GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Selain Mencegah Penuaan Dini, Kenali 5 Manfaat Sunflower Oil untuk Kecantikan Kulit

Ditinjau oleh dr. Intan-23 Feb 2023

Enggak banyak yang tahu kalau minyak bunga matahari, atau disebut sunflower oil, bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Minyak nabati ini, memiliki berbagai fungsi. Fungsi sunflower oil, di samping sebagai bahan pelembap, juga diformulasikan dalam perawatan bibir dan kulit yang aman untuk penderita eksim. Ingin tahu lebih banyak tentang sunflower oil, yuk simak penjelasan selengkapnya.



Kandungan dan fungsi sunflower oil

Sunflower oil berasal dari bunga matahari yang telah digunakan untuk merawat kulit selama lebih dari dua dekade. Biji bunga matahari yang diekstraksi akan menghasilkan sunflower oil. Umumnya, minyak sunflower ini dibuat dari varietas bunga matahari dengan nama ilmiah Helianthus annuus.


Proses pembuatan sunflower oil melalui ekstraksi cold-press. Selain itu, produksi minyak bunga matahari juga diproses dengan pengepresan biji dan penyulingan minyak mentah. Saat ini, minyak ini menduduki urutan keempat terbesar minyak yang diproduksi di seluruh dunia. Kalau kamu tertarik membelinya, perhatikan warna dan keasliannya. Minyak ini berwarna bening hingga kekuningan. 


Minyak ini memiliki konsentrasi asam lemak yang tinggi sehingga bermanfaat sebagai emolien. Minyak bunga matahari juga mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk perawatan kulit seperti asam oleat, vitamin E, sesamol, dan asam linoleat. Sunflower oil juga bersifat non komedogenik yang mudah diserap kulit dan tidak menyumbat pori-pori. Bagi kamu yang memiliki kulit rentan berjerawat, skincare dengan bahan alami ini minim berpotensi menyebabkan iritasi.


Sunflower oil juga bersifat antioksidan karena mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas, efek buruk sinar matahari, penuaan dini, dan keriput.


Asam linoleat dalam sunflower oil, membantu menjaga skin barrier. Dengan begitu, skin barrier berfungsi optimal dan kelembapan kulit tetap terjaga. Tak hanya itu saja, kalau dipakai secara topikal atau dioleskan pada kulit, minyak bunga matahari memiliki efek anti-inflamasi sehingga membantu mengurangi gejala eksim serta kulit kering.


Masih penasaran dengan keampuhan sunflower oil pada kulit? Sebuah penelitian kecil melakukan studi komparatif tentang seberapa efektif minyak bunga matahari dibandingkan minyak zaitun. Penelitian ini menemukan bahwa sunflower oil bekerja lebih baik daripada minyak zaitun dalam menghidrasi dan menjaga keutuhan lapisan luar kulit.


Manfaat sunflower oil

Dengan banyaknya fungsi minyak bunga matahari untuk kecantikan kulit, maka kamu perlu memahami apa saja daftar manfaat dari minyak yang diekstraksi dari bunga matahari ini. Berikut, kelima manfaat sunflower oil.


     1.  Menyembuhkan luka

Kandungan asam oleat, disimpulkan oleh peneliti bahwa dapat menyembuhkan luka lebih cepat ketika dioleskan pada kulit. Meskipun penelitian ini baru dilakukan pada hewan, tetapi kandungan dalam sunflower oil baik dipakai untuk bahan skincare atau dipakai secara topikal.


     2.  Memperkuat skin barrier

Skin barrier sering digambarkan sebagai ‘dinding bata’, yang mana lapisan terluarnya disebut stratum korneum. Lapisan pelindung kulit ini, bertugas menjaga seluruh tubuh dari paparan alergen, iritan, dan radikal bebas. Kalau skin barrier melemah, maka tidak hanya penampilan kulit yang memburuk. Tetapi kesehatan secara keseluruhan juga akan menurun. Untuk itu diperlukan upaya dalam menjaga skin barrier tetap bekerja optimal, salah satunya dengan menggunakan sunflower oil atau skincare yang mengandung minyak nabati ini.


     3.  Memberikan antioksidan

Telah dijelaskan di atas, bahwa sunflower oil bersifat antioksidan. Artinya, kandungan vitamin E di dalamnya menjaga kulit dari kerusakan. Bahkan, sunflower oil dapat menjaga kulit tetap halus dan meminimalisir tanda penuaan dini karena sering terpapar matahari.


     4.  Menenangkan kulit

Inflamasi merupakan tanda kulit mengalami masalah. Saat terjadi peradangan hingga kulit mengalami stres, maka sunflower oil bisa membantu menenangkan kulit. Kamu yang mengalami eksim dan kulit kering juga bisa memanfaatkan kandungan baik dalam sunflower oil untuk merawat kulitmu.


     5.  Mencegah jerawat

Jerawat tumbuh karena pori-pori tersumbat oleh kotoran menumpuk dan minyak alami kulit atau sebum. Tersumbatnya pori-pori ini, dapat diatasi dengan memakai sunflower oil yang bersifat nonkomedogenik.


Selain manfaat di atas, penelitian dilakukan untuk mengecek keamanan sunflower oil untuk anak dengan dermatitis atopik. Penelitian ini melibatkan 86 anak yang menggunakan krim dengan atau tidak mengandung minyak bunga matahari. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak positif secara signifikan pada penderita dermatitis atopik. Kelompok kontrol yang memakai krim sunflower oil, mengalami penurunan penggunaan krim kortikosteroid.


Bagaimana memastikan sunflower oil aman dipakai?

Meskipun pakar dan dermatolog mengatakan bahwa penggunaan sunflower oil memiliki risiko sangat rendah, kamu tetap perlu memastikan tidak mengalami iritasi ketika memakai sunflower oil. Minyak bunga matahari, merupakan minyak nabati yang biasa dipakai untuk carrier oil. Minyak pembawa ini, sama fungsinya dengan minyak almond dan tea tree oil. Bahkan minyak bunga matahari bisa dipakai setiap hari sebagai pelembap atau dioleskan pada kulit setelah mencuci muka.


Nah, untuk membuktikan interaksi aman antara kulit dan sunflower oil, penting kiranya untuk kamu cek terlebih dahulu. Terutama bagi kamu yang alergi kacang atau biji-bijian, maka bisa berkemungkinan alergi terhadap biji bunga matahari. Selain cek alergi, kamu juga perlu cek tempel. Caranya, oleskan sedikit ke bagian kecil kulit seukuran satu koin. Diamkan selama 24 jam, apabila tidak mengalami tanda-tanda iritasi, maka skincare dengan sunflower oil aman kamu pakai.


Bolehkah  skincare dengan sunflower oil dipakai ibu hamil dan menyusui?

Tidak banyak penelitian yang membuktikan sunflower oil aman dipakai secara topikal untuk ibu hamil dan menyusui. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsultasikan pada dokter kandungan serta dokter kulit agar mendapatkan rekomendasi skincare yang aman.


Lebih lanjut lagi, untuk mengurangi risiko iritasi dan sunflower oil dapat bekerja secara optimal, baiknya pemakaiannya tidak dicampur dengan skincare dengan kandungan tertentu seperti retinol, karena retinol dapat membuat efek baik minyak biji bunga matahari tidak bekerja maksimal. Skincare dengan vitamin C, juga membuat sunflower oil kurang stabil kinerjanya pada kulit. Kandungan terakhir yang enggak boleh dicampur adalah skincare dengan wewangian yang berpotensi mengiritasi kulit.


Itulah penjelasan lengkap mengenai sunflower oil. Kamu tertarik memasukkan skincare dengan formula minyak nabati ini ke rutinitas perawatan kulitmu? Tunggu! Paling bijak, konsultasikan pada dokter berpengalaman di klinik Diri agar mendapatkan rekomendasi terpercaya dalam merawat kulit cantikmu.

 

Sumber:

https://www.byrdie.com/sunflower-oil-for-skin-5192269

https://www.dermatologytimes.com/view/skin-barrier-benefits-sunflower-seed-oil

https://www.healthline.com/health/sunflower-oil-for-skin#how-to

https://asianbeautyessentials.com/collections/sunflower-oil-for-skin


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.