GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Mengenal Apa Itu Masker Magnet, Manfaat dan Efek Sampingnya

Ditinjau oleh dr. Winda-10 Jul 2023
mengenal masker magnet

Industri kecantikan terus berevolusi dengan berbagai inovasi baru. Salah satunya adalah magnetic mask atau masker magnet. Masker merupakan salah satu rangkaian perawatan kulit wajah dengan berbagai manfaat seperti menghidrasi, mencerahkan, mengencangkan, atau eksfoliasi. Mungkin kamu sudah pernah menggunakan berbagai jenis masker seperti clay mask, masker bubuk, atau sheet mask. Tapi, pernahkah kamu mencoba masker magnet? Masker yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit, lho. Yuk, ketahui lebih banyak tentang kelebihan, efek samping, dan perbedaan masker magnet dengan masker biasa!


Apa itu Masker Magnet?

Magnetic mask atau masker magnet adalah jenis masker wajah yang menggunakan daya tarik magnetik untuk membersihkan kulit. Selain itu, masker magnet juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Umumnya, masker magnet terbuat dari bahan mineral seperti besi oksida yang bisa menarik kotoran dan minyak dari kulit ketika magnet didekatkan. 


Cara penggunaan masker magnet kurang lebih sama seperti kamu mengaplikasikan jenis masker lainnya di wajah, tapi cara membersihkannya berbeda. Berikut adalah langkah-langkah penggunan masker magnet:

  1. Aplikasikan masker magnet ke seluruh wajah, biasanya magnetic mask memiliki tekstur krim atau lotion.
  2. Diamkan masker selama beberapa menit.
  3. Gunakan magnet yang disediakan dengan masker untuk membersihkan masker dari kulit secara perlahan. Magnet tersebut akan menarik kotoran dan minyak yang ada di permukaan kulit.
  4. Setelah masker berhasil diangkat sepenuhnya menggunakan magnet, bersihkan sisa-sisa masker di wajah kamu menggunakan tisu atau air.


Kelebihan Masker Magnet

Berikut adalah beberapa kelebihan masker magnet atau magnetic mask:


1. Membersihkan dan mengangkat kotoran 

Masker magnet atau magnetic mask menggunakan bahan-bahan magnetik seperti besi oksida atau partikel magnetik. Bahan-bahan ini diklaim dapat menarik partikel kotoran dan sebum yang terperangkap di dalam pori-pori. Hal ini dapat membersihkan kulit secara lebih mendalam.


2. Meningkatkan sirkulasi darah

Untuk membersihkan masker magnet, kamu harus mendekatkan magnet ke arah kulit. Ketika magnet didekatkan, kamu akan merasakan sensasi tarikan magnet dapat merangsang sirkulasi darah di area wajah yang menggunakan masker. Hal ini dapat memberikan efek relaksasi dan menyegarkan kulit.


3. Sensasi pijatan lembut

Masker magnet dibersihkan dengan menggunakan magnet. Ketika proses pembersihan, kamu akan merasakan efek pijatan lembut karena bahan-bahan magnetik tertarik oleh magnet. Hal ini dapat memberikan efek relaksasi pada kulit wajah. 


Perbedaan masker magnet dan masker biasa

Perbedaan utama antara masker magnet dan masker biasa terletak pada cara penggunaan dan bahan-bahan yang digunakan. Berikut adalah beberapa perbedaannya:


Cara penggunaan

Masker magnet menggunakan magnet untuk mengangkat masker dari kulit setelah digunakan. Sedangkan masker biasa dapat dibersihkan dengan cara dibilas air bersih bahkan ada masker yang tidak perlu dibilas seperti sheet mask. Masker magnet memberimu pengalaman yang berbeda dalam penggunaan masker karena ketika dibersihkan, kamu akan merasakan sensasi tarikan atau pijatan lembut pada kulit wajah.


Bahan-bahan tambahan

Masker magnet mungkin mengandung bahan-bahan tambahan yang tidak ada dalam masker pada umumnya seperti besi oksidasi atau partikel magnetik. Bahan-bahan ini bertujuan untuk memberi efek tarikan magnetik dan membantu membersihkan kulit secara mendalam. 


Tujuan penggunaan

Masker biasa umumnya digunakan untuk membersihkan, menghidrasi, atau memberikan nutrisi pada kulit. Sementara itu, masker magnet seringkali digunakan untuk membantu membersihkan kulit wajah dengan lebih mendalam, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberikan efek relaksasi pada kulit.


Efek samping masker magnet

Sejauh ini, tidak ada efek samping yang signifikan yang diketahui secara khusus terkait dengan penggunaan masker magnet. Namun, setiap orang dapat memiliki respons yang berbeda terhadap produk perawatan kulit tertentu. 


Untuk menghindari timbulnya efek samping seperti alergi, iritasi, atau kulit menjadi sensitif, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit untuk mengetahui apakah kondisi kulitmu dapat menggunakan masker magnet atau tidak. Dokter akan memberikan rekomendasi dan cara penggunaan yang tepat untukmu. Jika sudah muncul gejala alergi akibat menggunakan masker magnet, segera hentikan penggunaan ya. 

Perlu diingat bahwa sebelum menggunakan masker magnet atau produk perawatan kulit lainnya, sebaiknya baca dan ikuti petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan. Kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli perawatan kulit profesional jika kamu punya masalah kulit tertentu atau memiliki kekhawatiran untuk menggunakan masker magnet. Kamu bisa konsultasi masalah kulit wajah dengan dokter terbaik dari Klinik Diri.


Sumber: 

https://www.siobeauty.com/blogs/resource-center/magnetic-face-mask 

https://www.self.com/story/madonna-magnetic-face-masks 

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a38807053/magnetic-face-mask-review/ 

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/masker-magnet/ 



banner-artikel
Tag:
masker wajah
masker kecantikan
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.