GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Punya Kulit Eksotis dengan Tone Warna Hangat, Yuk Ketahui Cara Perawatannya

Ditinjau oleh dr. Aghis-11 Des 2022
perawatan kulit eksotis

Jenis kulit eksotis bisa didefinisikan dengan karakter alami dari warna kulit. Meskipun setiap warna kulit cantik, tapi apa yang dimaksud kulit eksotis? Kulit eksotis adalah kulit dengan tone antara tan dan medium yang dikenal dengan exotic tone. Kalau di Indonesia, kulit eksotis dikenal dengan warna sawo matang.


Semua jenis tone kulit ,  termasuk tone kulit eksotis wajib dirawat dengan tepat. Penting kamu ketahui, tone kulit dipengaruhi oleh melanin dan ketahanan terhadap paparan sinar matahari. Ini berarti bahwa warna kulit berdasarkan tone bisa berubah. Berbeda dengan undertone yang lebih bersifat permanen karena ini berkaitan dengan warna dasar kulitmu. Jadi, apakah warna kulit lebih light bisa dibuat sawo matang?


Besarnya industri kecantikan bisa memanjakan keinginan konsumen. Kalau kamu ingin membuat warna dasar kulit menjadi warna tone lebih eksotis, tentu bisa dilakukan. Lantas bagaimana cara membuat kulit eksotis? Berikut ulasannya.


Cara membuat warna kulit eksotis

Bagi kamu yang memiliki warna kulit lebih terang, putih atau kuning, agaknya berbahaya jika menyulapnya menjadi cokelat karena terpapar matahari. Pasalnya, perubahan warna kulit bisa jadi tanda kerusakan kulit atau produksi melanin ekstra. Ini merupakan reaksi alami tubuh untuk melindungi dari paparan matahari. Nah, lantas bagaimana cara membuat exotic skin dengan cara yang aman? Yuk, ikuti tips ini.


Hindari sunbeds

Beberapa layanan kecantikan, menawarkan cara membuat kulitmu lebih cokelat yang sehat dengan ‘kursi berjemur’ atau sunbeds. Menurut dokter ahli, ini berbahaya karena paparan sinar UVA tidak disertai UVB terlalu lama dan sering dapat meningkatkan risiko kanker kulit hingga 75 persen.


Jangan berjemur lebih dari 3 jam

Setiap orang memiliki batas melain masing-masing. Rata-rata 2-3 jam bagi kamu yang punya kulit lebih cerah, jika berjemur lebih dari waktu tersebut, kamu hanya akan merusak kulitmu.


Minum suplemen mengandung beta karoten

Selain berjemur, banyak orang mencoba mengaplikasikan krim tan-accelerating untuk membuat warna kulit eksotis. Tetapi, perlu disadari bahwa tidak ada krim yang bisa meningkatkan produksi melanin dan membuat warna kulit lebih gelap. Tetapi menurut dokter ahli, kamu bisa mengonsumsi suplemen beta-carotene 25 gram setiap harinya.


Pesan dokter ahli, jika meng konsumsi suplemen beta karoten bukan berarti kamu tak perlu memakai tabir surya. Kamu tetap wajib memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari efek buruk terpapar sinar UV. Setelah mengetahui tentang cara membuat kulit eksotis, yuk kenali pula cara merawatnya.


Cara merawat kulit eksotis

Pada prinsipnya, setiap kulit membutuhkan perawatan secara rutin. Termasuk apabila kamu memiliki kulit eksotis, ikuti cara berikut ini agar kulit tampak sehat dan cantik paripurna.


Lindungi kulit dari paparan matahari

Matahari memaparkan sinar ultraviolet yang apabila kulit tidak terlindungi dari paparan cahaya tersebut, maka bisa berdampak buruk. Kalau kamu ingin tahu cara membuat kulit eksotis mengkilat, tetap lindungi kulitmu dengan rutin memakai sunscreen saat beraktivitas pagi hari di luar ruangan.


Sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik penuaan, dan kulit kusam. Oleh karena itu, agar kulit mengkilat dan glowing, jangan lupa memakai pelindung kulit. Selain memakai tabir surya atau sunscreen dengan kandungan SPF, disarankan juga untuk pakai topi bertepi lebar saat aktivitas siang hari di luar ruangan. Carilah tempat teduh biar tidak terpapar langsung matahari.


Mengaplikasikan minyak kelapa

Minyak kelapa bersifat anti inflamasi, antioksidan, dan sebagai penyembuh. Tetapi penting untuk kamu ketahui, tidak semua jenis kulit bisa cocok dengan kandungan minyak kelapa. Ini juga merupakan salah satu cara membuat kulit eksotis mengkilat, tetapi kalau kamu memiliki alergi dan kulit sensitif, hindari cara ini ya.


Memakai gel aloe vera

Mengaplikasikan gel aloe vera setiap hari dapat membuat kulitmu sehat dan mengkilat. Kalau untuk warna kulit eksotis, cara alami ini mungkin bisa jadi pilihan. Sebelum memakainya, kamu perlu cek alergi terlebih dahulu ya. Caranya, oleskan sedikit gel lidah buaya pada tanganmu. Jika ridak ada reaksi seperti kemerahan atau gatal dalam 24 jam, artinya aloe vera tidak memicu respons alergi pada kulitmu.


Memakai pelembap setelah mencuci muka

Menjaga kelembapan kulit membuat kulitmu tampak lebih kencang dan bercahaya. Meskipun jenis kulitmu berminyak, kamu tetap wajib memakai pelembap. Artinya apapun jenis kulitmu, termasuk jika kamu memiliki kulit eksotis, tetap harus memakai moisturizer. Nah, cara tepat memakai moisturizer adalah setelah kamu mencuci muka. Setelah cuci muka keringkan wajah dengan diusap lembut menggunakan handuk, lalu kamu bisa mengaplikasikan moisturizer secara merata untuk mengunci kelembaban kulit.


Apabila kamu sedang mencari moisturizer yang paling cocok dengan jenis kulitmu, carilah rekomendasi yg terbaik. Konsultasikan langsung pada dokter kulit di klinik Diri. Ceritakan keluhanmu dan dokter akan memberikan treatment plan untuk mengatasi masalahmu.


Terhidrasi cukup

Menjaga kecantikan kulit eksotis, tidak hanya dilakukan dengan perawatan kulit dari luar. Tetapi juga perlu memastikan tubuhmu terhidrasi cukup. Sebuah penelitian tahun 2015 menunjukkan, tubuh cukup cairan berkaitan dengan kulit sehat. Kalau kamu minum setidaknya 2 liter air mineral sehari, maka kulitmu akan terlihat lebih bercahaya.


Makan makanan sehat dan probiotik

Makanan atau minuman probiotik bermanfaat dalam memperkaya bakteri sehat dalam usus. Efeknya, sistem pencernaan seimbang dan berkontribusi dalam membuat kulitmu tampak bercahaya serta rambut sehat. Kalau untuk makanan sehat, pilih makanan segar yang mendominasi menu makan harianmu. Hindari makanan olahan karena selain banyak kalori, juga rendah serat yang bisa mengganggu sistem cerna.


Itulah cara merawat kulit eksotis maupun jenis kulit lainnya. Seperti yang telah dijelaskan di atas, pada prinsipnya, dalam merawat kulit diperlukan pengetahuan mumpuni. Kalau tidak, bisa membuat kulitmu berisiko mengalami kerusakan atau hasil perawatan tak sesuai harapan. Takut dengan risiko ini? Tenang, di klinik Diri kamu bisa mendapatkan rekomendasi perawatan dan planning berkelanjutan untuk merawat kulit secara tepat.

 

 

Sumber:

http://ladyfabuloux.blogspot.com/2011/05/whats-my-skin-tone.html

https://www.cosmopolitan.com/uk/beauty-hair/a27297/how-to-get-the-best-safe-tan/

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/home-remedies-for-glowing-skin

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.