GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
Diri Clinic

Treatment Subsisi: Perawatan untuk Samarkan Bopeng di Wajah

Ditinjau oleh dr. Najwa-03 Jun 2024
Treatment Subsisi: Perawatan untuk Samarkan Bopeng di Wajah

Jerawat dan bekas jerawat merupakan masalah kulit yang umum dan sering dialami, baik pria maupun wanita. Bekas jerawat berupa noda dapat hilang dengan bantuan produk perawatan kulit, namun berbeda dengan bekas jerawat berupa bopeng. Bopeng membuat kulit wajah menjadi tidak rata dan sulit ditutup bahkan dengan makeup. Kondisi ini mungkin menurunkan rasa percaya diri. Kamu bisa melakukan perawatan kulit subsisi untuk menyamarkan bopeng. Apa itu treatment subsisi? Mari simak informasinya berikut ini!


Apa itu treatment subsisi?

Treatment subsisi adalah prosedur medis yang digunakan untuk mengatasi bekas luka cekung, seperti bekas jerawat yang dalam atau bopeng. Subsisi dilakukan dengan menggunakan jarum hipodermik khusus yang dimasukkan melalui tusukan di permukaan kulit. Ujung tajam jarum digunakan untuk memutuskan serat fibrotik yang mengikat bekas luka ke jaringan di bawahnya.


Dengan memotong jaringan ikat, kulit bisa naik kembali ke permukaan, menjadi lebih rata dan bopeng terlihat lebih samar. Treatment subsisi tidak hanya membantu mengangkat bekas luka cekung seperti bopeng saja, tapi juga merangsang pelepasan kolagen pada area yang dirawat. Pengangkatan bekas luka dan peningkatan kolagen dapat mengurangi bekas bopeng.


Kapan subsisi perlu dilakukan?

Keputusan untuk melakukan subsisi bergantung pada jenis, lokasi, dan keparahan bekas luka; preferensi dan harapan pasien; serta pengalaman dan harapan dokter. Treatment subsisi dapat digunakan untuk mengobati beberapa kondisi kulit berikut: 

  • Kulit bopeng akibat jerawat, trauma, atau operasi
  • Bekas luka akibat cacar air
  • Cangkok kulit yang tertekan
  • Kerutan dan selulit. 

Manfaat treatment subsisi

Manfaat utama dari treatment subsisi adalah menghilangkan bekas luka cekung seperti bopeng bekas jerawat. Tidak hanya itu, terdapat manfaat lainnya sebagai berikut: 

  • Menghilangkan bekas bopeng atau luka cekung, keriput, dan selulit
  • Memperbaiki tekstur kulit
  • Merangsang produksi kolagen yang membantu memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit di sekitar bekas luka. 
  • Meningkatkan percaya diri, bopeng yang samar dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membuat makeup lebih flawless

Berapa kali treatment subsisi agar bopeng hilang?

Dilansir dari Healthline, subsisi biasanya dilakukan tiga hingga enam kali dengan jeda minimal 4 minggu (1 bulan) di antara setiap sesi. Treatment ini dilakukan oleh dokter kulit atau profesional medis terlatih dan sering digabungkan dengan perawatan lain untuk hasil yang lebih optimal.


Setelah treatment, akan muncul rasa sakit atau pembengkakan pada area yang disuntik. Biasanya, rasa sakit dan memar memerlukan satu hingga dua minggu untuk sembuh. Dokter juga mungkin meresepkan antibiotik atau anti inflamasi untuk membantu proses penyembuhan.


Efek samping treatment subsisi

Seperti prosedur bedah lainnya, ada efek samping atau risiko yang perlu kamu ketahui. Risiko utama subsisi adalah terbentuknya memar. Bisa juga terjadi pendarahan dan hematoma jika darah terjebak di bawah kulit. Selain itu, mati rasa sementara di area yang diobati merupakan hal umum dan dapat berlangsung selama 2-4 bulan.


Efek samping lainnya yang jarang terjadi adalah:

  • Kerusakan saraf yang menyebabkan kelemahan otot – komplikasi subsisi yang jarang terjadi.
  • Infeksi, biasanya muncul sebagai papula atau pustula akne lokal.
  • Bekas luka dapat terjadi akibat subsisi, dengan bekas luka hipertrofik atau keloid (bekas luka merah dan bengkak atau dalam) berkembang di tempat masuk dan di area subsisi.
  • Mungkin ada perubahan warna di area yang di-subsisi.
  • Pembengkakan dan limfedema yang terus-menerus.
  • Terkadang, di bawah kulit bisa muncul satu atau beberapa benjolan. Ini disebut nodul kolagen. Biasanya, benjolan ini hilang dengan sendirinya seiring waktu atau bisa dihilangkan dengan pijatan lembut. Namun, jika benjolan muncul karena peradangan dan mungkin memerlukan suntikan steroid untuk meredakan peradangan tersebut.

Nah, itulah pembahasan mengenai treatment subsisi yang dapat menyamarkan bopeng bekas jerawat. Apakah kamu tertarik melakukannya? Jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahlinya untuk mengetahui kondisi bopeng dan efek samping yang mungkin timbul. Karena treatment subsisi tidak cocok untuk semua jenis bekas jerawat. Misalnya, treatment ini tidak efektif untuk mengobati bekas luka terangkat dan keloid.


Konsultasikan masalah jerawat, bekas jerawat, atau treatment untuk menghilangkan bekas jerawat bersama dokter terbaik dari Klinik Diri. Coba konsultasi sekarang, yuk!

 

Sumber: 

https://www.dermasurge.co.uk/medical-dermatology/subcision-for-acne-scarring/

https://www.healthline.com/health/subcision

https://dermnetnz.org/topics/subcision

https://www.midlandskin.co.uk/treatments/subcision/



banner-artikel
Tag:
peremajaan kulit
jenis kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.