GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

10 Tips & Cara untuk Mengatasi Rambut Rontokmu

dr. Flora F.-01 Mei 2022
artikel rambut rontok diricare.com

Penyebab kerontokan rambut sangat banyak, antara lain kekurangan vitamin, ketidakseimbangan hormon, infeksi, maupun penyakit tertentu. Sebagian besar orang yang mengalami kerontokan rambut biasanya akan mencoba berbagai produk hingga minum suplemen yang diklaim dapat mengurangi kerontokan. Seringkali produk-produk tersebut gagal mengatasi penyebab masalah.


 Butuh waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan rambut rontok. Hal ini cukup menguras kesabaran dan seringkali mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Di bawah ini adalah rekomendasi dari para ahli untuk mengatasi rambut rontok:


1. Gunakan shampoo yang lembut dan tidak menghilangkan kelembapan rambut. Aplikasikan conditioner untuk melindungi rambut agar tidak mudah patah dan bercabang. 


2. Keringkan rambut dengan handuk secara lembut untuk mengurangi waktu terpapar hair dryer yang panas.


3. Hindari penggunaan zat untuk mewarnai, mengeriting, dan meluruskan rambut. Sebaiknya lakukan hal-hal tersebut di salon yang dapat memilihkan produk dengan kondisi rambutmu. 


4. Batasi penggunaan alat catokan dan alat pengeriting rambut. Panas yang dihasilkan oleh alat tersebut dapat merusak kesehatan rambut.


5. Jangan mengikat rambut terlalu kencang. Rambut yang tertarik akan mudah rontok dan lama kelamaan rambut akan menjadi sulit tumbuh kembali.


6. Hentikan kebiasaan menarik atau memutar rambut.


7. Hentikan merokok. Rokok dapat merangsang inflamasi dan memperburuk kerontokan rambut.


8. Makan makanan bergizi yang mengandung protein dan zat besi.


9. Kekurangan zinc, biotin, dan zat besi dapat memicu kerontokan rambut, sedangkan kelebihan nutrisi seperti selenium, vitamin A dan vitamin E ditemukan berkaitan dengan terjadinya kerontokan rambut. Sebaiknya periksakan kadar vitamin dan mineral dalam darah sebelum kamu minum suplemen untuk rambut guna menghindari kelebihan zat-zat tersebut.


10. Konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu penyebab dan terapi yang sesuai untuk masalah kerontokan rambut. Dokter akan memeriksa area kulit kepala, kuku, dan area lain yang berhubungan dengan kerontokan rambut.

 

Terapi untuk rambut rontok bersifat individual. Tidak ada satu pun terapi yang dapat bekerja untuk semua orang. Pada beberapa kasus, rambut rontok mungkin tidak memerlukan terapi apapun, misalnya setelah seseorang melahirkan, sedang menjalani pengobatan kanker, sedang dalam pemulihan pasca operasi, dan lain-lain, di mana masalah kerontokan rambut wajar terjadi dan rambut akan tumbuh kembali dengan sendirinya.


Beberapa terapi kerontokan rambut yang mungkin dianjurkan oleh dokter antara lain:


1. Minoxidil

Minoxidil dapat diaplikasikan ke kulit kepala sebanyak 1-2 kali sehari. Terapi ini dapat dilakukan di rumah. Minoxidil akan merangsang pertumbuhan rambut baru dan mencegah kerontokan rambut yang lebih berat. Untuk melihat efek dari minoxidil mungkin membutuhkan waktu 3 hingga 6 bulan, maka dianjurkan pemakaian secara rutin setiap harinya.


2. Microneedling

Microneedling dapat dilakukan di klinik tertentu. Pada sebuah penelitian terhadap laki-laki yang memiliki masalah kerontokan rambut yang diturunkan, penggunaan minoxidil 2 kali sehari ditambah dengan microneedling setiap minggu akan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih signifikan dibandingkan minoxidil saja. Microneedling dapat menggunakan serum platelet-rich plasma / PRP atau kortikosteroid untuk merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Meskipun ada alat microneedling yang dijual bebas, sebaiknya kamu tetap berkonsultasi dengan dokter karena prosedur ini dapat memperburuk beberapa kondisi.


3. Transplantasi rambut

Transplantasi rambut merupakan cara yang efektif dan permanen untuk mengatasi penipisan rambut. Tindakan ini biasanya dianjurkan untuk kasus berat atau kasus dengan pola kerontokan pria/wanita (alopecia androgenik).


4. Obat minum

Obat minum dengan resep dokter seperti: finasteride untuk memperlambat kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru, spironolakton untuk menghentikan kerontokan dan menebalkan rambut, dan obat-obat untuk meredakan peradangan atau menyembuhkan infeksi bila kerontokan disebabkan oleh kedua hal tersebut.


Di Diri, kamu bisa leluasa berkonsultasi online dengan tim dokter Diri di manapun kamu berada. Tak hanya itu, kamu pun bisa mendapat resep dan produk kesehatan yang teruji klinis serta dipersonalisasi sesuai kebutuhanmu. Semua akan diantarkan langsung ke rumahmu tanpa perlu ribet. Jadi tunggu apa lagi? Langsung mulai konsultasimu di Diri sekarang!

Tag:
rambut rontok
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.