GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Cara Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya, Langkah Ini Paling Tepat!

Ditinjau oleh: dr. Flora F.-12 Mei 2023
Basmi Kutu Rambut dan Telurnya Diricare

Setiap orang berpotensi dihinggapi kutu rambut, karena penyebab kutu rambut bukan karena tidak menjaga kebersihan. Kutu rambut cukup mengganggu, memang. Namun jika mengalaminya, Anda dapat melakukan cara membasmi kutu rambut secara tepat tanpa menimbulkan rasa sakit.


Berdasarkan asal-usulnya, kutu rambut atau Pediculus humanus capitis, merupakan parasit serangga yang bisa menyebar dengan mudah. Pada dasarnya tidak berbahaya, namun terasa gatal ketika mereka menyerap darah pada kulit kepala, seperti halnya digigit nyamuk. Nah, ruang hidupnya hanya di kulit kepala, karena sumber makanan mereka adalah darah manusia. Hewan parasit ini tak bisa terbang, bahkan untuk bertahan hidup mereka menempel pada helai rambut ketika pemilik kulit kepala mengguyur kepalanya dengan air.


Menurut temuan studi yang dilansir dalam Journal of Parasitology, kutu pada kulit kepala atau helai rambut berbeda dengan kutu tubuh. Meskipun dalam satu spesies yang hidup dari 100.000 tahun yang lalu, cukup lama sekali bukan? Kutu rambut ditularkan dari satu inang ke inang lain melalui kontak dekat tetapi terjadi dengan sangat cepat karena mereka tak dapat hidup sehari tanpa makanan.


Bagaimana kutu rambut menyebar?

Kutu bergerak merayap karena mereka tidak memiliki sayap. Namun mereka bisa bergerak sangat cepat sehingga bisa dengan mudah menyebar atau menular dari satu orang ke orang lain. Bahkan seseorang sulit sekali mencegah tidak terhinggapi kutu rambut apabila orang di sekitarnya dihinggapi kutu rambut.


Kutu rambut dapat menyebar melalui barang-barang pribadi. Maka biar tak terkena, perlu memastikan bahwa topi, helm, syal tidak boleh dipakai bersama. Bahkan sisir, ikat rambut, jepit rambut, juga tidak boleh dipakai bersama. The American Academy of Dermatology memperkirakan setiap tahun sejumlah 6-12 juta anak-anak berusia antara 3 hingga 12 tahun mendapatkan kutu kepala. Ini berarti bukan tak mungkin orang-orang terdekat dari anak-anak juga mengalami kutu rambut.


Gatal berlebihan dan merasakan ada sensasi menggelitik di kulit kepala merupakan dua gejala terdapat kutu pada kepala. Selain itu, gatal bisa memicu timbulnya benjolan atau iritasi pada kulit kepala. Terkena kutu rambut bisa juga diidentifikasi dengan adanya titik kuning atau cokelat pada batang helai rambut, yang adalah telur kutu.


Tak perlu risau apabila mengalami kutu rambut. Karena terdapat banyak cara membasmi kutu rambut dan telurnya, baik secara alami yang dilakukan di rumah hingga melakukan anjuran ahli yang berpengalaman seperti penjelasan berikut ini.


Cara membasmi kutu rambut dan telurnya

Cara membasmi kutu rambut secara alami, mungkin membutuhkan banyak waktu dan perlu dilakukan sering. Apabila mengambil langkah pengobatan yang diformulasikan khusus, simak langkah-langkahnya di bawah ini ya.


1. Menyisir rambut ketika masih basah

Dengan menyisir rambut ketika masih basah, atau setelah keramas, bisa membantu menghilangkan kutu dan beberapa telur kutu. Tetapi cara membasmi kutu secara alami ini, efeknya akan bervariasi. Supaya lebih efektif, disarankan untuk melumasi rambut dengan kondisioner atau minyak zaitun terlebih dahulu. Kemudian kenakan sisir bergigi rapat untuk menyisir dari kulit kepala hingga ujung rambut minimal dua kali selama satu sesi. Langkah ini harus diulang tiga hingga empat kali sehari setidaknya selama dua minggu sampai tak ditemukan lagi kutu beserta telurnya.


2. Mengaplikasikan minyak esensial

Sebuah studi klinis dilansir laman Mayo Clinic, menunjukkan bahwa sejumlah minyak esensial dari tumbuhan dapat membasmi kutu. Minyak esensial yang bisa diaplikasikan untuk mengatasi kutu rambut, antara lain tea tree oil, minyak adas manis, dan minyak kenanga. Tetapi efektivitasnya bersifat relatif, sehingga perlu mencoba langkah lain jika tak berkurang meski telah mengaplikasikan selama 7-9 hari.


3. Memakai petroleum jelly

Petroleum jelly biasanya dipakai untuk melembapkan. Terdapat berbagai komposisi dalam beberapa produk petroleum jelly, mulai dari bahan alami, sintetis, dan turunan. Namun sayangnya, ketika menggunakan cara ini, kamu perlu membilas rambut Anda berkali-kali untuk menghilangkan minyak yang menempel di kulit kepala serta helai rambut.


4. Virgin coconut oil

Minyak kelapa murni atau yang dikenal dengan virgin coconut oil, menurut studi tahun 2010 di Brasil dibuktikan lebih efektif membasmi kutu daripada minyak kelapa biasa. Ketika memakainya, oleskan pada kulit kepala hingga helai rambut kemudian diamkan selama 4 jam. Penelitian menemukan, dengan cara tersebut, sebanyak 80 persen kutu dan telurnya mati.


5. Tea tree oil dan minyak lavender

Dengan mencampurkan minyak pohon teh atau tea tree oil dan minyak lavender, sebuah studi membuktikan keefektifannya membasmi kutu. Penelitian ini melibatkan 42 orang peserta yang diminta untuk mengaplikasikan campuran kedua minyak tersebut. Selama tiga kali pemakaian dalam interval mingguan, sebanyak 41 peserta melaporkan tidak memiliki kutu rambut lagi.


6. Pakai pengobatan anti kutu

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara membasmi kutu dan telurnya secara alami membutuhkan waktu yang panjang serta perlu konsisten. Berbeda dengan memakai pengobatan anti kutu yang telah diformulasikan secara klinis dan pemakaiannya dibimbing oleh tim ahli berpengalaman di Diri. Cara membasmi kutu dan telurnya yang ini, memakai dua pengobatan, yaitu Peditox dan Cream yang tercakup dalam paket produk Custom Hair Topical Treatment.


Keuntungan memakai produk ini, perawatan bisa membasmi kutu secara cepat dan tepat dengan 100 persen medical grade. Bahan kandungan Permethrine disesuaikan dengan kondisi kulit kepala dan keluhanmu. Selain itu, dokter akan mendampingi dalam memformulasi paket perawatan rambut yang tepat.


Dari kedelapan cara membasmi kutu di atas, mana langkah yang akan kamu ambil? Tentu kamu memilih yang paling efektif. Nah, sebagai saran penutup, setidaknya perlu konsisten memakai satu cara baik secara alami atau memakai pengobatan untuk membasmi kutu dan telurnya. Setidaknya, lakukan dulu perawatan selama 7-10 hari kemudian mengevaluasi hasilnya. Semoga membantu ya!

 

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/head-lice/diagnosis-treatment/drc-20356186#:~:text=Combing%20wet%20hair%20with%20a,least%20twice%20during%20a%20session 

https://www.healthline.com/health/lice/how-to-kill-head-lice#home-remedies

https://www.healthline.com/health/lice-how-do-you-get-lice?utm_source=ReadNext

https://www.medicalnewstoday.com/articles/325844

Tag:
kutu rambut
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.