GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

12 Manfaat Air Beras untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Ditinjau oleh dr. Winda-04 Jul 2023
manfaat air beras untuk rambut

Air beras, juga dikenal sebagai "air sisa rendaman beras" atau "air cucian beras," telah digunakan secara tradisional di beberapa budaya Asia sebagai salah satu rahasia kecantikan alami untuk rambut yang sehat dan indah. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang kuat, banyak orang percaya bahwa air beras memiliki sifat yang bermanfaat bagi kesehatan dan penampilan rambut. Yuk, kita bahas beberapa manfaat utama air beras untuk rambut dan bagaimana cara penggunaannya agar dapat memberikan perawatan alami yang efektif.


Manfaat Air Beras untuk Rambut

Terdapat beberapa manfaat yang dikaitkan dengan penggunaan air beras untuk rambut. Berikut diantaranya.


1. Menguatkan rambut

Air beras mengandung vitamin B kompleks dan asam amino yang dapat membantu memperkuat akar rambut. Ini dapat mengurangi kerontokan rambut dan membuatnya terlihat lebih kuat dan sehat. Selain itu, rambut juga akan terasa lebih halus dan berkilau jika kamu menggunakan air beras sebagai kondisioner alami. Caranya mudah, basuh rambut dengan air beras sesaat setelah keramas. Kemudian, diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.


2. Menghilangkan ketombe

Kulit kepala dengan pH yang tidak seimbang adalah salah satu penyebab utama munculnya ketombe. Nah, membilas kulit kepala dengan air beras dipercaya cukup efektif untuk menyeimbangkan pH kulit. Sifat anti peradangan dan antioksidan dalam air beras dapat membantu mengurangi peradangan dan ketombe pada kulit kepala. Ini membantu menjaga kulit kepala tetap bersih dan sehat. Cara menggunakannya adalah dengan membilas rambut menggunakan air beras dan tutup kepala dengan topi atau handuk kepala. Kemudian, diamkan selama satu jam sebelum bilas dengan air bersih.


3. Meningkatkan kilau rambut

Air beras memiliki efek penyejuk pada rambut dan membantu menghilangkan kotoran dan residu dari produk rambut yang dapat membuat rambut tampak kusam. Menggunakan air beras sebagai bilasan terakhir setelah keramas dapat memberikan kilau alami pada rambut.


4. Melembapkan rambut

Air beras membantu menjaga kelembapan alami rambut dengan membentuk lapisan pelindung pada helai rambut. Ini mengurangi kekeringan rambut dan membuatnya terasa lebih lembut dan terhidrasi.


5. Meredakan iritasi kulit kepala

Jika kamu memiliki kulit kepala yang sensitif atau iritasi, air beras dapat membantu meredakan gejala tersebut. Sifat antiperadangan dan menyejukannya dapat mengurangi gatal, kemerahan, dan peradangan pada kulit kepala.


6. Mempercepat pertumbuhan rambut

Air beras mengandung vitamin E, yang dikenal dapat merangsang pertumbuhan rambut. Dengan merawat kulit kepala dan menyediakan nutrisi yang diperlukan, air beras dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut.


7. Mengurangi kerusakan rambut

Paparan panas, sinar matahari, dan produk perawatan rambut yang keras dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Air beras membantu melindungi rambut dari kerusakan tersebut dengan membentuk lapisan pelindung yang membantu mencegah kehilangan kelembapan dan menjaga kekuatan rambut.


8. Mengatasi rambut bercabang

Rambut bercabang bisa disebabkan dari kurangnya protein. Air beras bisa digunakan untuk mengatasi rambut bercabang secara almmi karena mengandung banyak protein. Caranya adalah dengan merendam ujung rambut bercabang dalam air beras selama 15 hingga 20 menit. Kemudian, cuci rambut dengan air bersih. Lakukan secara rutin, agar kondisi rambut cepat membaik.


9. Menjaga warna alami rambut

Aktivitas di luar ruangan bisa membuat warna rambut memerah dan terlihat tidak sehat. Nah, para wanita di pedesaan Tiongkok sudah lama menggunakan ramuan air beras untuk merawat rambutnya, loh. Hal ini membuat rambut mereka lebih sehat dan bahkan wanita yang sudah berusia senja juga tidak memiliki uban di rambutnya. Untuk mendapatkan hasil serupa, kamu bisa rutin mencuci rambut dengan air beras hingga setengah mengering, baru bilas dengan air bersih.


10. Membasmi kutu

Sari pati yang ada pada beras bisa membunuh kutu rambut beserta larvanya. Gunakan air beras untuk membilas rambut dan tutup kepala dengan topi atau handuk rambut selama satu jam. Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih.


11. Mengatasi rambut mengembang

Beras memiliki kandungan inositol, yaitu karbohidrat yang bisa membuat elastisitas rambut semakin baik. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan air beras untuk membuat rambut tidak mengembang dan lebih mudah untuk diatur.


12. Mengurangi kusut di rambut keriting

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada rambut keriting adalah kusut dan kering. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan air beras sebagai pelembap rambut yang alami.


Cara Menggunakan Air Beras untuk Rambut

Berikut adalah beberapa cara umum untuk menggunakan air beras dalam perawatan rambut:


1. Bilasan terakhir setelah keramas

Setelah kamu selesai keramas dengan shampoo dan kondisioner biasa, bilas rambut dengan air beras. Pastikan air beras telah didiamkan atau disaring terlebih dahulu. Pijat lembut kulit kepala dengan air beras dan pastikan meratakannya secara merata ke seluruh rambut. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih.


2. Masker rambut

Campurkan air beras dengan bahan-bahan lain seperti minyak kelapa, madu, atau yoghurt untuk membuat masker rambut alami. Aplikasikan campuran ini ke seluruh rambut, dari akar hingga ujung. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa.


3. Semprotan penyegar

Tuangkan air beras ke dalam botol semprot kosong dan semprotkan ke rambut sebagai penyegar sepanjang hari. Ini bisa membantu menjaga kelembapan rambut dan memberikan kilau alami.


4. Perawatan kulit kepala

Jika mengalami ketombe atau iritasi kulit kepala, gunakan air beras sebagai perawatan langsung pada kulit kepala. Oleskan air beras secara langsung ke kulit kepala dengan menggunakan kapas atau bola kapas. Pijat lembut kulit kepala dan biarkan selama beberapa waktu sebelum dibilas dengan air bersih.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan air beras 1 atau 2 kali seminggu. Apabila ada keluhan lain yang muncul setelah penggunaan, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter terpercaya dan berpengalaman di Klinik Diri.

 

Sumber:

https://www.briliobeauty.net/hair/7-manfaat-air-beras-untuk-rambut-dan-cara-penggunaannya-210617m.html

https://www.allthingshair.com/id-id/perawatan-rambut/perawatan-rambut-khusus/manfaat-air-beras-untuk-rambut/

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/manfaat-air-beras-untuk-rambut/ 



banner-artikel
Tag:
tips
rambut kusut
rambut lepek
rambut bercabang
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.