GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

6 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Cara Memakainya Mudah Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Elita M.-19 Jun 2022
Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Diricare

Merawat rambut dengan bahan alami, bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Kamu bisa memanfaatkan lidah buaya untuk rambut, yang mana telah dibuktikan menurut penelitian maupun berdasarkan pengalaman banyak orang dalam merawat rambut. Lidah buaya, seperti yang dikenal secara luas tidak hanya baik untuk rambut. Tetapi juga baik untuk kesehatan fisik maupun untuk perawatan wajah. Tertarik untuk mengenal khasiat lidah buaya lebih mendalam? Ini penjelasan lengkapnya.


Manfaat lidah buaya untuk rambut

Lidah buaya merupakan spesies tanaman sukulen yang memiliki genus Aloe. Terdapat sekitar 500 spesies dari tanaman ini yang tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Termasuk tanaman perennial sehingga bisa tumbuh dan berkembang lebih dari dua tahun. Bisa juga tumbuh liar di kawasan tropis, semi tropis, daerah kering.


Struktur tanaman lidah buaya, bentuknya meruncing dan berduri pada tepian daun. Di dalam daun terdapat gel yang kerap dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar karena dingin dan menenangkan. Karena berkhasiat, tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad. Jika diaplikasikan untuk rambut, begini daftar manfaat dari lidah buaya atau aloe vera.


1. Mengurangi gatal pada kulit kepala

Secara klinis ketombe pada kulit kepala disebut dermatitis seboroik. Ketombe merupakan salah satu penyebab kulit kepala gatal-gatal. Gejalanya terdapat kulit yang mengelupas di bawah rambut. Manfaat lidah buaya untuk keluhan ini, diteliti dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatological Treatment. Penelitian ini menemukan bahwa asam lemak dalam tanaman lidah buaya dapat membantu mengatasi inflamasi atau peradangan pada kulit kepala.


Cara menggunakan aloe vera gel untuk rambut, bisa dengan topikal. Cara pemakaian topikal ialah dengan mengoleskan atau mengaplikasikan pada organ paling luar tubuh yang kita kenal dengan kulit. Karena lidah buaya hanya mengurangi rasa gatal pada kulit kepala, Custom Anti-Dandruff Cream dari Diri Care bisa membantu mengatasi infeksi jamur penyebab ketombe maupun kondisi dermatitis seboroiknya itu sendiri. Salep yang membantu mengatasi masalah ketombe ini teruji secara klinis lho.


2. Membersihkan rambut

Lidah buaya bisa bermanfaat untuk membersihkan rambut, dilansir Healthline. Ketika udara panas dan tubuh lembap, kulit kepala akan mengeluarkan keringat. Keringat ini kalau tak dibersihkan secara efisien bisa menempel rambut dan mengganggu pertumbuhannya. Lidah buaya punya khasiat ini, yaitu menghilangkan sebum atau minyak dari rambut.


3. Membuat rambut sehat dan berkilau

Menggunakan secara topikal gel lidah buaya pada rambut, merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan rambut lebih sehat dan berkilau. Ini disebabkan kandungan dalam lidah buaya yang kaya akan vitamin A, C, dan E.


4. Memperkuat helai rambut

Kandungan vitamin dalam lidah buaya tak hanya membuat rambut sehat dan berkilau, tetapi juga membantu akar rambut lebih kuat. Ditambah lagi, lidah buaya berkontribusi dalam pergantian sel baru yang sehat.

Di dalam lidah buaya, terdapat kandungan vitamin B12 dan asam folat. Apa khasiat dari kandungan tersebut? Kedua zat baik tersebut dapat menjaga rambutmu enggak mudah rontok.


5. Melembapkan rambut kering

Apabila hidrasi pada rambut kurang, rambut akan bertekstur kasar bahkan tumbuh bercabang. Untuk mengatasi ini, kamu bisa memanfaatkan masker dari gel lidah buaya. Berbagai produk perawatan rambut yang ‘mewah’ juga memformulasikan kandungan baik dalam lidah buaya. Secara tak langsung membuktikan bahwa kemewahan perawatan bisa jadi lebih sederhana jika kamu tertarik memanfaatkan khasiat lidah buaya, terutama untuk membantu melembapkan rambutmu.


6. Membantu pertumbuhan rambut

Berbagai masalah rambut bisa memicu rambut rontok. Seperti rambut kering dan ketombe, membuat rambut mudah rontok. Sedikit bukti klinis menemukan bahwa lidah buaya menyebabkan pertumbuhan rambut lebih cepat. Bahkan rambut rontok karena pengaruh sampo enggak cocok atau karena stres juga bisa diatasi dengan cara mudah yang menggunakan bahan alami seperti gel aloe vera.


Alternatif lain disamping memakai lidah buaya, kamu bisa menggunakan paket produk dari DiriCare untuk mengatasi rambut rontok dan menipis. Dengan menggunakan Custom Hair Growth Serum, rambut baru akan terangsang untuk tumbuh dan jauh dari masalah kebotakan. Selain itu, sampo Custom Hair Growth Shampoo membantu memperkuat dan menutrisi akar rambut sehingga pertumbuhan rambut lebih sehat.


Itulah enam manfaat lidah buaya untuk rambut. Untuk mendapatkan khasiatnya secara optimal, kamu bisa mengaplikasikan berbagai cara menggunakan aloe vera gel untuk rambut seperti berikut di bawah ini.


Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut

Ketika bagian luar kulit aloe vera dikupas, terdapat gel didalamnya yang bisa kamu manfaatkan dan campurkan dengan bahan alami lainnya. Begini langkah-langkahnya yang bisa kamu lakukan.


1. Mengoleskan aloe vera gel pada kulit kepala

Beberapa orang, sering memanfaatkan lidah buaya tanpa menambahkan bahan lain dalam gel. Caranya, potong dua hingga tiga daun dari tanaman lidah buaya. Sayat memanjang pada satu sisi dan buka kulit luar lidah buaya. Kemudian dengan bantuan sendok, kamu bisa mengambil gelnya. Gel tersebut bisa langsung diaplikasikan pada kulit kepala. Agar lebih mudah, beberapa orang mencampurkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Setelah mengaplikasikannya ke kulit kepala, diamkan selama beberapa menit agar kandungan vitamin dan nutrisi terserap kulit. Lalu cuci rambut dengan sampo ringan dan pastikan kulit kepala bersih sepenuhnya, mudah bukan? Kamu bisa mengulangi perawatan ini 2-3 kali seminggu.


2. Mengolah aloe vera menjadi masker rambut

Rambut yang indah dan sehat membutuhkan masker yang bernutrisi cukup sesuai kebutuhan rambut. Kamu bisa mengolah campuran dari aloe vera gel, madu, minyak jojoba, dan putih telur. Ratakan campuran hingga dapat diaplikasikan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 15 menit hingga 1 jam dan bilas dengan air dan sampo sampai bersih.


3. Spray lidah buaya untuk rambut anti kusut

Apabila rambutmu tebal dan mudah kusut, bisa memanfaatkan kelembutan lidah buaya. Langkah membuatnya, pertama dapatkan gel aloe vera dari daun lidah buaya. Kemudian saring dengan kain dan terakhir masukkan dalam botol spray.


Cara menggunakan aloe vera gel yang sudah lebih cair untuk rambut, bagi rambut menjadi empat bagian. Kemudian semprotkan pada keempat bagian tersebut hingga merata. Gunakan sikat untuk melembutkan dan menghaluskan untaian rambut. Ramuan ini juga bisa diaplikasikan pada rambut setelah disasak. Tetapi jangan lupa mencuci rambut hingga bersih setelah kusutnya terurai.


Melalui ketiga macam langkah di atas, apakah kamu pernah mencoba salah satunya? Menurut Nafa Greenfield, dermatologis bersertifikat dilansir Cosmopolitan, lidah buaya gel bisa digunakan dua kali seminggu, tergantung pada kebutuhan.


Selain berkaitan dengan kebutuhan, kamu juga perlu memperhatikan efek setelah memakainya. Umumnya, hanya dibutuhkan beberapa tetes agar terdistribusi secara merata pada kulit kepala. Berbeda jika kamu memakai produk perawatan rambut yang mengandung zat baik dalam lidah buaya. Kalau memakai ini, seperti sampo, kamu boleh melakukannya setiap hari.


Lantas apa efek samping lidah buaya untuk rambut? Menurut dermatologis, kamu perlu mengecek setiap alergen terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada kulit kepala. Sebelum menggunakan lidah buaya secara topikal, lakukan uji tempel. Caranya, gosokkan sedikit gel lidah buaya pada pergelangan tangan bagian dalam. Tunggu hingga dua jam untuk melihat apakah kulit bereaksi buruk atau tidak.


Saat sudah tahu manfaat lidah buaya untuk rambut, cara menggunakannya di rumah, serta efek samping penggunaan lidah buaya, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Semoga informasi di atas membantumu memilih perawatan paling tepat untuk rambut indahmu ya.

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-hair#benefits-for-hair

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319114#proven-benefits-for-hair-care

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a30174093/aloe-vera-for-hair/

Tag:
lidah buaya
tipe kulit
solusi
rambut rontok
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.