GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Kapan Waktu yang Tepat Memakai Kondisioner Rambut? Ikuti Cara Ini agar Tak Merusak Rambut!

Ditinjau ole dr. Elita M-23 Nov 2022
tips memakai kondisioner

Meski terkesan remeh, siapa sangka ternyata kondisioner punya peran yang cukup penting untuk menjaga kesehatan rambut. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum tahu cara tepat memakai kondisioner. Keluhan seperti rambut lepek dan ketombe kerap terjadi karena pemakaian kondisioner yang salah. Lantas bagaimana cara memakai kondisioner yang benar dan kapan waktu yang tepat memakai kondisioner? Yuk, cari tahu lebih lengkap informasi mengenai kondisioner melalui artikel berikut.


Kegunaan Kondisioner untuk Rambut

Masih banyak yang belum memahami kegunaan dan peran penting pemakaian kondisioner pada rambut. Orang-orang pun jadi berpikir ketika keramas cukup memakai shampo saja. Padahal cuma memakai shampo saja tidak cukup. Rambut memerlukan banyak nutrisi agar tetap sehat dan nutrisi tersebut tidak bisa didapat dari shampo, melainkan dari kondisioner.


Shampo dan kondisioner mengandung formula yang berbeda, sehingga keduanya memiliki fungsi yang berbeda pula. Formula shampo khusus didesain untuk membersihkan kulit kepala dari keringat, debu, kotoran, sel kulit mati, dan sebum.


Dikarenakan fungsi shampo untuk membasmi segala bentuk kotoran di kulit kepala, sebagian besar shampo terbuat dari senyawa kimia. Akibatnya, folikel rambut bisa rusak jika menggunakan shampo terlalu sering atau terlalu banyak. Lalu, jika tak dibarengi dengan pemakaian kondisioner setelah keramas, rambut juga berpotensi kering, kusut, mengembang, dan sulit diatur.


Sementara itu, kondisioner mengandung minyak, alkohol lemak, dan bahan-bahan lain yang bersifat humektan. Fungsinya untuk mengembalikan kelembaban rambut setelah keramas, sehingga rambut lebih lembut, mudah diatur, dan kuat.


Selain itu, berbagai produk kondisioner juga menyampurkan berbagai senyawa yang dapat bekerja sebagai protein. Lalu, protein tersebut bekerja untuk memperbaiki rambut dari berbagai kerusakan, seperti rambut rontok, ujung rambut bercabang, rambut kusut, batang rambut kering, dan lainnya.


Siapa Sajakah yang Bisa Memakai Kondisioner?

Tidak peduli memiliki rambut pendek atau panjang, semua orang yang keramas bisa memakai kondisioner. Sebab, hanya kondisioner-lah yang dapat mengembalikan kelembaban alami rambut yang telah diambil shampo. Dengan memakai kondisioner berbagai keluhan rambut bisa terhindar.


Kondisioner sangat disarankan untuk orang yang memiliki rambut kering dan bercabang. Apalagi jika rambut kering tersebut akibat terlalu sering diwarnai dan sering ditata dengan catok dan hair dryer.


Pemilik rambut keriting dan bergelombang pun ikut disarankan rutin memakai kondisioner pada rambut, karena rambut yang bertekstur cenderung sulit diatur, sering mengembang, dan mudah kusut.


Tips Menggunakan Kondisioner Rambut yang Benar

Saat ini berbagai produk kondisioner sudah tersedia di toko-toko terdekat. Dari banyaknya pilihan itu, kamu bisa memilih formulasi kondisioner yang tepat untukmu dan tentunya sesuai dengan keluhan rambut serta jenis rambutmu.


Setelah mendapatkan kondisioner yang tepat, saatnya kamu mengaplikasikannya di rambut sehabis keramas. Berikut ini langkah-langkah memakai kondisioner yang benar agar rambutmu tidak rusak.

  1. Bilas rambut sampai semua busa shampo meluruh dan benar-benar bersih.
  2. Pakai kondisioner secukupnya tepat setelah kamu membilas rambut.
  3. Sesuaikan banyaknya kondisioner dengan ketebalan dan panjang rambut.
  4. Usapkan dahulu di telapak tangan, baru aplikasikan ke batang rambut. Kamu hanya boleh mengaplikasikan kondisioner di batang rambut. Jangan sekali-sekali mengoleskannya di kulit kepala karena bisa menyebabkan produksi sebum berlebih dan ketombe.
  5. Sembari meratakan kondisioner ke seluruh batang rambut, sisir rambutmu menggunakan jari dari pertengahan batang rambut hingga ujung agar kerja kondisioner lebih maksimal.
  6. Setelah itu, diamkan sejenak dan biarkan kondisioner bekerja menutrisi rambutmu. Waktu yang diperlukan bisa berbeda-beda tergantung produknya, tetapi umumnya kondisioner cukup dibiarkan selama satu menit saja.
  7. Ketika waktu sudah habis, kamu bisa membilas kondisioner sampai bersih.


Cara Memakai Kondisioner Rambut Tanpa Bilas dengan Benar

Saat ini kondisioner sudah mengalami banyak perkembangan. Beberapa brand mulai mengeluarkan produk kondisioner super praktis yang bisa dipakai tepat setelah keramas tanpa perlu membilasnya. Sayangnya banyak orang yang masih salah dalam pemakaiannya, sehingga rambut mereka jadi bermasalah. Supaya tidak mengulang kesalahan lagi, yuk ikuti cara memakai kondisioner tanpa bilas seperti berikut.


  1. Sehabis keramas, langsung keringkan rambut secara perlahan dengan handuk yang lembut. Gunanya untuk menyingkirkan air yang membasahi rambut.
  2. Ketika rambut sudah dalam keadaan setengah kering, keluarkan krim kondisioner secukupnya ke telapak tangan dan ratakan.
  3. Ketika krim kondisioner sudah tersebar merata di telapak tangan, aplikasikan mulai dari pertengahan batang rambut sampai ke ujung rambut.
  4. Sesekali sisir rambut menggunakan jemarimu untuk memastikan kondisioner sudah tersebar merata dan dapat bekerja maksimal.
  5. Tunggu rambut hingga mengering alami, setelah itu kamu bisa menata rambut sesuai keinginan.


Efek Samping Pemakaian Kondisioner yang Kurang Tepat

Pemakaian kondisioner untuk rambut sudah dipastikan aman. Meski begitu tetap ada beberapa efek samping yang mungkin dirasakan jika pemakaiannya tidak tepat. Apa sajakah efek samping kondisioner pada rambut?

  1. Rambut bisa mudah berketombe dan berminyak jika memakai kondisioner di kulit kepala.
  2. Orang yang punya tipe kulit acne prone harus berhati-hati dan memastikan tidak ada produk kondisioner yang jatuh ke wajah karena bisa memperparah jerawat.
  3. Walau jarang terjadi, harus tetap waspada jika muncul indikasi respon alergi pada kulit kepala. Bila tanda-tanda iritasi seperti gatal, ada rasa panas dan terbakar, kulit memerah, harus konsultasi segera ke dokter terdekat.


Demikian ulasan singkat tentang cara memakai kondisioner yang benar dan kapan waktu yang tepat memakai kondisioner. Rambut adalah mahkota kepala yang patut dijaga dan dirawat sepenuh hati. Jangan sampai keluhan seperti ketombe dan rambut lepek menutupi keindahan rambutmu.


Jika kamu merasakan keluhan rambut dan kulit kepala yang tak membaik, cepat konsultasikan ke dokter di Diri Care sebelum terlambat. Dengan tiga langkah mudah saja, kamu bisa langsung konsultasi gratis secara online dan dokter akan merekomendasikan produk untukmu. Yuk, mulai sekarang!


Sumber:

https://www.healthline.com/health/how-to-use-hair-conditioner#precautions 

https://www.allure.com/story/what-does-a-conditioner-do-why-should-you-use-it

banner-artikel
Tag:
solusi
tips
ketombe
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.