GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
Diri Clinic

Facial Anti Aging: Pengertian, Manfaat & Prosedur Perawatannya

Ditinjau oleh dr. Ghea-02 Apr 2024
Facial Anti Aging: Pengertian, Manfaat & Prosedur Perawatannya

Apakah kamu mulai melihat kemunculan tanda-tanda penuaan dini pada wajah? Memasuki usia di atas 30 tahun, biasanya tanda-tanda penuaan akan semakin terlihat jelas. Tanda yang paling terlihat seperti kerutan pada kulit, kulit yang kendur dan turun, hingga bintik-bintik hitam pada kulit. Nah, untuk mengurangi masalah ini, kamu perlu melakukan facial anti aging treatment.


Perawatan facial anti aging biasanya dilakukan pada bagian tubuh yang paling rentan terhadap tanda-tanda awal penuaan, seperti wajah, leher, dan tangan. Apa aja manfaat dari perawatan ini dan seperti apa prosedurnya? Mari kita bahas!


Apa Itu Facial Anti Aging?

Facial anti-aging adalah proses atau rangkaian perawatan yang bertujuan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah, seperti garis halus, kerutan, kehilangan kekenyalan kulit, dan penampilan kulit yang kusam. Perawatan ini bisa dilakukan dengan berbagai metode, termasuk menggunakan produk perawatan kulit, teknologi medis, atau campuran dari keduanya.


Manfaat Facial Anti Aging Treatment

Facial anti-aging treatment memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, muda, dan berkilau. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari perawatan tersebut.

1. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Perawatan anti-aging menggunakan berbagai produk dan teknik untuk mengurangi penampilan garis halus dan kerutan di wajah. Produk seperti krim atau serum mengandung bahan-bahan seperti retinol, peptida, atau asam hialuronat yang dapat merangsang produksi kolagen, menghaluskan kulit, dan mengurangi garis-garis halus.

Teknik medis seperti terapi laser atau injeksi botox juga efektif dalam mengurangi kerutan. Terapi laser merangsang pertumbuhan kolagen baru dan menghaluskan kulit, sementara botox menghentikan kontraksi otot-otot tertentu yang menyebabkan garis-garis ekspresi.


2. Meningkatkan Kekenyalan Kulit

Kekencangan kulit terkait erat dengan produksi kolagen dan elastin. Produk dan teknik perawatan anti-aging merangsang produksi kedua protein ini, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan elastis.

Penggunaan produk yang mengandung peptida atau asam hialuronat dapat membantu meningkatkan kekenyalan kulit dengan mengikat air dan meningkatkan volume kulit.


3. Meremajakan Kulit

Perawatan anti-aging merangsang regenerasi sel-sel kulit baru dan meningkatkan sirkulasi darah ke permukaan kulit. Ini membantu mengganti sel-sel kulit yang mati dengan yang baru, sehingga kulit terlihat lebih cerah, segar, dan bercahaya.

Terapi mikrodermabrasi adalah salah satu teknik yang membantu meremajakan kulit dengan mengikis lapisan atas kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.


4. Menghilangkan Noda dan Hiperpigmentasi

Terapi laser dan peeling kimia adalah beberapa teknik perawatan yang efektif untuk mengurangi noda dan hiperpigmentasi pada kulit. Ini bekerja dengan menghilangkan lapisan kulit yang rusak dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan pemutih seperti vitamin C atau asam kojik juga dapat membantu memudarkan noda dan hiperpigmentasi.


5. Menghidrasi dan Menutrisi Kulit

Produk perawatan kulit anti-aging kaya akan bahan-bahan yang membantu menghidrasi dan menutrisi kulit, seperti asam hialuronat, vitamin, dan antioksidan. Ini membantu menjaga kulit tetap lembap, sehat, dan terlindungi dari kerusakan lingkungan. Penggunaan pelembap yang cocok untuk jenis kulit juga penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat.


6. Meningkatkan Tekstur Kulit

Facial anti-aging treatment membantu meningkatkan tekstur kulit dengan menghaluskan permukaan kulit, mengurangi pori-pori yang membesar, dan menghilangkan bekas luka atau kerusakan kulit lainnya.

Terapi mikrodermabrasi dan penggunaan produk eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.


7. Mengurangi Kemerahan dan Peradangan

Perawatan anti-aging dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit dengan menggunakan bahan-bahan yang memiliki sifat antiinflamasi dan menenangkan, seperti aloe vera atau ekstrak chamomile.

Penggunaan produk perawatan yang cocok untuk kulit sensitif juga dapat membantu mengurangi iritasi dan peradangan. Terapi cahaya LED juga telah terbukti efektif dalam mengurangi peradangan pada kulit.


Prosedur Perawatan Facial Anti Aging Treatment

Berikut adalah beberapa prosedur yang umum dilakukan dalam facial anti-aging treatment beserta penjelasannya.


1. Pembersihan Kulit (Cleansing)

Langkah pertama dalam facial anti-aging adalah membersihkan kulit dengan lembut untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup. Ini dilakukan dengan menggunakan pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit kamu.


2. Eksfoliasi (Exfoliation)

Setelah kulit bersih, langkah selanjutnya adalah eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Eksfoliasi dapat dilakukan menggunakan scrub wajah atau produk kimia seperti peeling enzimatik atau peeling kimia. Ini membantu merangsang regenerasi sel-sel kulit baru dan meningkatkan tekstur kulit.


3. Ekstraksi (Extraction)

Jika diperlukan, dokter atau perawat dapat melakukan ekstraksi untuk menghilangkan komedo atau jerawat yang tersumbat. Ini biasanya dilakukan setelah eksfoliasi ketika pori-pori terbuka dan kulit lebih mudah diekstraksi.


4. Pijatan Wajah (Facial Massage)

Pijatan wajah dilakukan untuk meningkatkan sirkulasi darah, merilekskan otot-otot wajah, dan meningkatkan penyerapan produk. Teknik pijatan yang digunakan bisa bervariasi, tetapi umumnya melibatkan gerakan lembut dan ritmis di seluruh wajah dan leher.


5. Masker Wajah (Facial Mask)

Setelah pijatan, masker wajah diterapkan untuk memberikan nutrisi tambahan dan memperbaiki kondisi kulit. Masker bisa berupa masker pelembap, masker anti-aging, atau masker yang mengandung bahan-bahan khusus seperti kolagen, vitamin, atau antioksidan.


6. Aplikasi Serum dan Pelembap (Serum and Moisturizer Application)

Setelah masker, perawat akan mengaplikasikan serum konsentrasi tinggi dan pelembap yang cocok untuk jenis kulit kamu. Serum sering mengandung bahan-bahan anti-aging seperti retinol, peptida, atau asam hialuronat, sementara pelembap membantu menjaga kulit tetap lembap dan terlindungi.


7. Perlindungan Matahari (Sun Protection)

Terakhir, facial anti-aging biasanya diakhiri dengan aplikasi tabir surya atau krim matahari untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Ini penting untuk mencegah penuaan kulit lebih lanjut dan menjaga hasil perawatan yang sudah dilakukan.


Dengan menggabungkan berbagai produk dan teknik facial anti-aging, kamu dapat mencapai kulit yang lebih muda, sehat, dan bercahaya. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan ahli perawatan kulit atau dokter kulit di Klinik Diri untuk menentukan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit.

 

Sumber:

https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/anti-aging-adalah-perawatan-kulit-yang-wajib-dilakukan-simak-tipsnya-di-sini

https://www.theaestheticsskin.com/jurnal/cegah-penuaan-dini-dengan-treatment-wajah-facial-anti-aging

https://www.halodoc.com/kesehatan/anti-aging



Tag:
anti aging
facial wash
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.