GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Apakah Jerawat Boleh Dipencet? Ini Cara Mengatasinya dengan Benar

Ditinjau oleh dr. Najwa-23 Jan 2024
Apakah Jerawat Boleh Dipencet? Ini Cara Mengatasinya dengan Benar

Jerawat seringkali terlihat mencolok dan dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Terutama jika jerawat tersebut sedang meradang atau menonjol. Tentunya, hal ini dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri, ya. Selain itu, jerawat yang meradang juga akan terasa nyeri dan sangat mengganggu kenyamanan seseorang untuk beraktivitas atau bahkan beristirahat.


Oleh karena itu, bagi sebagian orang, memencet jerawat bisa menjadi kebiasaan yang sulit dihindari. Ada aspek psikologis dimana seseorang merasa "puas" atau lega setelah berhasil memencet jerawat. Tapi, apakah jerawat boleh dipencet? Bagaimana ya cara mengatasi jerawat yang tepat, terutama saat jerawat tersebut sedang meradang? Yuk, simak informasi berikut ini!


Apakah Jerawat Boleh Dipencet?

Beberapa orang percaya bahwa memencet jerawat dapat mempercepat proses penyembuhan, karena membebaskan minyak dan kotoran yang terjebak di dalamnya.


Padahal, memencet jerawat bisa menyebabkan masalah yang lebih besar pada kulit, loh. Tindakan ini dapat meningkatkan peradangan yang lebih besar di sekitar area tersebut dan memperparah kondisi kulit. Memencet jerawat juga bisa meninggalkan bekas luka yang lebih sulit dihilangkan daripada jerawat itu sendiri.


Terlebih lagi, saat kamu memencet jerawat dengan tangan yang tidak bersih, bakteri dari tangan bisa masuk ke dalam jerawat dan menyebabkan infeksi atau bahkan penyebaran jerawat ke area lain.


Jadi, memencet jerawat tidak akan membuatnya sembuh lebih cepat, ya. Sebaliknya, bisa membuatnya semakin meradang dan memperpanjang waktu penyembuhan. Lebih baik, kamu membiarkannya kempes dan sembuh secara alami, disertai melakukan treatment wajah menggunakan produk yang tepat.


Nah, berikut tips atau cara mengatasi jerawat yang sudah matang tanpa perlu memencetnya!


Cara Mengatasi Jerawat Meradang Tanpa Harus Memencetnya

Mengatasi jerawat, terutama saat sedang meradang, memang tidak boleh gegabah, ya. Kamu perlu perawatan khusus untuk mengurangi peradangan dan membantu proses penyembuhan. Berikut langkah-langkah yang dapat membantu mengatasi jerawat meradang, tanpa harus dipencet:


1. Rutin Membersihkan Wajah 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah rutin membersihkan kulit menggunakan pembersih wajah yang cocok. Hindarilah menggunakan produk yang terlalu keras yang dapat menyebabkan iritasi. Yang ada bukannya sembuh, malah timbul masalah baru pada jerawat yang meradang, deh. 


Perlu diperhatikan juga, meskipun membersihkan wajah itu penting, tapi tidak boleh terlalu sering, ya. Karena dapat membuat kulit menjadi kering. Usapkan produk pembersih dengan lembut, dan basuh dengan air dingin atau suhu ruang. 


2. Gunakan Produk Anti-inflamasi

Produk anti-inflamasi adalah jenis produk yang dirancang khusus untuk mengurangi peradangan pada kulit. Produk ini mengandung bahan-bahan tertentu yang mampu mengurangi reaksi peradangan dan meminimalkan gejala peradangan kulit. Contohnya kandungannya seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, azelaic acid, niacinamide, atau tea tree oil. 


Kamu bisa menggunakan produk anti-inflamasi dalam bentuk krim, gel, atau serum yang dapat dioleskan langsung pada area kulit yang mengalami peradangan atau jerawat. Oleskan secara hati-hati dan sesuai instruksi, karena penggunaan berlebihan dapat menyebabkan iritasi.


3. Kompres Dingin

Tips mengatasi jerawat meradang selanjutnya adalah mengkompresnya dengan handuk bersih atau kantong es yang dilapisi kain tipis selama beberapa menit. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada jerawat. Suhu dingin dari kompres dapat memberikan efek mendinginkan pada kulit, yang membantu mengurangi reaksi peradangan.


4. Perawatan Spot Treatment

Spot treatment biasanya mengandung bahan-bahan aktif yang berfungsi untuk mengurangi peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat, mengeringkan jerawat, atau mempercepat proses penyembuhan pada area yang diaplikasikan. Beberapa bahan yang sering ditemukan dalam spot treatment untuk jerawat, antara lain benzoyl peroxide, asam salisilat, sulfur, tea tree oil, atau retinoid.


Cara penggunaannya pun cukup sederhana. Kamu bisa mengaplikasikan sedikit produk spot treatment secara langsung pada jerawat, setelah membersihkan wajah. Ikuti petunjuk pada kemasan produk dan hindari penggunaan yang berlebihan ya, karena dapat mengiritasi kulit.


5. Jaga Kelembaban Kulit

Selain membersihkan wajah dan menggunakan produk treatment di area yang berjerawat, menjaga kelembaban kulit juga sangat penting ketika wajah sedang berjerawat. Kamu bisa menggunakan pelembab yang tidak mengandung minyak untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Peradangan pada jerawat dapat membuat kulit kering, oleh karena itu menjaga kelembaban sangatlah penting.


6. Hindari Produk yang Memicu Jerawat

Beberapa produk perawatan kulit atau make up tertentu, bisa menyebabkan reaksi yang memicu timbulnya jerawat, loh. Oleh sebab itu, saat kulit sedang berjerawat, disarankan untuk tidak make up, dan tidak terlalu banyak layering produk skincare. Biarkan pori-porimu bernafas dengan leluasa. Selain itu, penting juga untuk memilih produk yang cocok untuk kulit berjerawat. Hindari pemakaian skincare dengan kandungan yang terlalu keras atau agresif, ya.


7. Jaga Kebersihan

Selanjutnya, kamu juga perlu menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Rajinlah membersihkan bantal, mencuci handuk wajah, mencuci tangan sebelum mengaplikasikan produk perawatan kulit, agar kulit tetap bersih dan terhindar dari infeksi bakteri penyebab jerawat.


8. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Nah, jika jerawat meradang sangat parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Mereka dapat memberikan perawatan yang lebih tepat, misalnya memberikan obat resep atau perawatan klinis yang mungkin diperlukan.


Oke, itulah informasi mengenai alasan mengapa jerawat tidak boleh dipencet dan cara mengatasinya dengan tepat. Semoga artikel ini dapat mengedukasi kamu terkait cara merawat kulit berjerawat, ya. Sekali lagi, mengatasi jerawat meradang memerlukan kesabaran. Hasilnya tidak akan langsung terlihat dalam semalam, namun dengan perawatan yang tepat dan konsisten, peradangan pada jerawat dapat berkurang, dan proses penyembuhan kulit dapat lebih cepat.


Kalau kamu masih bingung dan ragu untuk memilih produk skincare yang cocok untuk kulit berjerawatmu, yuk konsultasikan lebih dulu dengan dokter ahli lewat aplikasi Diri Care! Dapatkan hasil yang optimal dengan menggunakan produk perawatan yang tepat. Klik link ini untuk informasi lebih lanjut, ya!


Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/jerawat-matang-jangan-dipencet-ini-tips-mengatasinya

https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-6378577/apakah-jerawat-boleh-dipencet-ini-cara-mengatasi-jerawat-yang-benar

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/jerawat/memencet-jerawat/

banner-artikel
Tag:
jerawat
bekas jerawat
bekas jerawat merah
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.