GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Mengenali Kutu Rambut dan Cara Menghilangkannya

dr. Flora F.-17 Sep 2022
artikel kutu rambut diricare.com

Meskipun kutu rambut paling mudah menjangkiti anak-anak, tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun dapat mengalami hal ini. Gejala utama yang ditimbulkan adalah gatal pada kulit kepala sehingga terasa sangat tidak nyaman dan muncul kebiasaan menggaruk kepala tanpa disadari. Selain itu penyakit ini juga dapat mempengaruhi kondisi psikologis karena rasa malu kepada orang di sekitarnya. 


Bagaimana seseorang dapat terjangkit kutu rambut?

Kutu rambut dapat hidup pada semua tipe rambut, baik keriting, lurus, diwarnai, maupun alami. Kutu rambut tidak memandang higienitas seseorang sehingga dapat hidup pada kondisi rambut kotor dan bersih. Kutu rambut tidak bisa melompat sehingga perlu kontak langsung antara dua kepala untuk menularkan penyakit ini. Kemungkinan cara penularan lainnya adalah penggunaan sisir, aksesoris rambut, topi, atau helm bersama dengan penderita. 

Kutu rambut tidak bisa bertahan hidup lebih dari 24 jam di luar kepala manusia karena kebutuhannya akan darah manusia.


Apa yang perlu kamu lakukan bila dirimu atau anggota keluargamu terjangkit kutu rambut?

Segeralah mencuci topi, sarung bantal, dan benda-benda lain yang bersentuhan dengan kepala menggunakan air panas. Namun kamu tidak perlu melakukan desinfeksi untuk seluruh rumah karena penularan kutu rambut dari benda tidak bergerak ke kepala sangat jarang. Hindari kontak erat dengan orang lain sebelum kutu rambut berhasil dihilangkan.

Bila salah satu anggota keluargamu sudah dipastikan memiliki kutu rambut, maka anggota keluarga lain yang tinggal serumah harus segera diperiksakan agar tidak terjadi siklus tular menular di dalam rumah.


Bagaimana bentuk kutu rambut?

Kamu dapat menemukan beberapa fase kutu rambut ketika memeriksa kepala. Terdapat 3 fase yaitu: (1) Telur kutu, mirip seperti ketombe dan terletak dekat dengan akar rambut, berbentuk oval, (2) Nimfa, berwarna putih abu-abu, dan (3) Kutu dewasa yang berwarna gelap dan bergerak dengan cepat, berukuran sekitar 3 mm. Ketiga fase ini harus ditangani sekaligus untuk menuntaskan penyakit kutu rambut ini. Bila kamu tidak menemukan kutu yang berjalan-jalan selama 3 minggu, berarti kamu sudah berhasil membersihkan seluruh kutu rambut di kepala.


Pertimbangkan untuk menghancurkan habitat bagi kutu rambut.

Pada kasus ekstrim, kamu dapat mempertimbangkan memotong rambutmu. Mengingat kutu membutuhkan darah manusia untuk bertahan hidup, maka ketika rambut hilang, kutu rambut pun akan pergi.


Menggunakan produk yang ditargetkan untuk membunuh kutu rambut.

Produk shampoo yang memiliki bahan aktif untuk membunuh kutu rambut dapat ditemukan di supermarket maupun drugstore. Namun karena produk shampoo biasanya tidak dapat mematikan telur kutu, perlu pengaplikasian yang kedua kalinya. Bahan aktif untuk kutu rambut yang dapat kamu temukan di shampoo adalah pyrethrin.


Cara menghilangkan kutu rambut yang dapat dilakukan di rumah:

1. Sisir basah

Kutu dan telurnya dapat dihilangkan dengan sisir basah. Pertama-tama cucilah rambut dengan shampoo biasa, lalu pakai kondisioner yang banyak. Kemudian gunakan sisir serit untuk menyisir seluruh rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Kutu akan lebih mudah terlihat dan tidak mudah kabur ketika rambut basah. Sisir rambut hingga ke area belakang telinga dan dekat leher karena kutu dan telurnya suka berada di area ini. Lakukan hal ini pada hari 1, 5, 9, dan 13 untuk membuang kutu yang baru menetas. Periksa kembali seluruh rambut pada hari ke-17.


2. Obat topikal

Bila kamu sudah melakukan metode sisir basah dalam kurun waktu 17 hari namun masih ditemukan kutu rambut yang hidup, kamu dapat membeli obat luar / topikal untuk diaplikasikan pada rambut. Beberapa bahan aktif yang bermanfaat untuk membunuh kutu adalah permethrin, tea tree oil, minyak kayu putih, dan minyak herbal lavender.

Apabila kamu telah mencoba menggunakan metode sisir basah dan menggunakan produk-produk yang dijual bebas namun belum berhasil mengatasi kutu rambut, kamu dapat melakukan konsultasi online dengan tim dokter Diri untuk mendapat resep obat untuk keluhanmu. Ini karena ada kemungkinan kutu rambut sudah resisten dengan bahan aktif yang terdapat dalam produk-produk tersebut.


Di Diri, kamu pun bisa mendapat resep dan produk kesehatan yang teruji klinis serta dipersonalisasi sesuai kebutuhanmu. Semua akan diantarkan langsung ke rumahmu tanpa perlu ribet. Jadi tunggu apa lagi? Langsung mulai konsultasimu masalah kutu mu di Diri sekarang!

Tag:
shampoo
kutu rambut
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.