GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Ketahui Fakta Teknik Mewing yang Viral Bisa Mengubah Wajah Jadi Lebih Tirus

Tim Penulis Diri-19 Jan 2023
mewing untuk meniruskan pipi

Sempat viral di berbagai platform media sosial, banyak orang melakukan mewing demi memiliki wajah tirus dan gigi yang rapi. Konon teknik ini dapat memperbaiki rahang dan membuat wajah bisa lebih simetris tanpa perlu melakukan operasi. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu fakta tentang mewing melalui artikel berikut ini.



Apa Itu Mewing?

Mewing adalah teknik olahraga wajah dengan cara menjulurkan lidah di langit-langit mulut. Banyak yang percaya jika sering melakukan mewing dapat membantu memperbaiki posisi rahang jadi lebih simetris. Di samping itu, tatanan gigi juga jadi lebih rapi dengan sendirinya tanpa bantuan dokter orthodontist. Lantas siapakah yang pertama kali menciptakan teknik mewing ini? Seorang dokter gigi orthodontist bernama John Mew adalah orang yang memperkenalkan teknik ini di tahun 1970-an. Ia mengklaim teknik yang diciptakannya dapat membantu memperbaiki masalah rahang dan merapikan susunan gigi yang berantakan.


Dinilai menjanjikan, orang-orang yang memiliki masalah rahang dan gigi pun banyak yang tertarik mengikuti teknik mewing tersebut. Beberapa dari orang-orang yang sudah mencobanya membenarkan jika teknik mewing memang dapat membantu perbaikan gigi dan rahang. Susunan gigi jadi terlihat lebih rapi dan rahang mereka juga kelihatan lebih tirus. Bahkan beberapa orang ada yang mengklaim bila mewing dapat menghilangkan kebiasaan mengorok saat tidur dan mengurangi rasa sakit di bagian rahang. Tidak heran teknik ini jadi viral di berbagai media sosial.


Cara Melakukan Mewing yang Benar

Seiring dengan banyaknya testimoni positif dari ‘olahraga rahang’ ini, banyak yang mencari tahu teknik mewing yang benar. Salah seorang profesor dari Fakultas Kedokteran Gigi di University of Pennsylvania bernama Mark Wolff memandang mewing sebagai olahraga wajah yang berdampak positif pada susunan rahang dan gigi. Beliau menjelaskan jika pada saat posisi normal letak lidah ada di dasar mulut. Lalu saat melakukan teknik mewing ini, mengharuskanmu meletakkan lidah di langit-langit mulut dalam posisi mulut harus tetap terkatup.


Lalu bagaimana cara mewing yang benar? Pertama-tama kamu harus bersikap santai agar otot di bagian rahang tidak tegang. Selanjutnya, katupkan kedua bibir dengan rapat. Pastikan antara bibir atas dengan bawah saling bersentuhan. Kemudian, sedikit gerakkan rahang bawah agar gigi depan bagian bawah berada tepat di belakang gigi depan bagian atas. Julurkan lidah ke bagian atas mulut sampai semua bagian langit-langit tertutup dan letakkan ujung lidah di belakang gigi depan bagian atas tanpa saling bersentuhan.


Apakah Mewing Ampuh Memperbaiki Bentuk Rahang dan Susunan Gigi?

Meskipun masih belum ada bukti ilmiah kalau mewing bisa memperbaiki posisi rahang dan merapikan gigi, tetapi Mark Wolff berpendapat jika posisi lidah sangat berpengaruh pada bentuk rahang dan susunan gigi. Jadi, jika lidah tidak berada di posisi yang tepat, bisa saja menimbulkan beberapa masalah seperti susunan gigi tidak rapi, gigitan yang tidak presisi, hingga rahang tidak simetris. Namun Mark Wolff memang tidak memungkiri bahwa belum ada bukti konkrit yang membuktikan mewing bisa berpengaruh langsung terhadap perubahan rahang dan Wolff juga menilai banyak ahli tidak setuju kalau teknik mewing bisa merapikan susunan gigi.


Salah seorang ahli bedah mulut di Michigan bernama Robert Lesneski beropini jika mewing bisa jadi efektif memperbaiki rahang dan susunan gigi pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sebab bentuk rahang dan gigi anak-anak masih mendapat pengaruh dari kebiasaan makan dan menggigit mereka. Lesneski juga menambahkan jika mewing tidak bekerja pada orang dewasa karena masa pertumbuhan gigi sudah berhenti. Oleh karena itu, jika terdapat masalah gigi dan mulut pada orang dewasa, lebih baik langsung konsultasikan ke dokter gigi agar segera mendapat tindakan tepat.


Apakah Melakukan Mewing Menimbulkan Efek Samping?

Ternyata bila teknik mewing tidak dilakukan dengan tepat bisa menimbulkan efek samping. Rahang adalah bagian tubuh yang susunannya terbilang kompleks. Ketika ada sedikit perubahan pada bentuk rahang, maka ada bagian lain yang ikut berubah.


Apabila kamu berhasil mengubah bentuk rahang karena melakukan mewing, ada kemungkinan timbul masalah seperti susunan gigi berubah jadi tidak rata, bentuk rahang atas dan bawah jadi tidak pas, sakit di engsel rahang, dan bentuk gigitan yang bisa berubah.


Maka dari itu, supaya lebih aman, sebaiknya datang ke dokter gigi spesialis orthodontist bila terdapat masalah di bagian susunan gigi dan rahang. Para dokter tersebut akan melakukan tindakan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti gigi tidak rata, rahang tidak simetris, posisi gigitan rahang yang tidak tepat, sampai masalah mengorok akibat susunan rahang yang abnormal.


Meski begitu, mewing tidak selamanya buruk. Teknik mewing ini memang belum dipastikan memberi dampak positif pada orang dewasa, tetapi dinilai bermanfaat pada anak-anak. Mewing membantu membentuk rahang dan susunan gigi pada anak. Dengan sering melakukan mewing, anak-anak akan terbiasa memposisikan rahang mereka dengan benar agar tak muncul keluhan nyeri di engsel rahang akibat salah gigitan. Selain itu, bisa mendukung susunan gigi susu anak jadi lebih rapi.


Itu dia fakta-fakta tentang mewing yang pernah viral di berbagai media sosial. Meski belum ada bukti ilmiahnya, tetapi tidak ada salahnya mencoba teknik mewing asal dilakukan dengan benar dan hati-hati. Namun, bila kamu punya masalah gigi dan rahang yang cukup menganggu, lebih baik segera konsultasikan ke dokter gigi terdekat. Tak berbeda dengan gigi, permasalahan kulit juga tak boleh diabaikan. Jika keluhan kulit sudah mulai mengganggu, lebih baik konsultasi online secara gratis di Diricare bersama dokter berpengalaman. Kamu bisa dapatkan rekomendasi produk dengan harga terjangkau dan tentunya aman. Yuk, mulai konsultasi sekarang!


Sumber:

https://www.webmd.com/oral-health/what-is-mewing

https://www.prevention.com/health/a39852728/what-is-mewing/

https://www.healthline.com/health/mewing#summary


banner-artikel
Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.