin. Rambut yang habis diberi bahan kimia dan alat pemanas butuh kelembaban ekstra. Nah, hair mask dan vitamin rambut yang kaya akan nutrisi, bisa membantu memberikan kelembaban pada rambut. Kamu bisa melakukan perawatan setidaknya seminggu sekali atau sesuai kebutuhan untuk menjaga kelembutan dan kehalusan rambut.


4. Hindari Menggunakan Hair Styling Tools

Proses smoothing dilakukan dengan memberi bahan kimia ke rambut, lalu rambut akan diluruskan menggunakan flat iron yang sangat panas. Inilah mengapa, setelah smoothing, kamu harus menghindari penggunaan alat-alat styling rambut yang lain, seperti catokan, curling iron, atau blow dry, karena sama-sama memberikan suhu panas pada rambut. Tentu saja, hal ini bisa memicu dehidrasi rambut, dan membuat rambut mudah rapuh, patah, rusak, serta hasil smoothing tidak bertahan lama.  


5. Hindari Produk yang Mengandung Alkohol

Kamu tahu nggak, produk perawatan rambut yang mengandung alkohol, itu bisa membuat rambut menjadi super kering loh. Ini karena, alkohol dapat mengurangi dan menghilangkan kelembaban rambut. 

Jenis alkohol yang ada pada kemasan produk perawatan rambut, biasanya ditulis ethanol, SD alcohol, SD alcohol 40, denatured alcohol, propanol, propyl alcohol, dan isopropyl alcohol. So, kalau kamu punya shampo dengan salah satu bahan di atas, yuk ganti dulu dengan produk yang lebih alami.


6. Potong Ujung Rambut secara Berkala

Salah satu efek smoothing rambut adalah timbulnya cabang pada ujung rambut. Ini terjadi karena penggunaan bahan kimia yang memang cukup merusak batang rambut. Untuk mencegah hal itu, selain melakukan perawatan seperti tips-tips sebelumnya, kamu juga bisa melakukan trimming, atau memotong bagian ujung rambut. Trimming bisa dilakukan setidaknya 6-8 minggu sekali. Ingat ya, rambut bercabang itu tidak sehat, dan akan menghambat pertumbuhan rambut kamu.


7. Lindungi dari Sinar Matahari Berlebih

Setelah smoothing, dan kamu berencana pergi ke luar rumah, jangan lupa untuk mengaplikasikan produk pelindung rambut yang mengandung SPF. Kamu juga bisa memakai topi atau syal agar rambut kamu tidak terpapar sinar matahari langsung. Ini membantu mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV dan faktor lingkungan lainnya.


8. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Hindari mengikat rambut, jika tidak begitu diperlukan. Sebab, rambut yang terikat atau tersanggul berpotensi mengubah bentuk rambut sehabis di-smoothing. Apalagi jika kamu mengikatnya cukup kencang. Jangan sampai hasil proses smoothing kamu jadi sia-sia, ya!


9. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Tips merawat rambut smoothing lainnya supaya tetap awet adalah dengan memilih bentuk sisir dengan gerigi besar dan jarang. Hal ini membantu rambut tetap lurus, menghindari kusut, dan kerontokan.


10. Tidur dengan Sarung Bantal Berbahan Halus

Ternyata, sarung bantal juga bisa menjadi faktor penyebab hasil smoothing kamu nggak bertahan lama, loh. Sarung bantal katun yang cenderung kasar, berpotensi membuat rambut menjadi kusut setelah bangun tidur. Oleh karena itu, kamu bisa memilih sarung bantal dengan bahan yang lebih lembut nih, contohnya sutra yang licin. Selain itu, perhatikan juga posisi tidur kamu. Kamu bisa mengatur rambut ke atas bantal, supaya tidak tertindih badan dan bergesekan. 


11. Konsultasikan dengan Ahlinya

Terakhir, selalu konsultasikan dengan penata rambut atau dokter ahli mengenai tips menjaga kesehatan rambut setelah melakukan proses smoothing, ya. Mereka pasti lebih tau mengenai rekomendasi produk-produk perawatan rambut yang aman dan sesuai dengan kondisi rambut kamu.


Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut smoothing agar awet dan tetap sehat. Memperhatikan tips-tips ini, akan membantu menjaga keindahan rambut kamu yang telah di-smoothing, serta mempertahankan kesehatan dan kelembutan rambut dalam jangka panjang.


Kalau kamu butuh konsultasi lebih lanjut mengenai smoothing dan produk hair care yang tepat dengan ahlinya, kamu bisa download aplikasi Diri Care. Karena rambut itu mahkota wanita, so jagalah agar tetap bersinar~  


Referensi:

https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/hair-care-tips-advice/8-tips-merawat-rambut-tetap-sehat-dan-lembut-setelah-smoothing.html

https://www.allthingshair.com/id-id/perawatan-rambut/perawatan-rambut-khusus/perawatan-setelah-smoothing-rambut/

https://www.orami.co.id/magazine/cara-merawat-rambut-smoothing

banner-artikel
Tag:
tips
rambut lurus
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.