GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Apa Itu Ice Pick Scars? Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Tim Penulis Diri-18 Jun 2024
Apa Itu Ice Pick Scars? Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Bekas jerawat bisa menjadi masalah yang mengganggu, terutama jika meninggalkan jejak permanen di kulit. Ada beberapa jenis bekas luka jerawat seperti boxcar, ice pick, rolling, hipertropik, dan keloid. Di antara jenis-jenis ini, bekas luka ice pick merupakan salah satu yang terlihat dan juga parah. Ice pick scars berbentuk seperti tusukan kecil yang dalam, seperti kulit ditusuk pick es.


Ice pick scars terbentuk akibat jerawat yang parah dan meradang. Bekas jerawat ini dapat mengganggu penampilan, baik pada pria maupun wanita. Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara menghilangkan ice pick scars? Simak informasinya berikut ini!


Apa itu ice pick scars?

Ice pick scars adalah bekas luka jerawat yang memiliki tampilan cekung atau berlubang. Ini merupakan bopeng atropik terkecil, dengan diameter kurang dari 2mm, namun bekas luka ini cukup dalam dan membentuk huruf V. Bekas luka ini membuat kulit tampak seperti ditusuk oleh pick es kecil. Bekas jerawat ice pick adalah jenis bekas jerawat atropik yang paling umum, sekitar 60% – 70% dari total bekas luka termasuk jenis ice pick.


Jenis bopeng ini sering dialami oleh penderita jerawat papula. Pada jerawat papula, jaringan di bawah permukaan kulit mengalami kerusakan. Akibatnya, struktur kulit tampak seperti tertusuk jarum, meninggalkan tampilan pori-pori besar namun kosong.


Bekas luka jerawat ice pick sangat sulit dihilangkan karena bentuknya yang khas. Perawatan untuk menghilangkan bekas luka ini bisa memakan waktu, dan seringkali memerlukan perawatan yang berkelanjutan.


Apa penyebab ice pick scars?

Menurut National Library of Medicine, bekas luka dapat terjadi pada sekitar 95% orang dengan jerawat. Meskipun jenis jerawat apapun dapat menyebabkan bekas luka, ice pick scars umumnya lebih mungkin terjadi pada orang dengan kondisi jerawat parah.


Berikut adalah beberapa faktor risiko ice pick scars: 

  • Memiliki lesi jerawat inflamasi, seperti kista dan nodul
  • Menunda atau tidak menerima pengobatan untuk jerawat inflamasi
  • Memencet, memecahkan, atau menggaruk jerawat dan lesi
  • Memiliki kerabat dekat yang memiliki bekas luka jerawat



Jerawat parah atau inflamasi dapat menembus kulit lebih dalam, yang dapat merusak kulit dan jaringan di bawahnya. Tubuh menyembuhkan kerusakan ini dengan memproduksi kolagen dan elastin.


Jika produksi kolagen dalam tubuh berlebihan atau kurang, ini dapat menyebabkan bekas luka. Bekas luka cekung seperti ice pick scars dapat muncul ketika tubuh tidak menghasilkan cukup kolagen. Sedangkan jika tubuh menghasilkan terlalu banyak kolagen, bekas luka yang menonjol bisa terbentuk, contohnya keloid.


Cara menghilangkan ice pick scars

Berikut adalah beberapa pilihan cara menghilangkan ice pick scars dengan prosedur:


Microneedling

Metode ini melibatkan jarum-jarum kecil yang menusuk lapisan atas kulit untuk merangsang produksi kolagen dan elastin. Hasil dapat terlihat dalam 6 hingga 12 minggu. Microneedling relatif terjangkau dan memiliki risiko efek samping yang rendah.


Punch grafting 

Menurut The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, punch grafting adalah perawatan terbaik untuk bekas luka ice pick. Prosedur ini melibatkan pengangkatan bekas luka dan menggantinya dengan cangkok kulit (biasanya dari belakang telinga). Punch grafting efektif untuk mengisi bekas luka yang dalam, tapi mungkin memerlukan banyak cangkok.


Punch excision 

Punch excision adalah prosedur bedah untuk menghilangkan bekas luka ice pick. Dalam prosedur ini, dokter kulit menggunakan alat khusus untuk memotong atau mengangkat bekas luka ice pick dari kulit. Setelah itu, kulitmu akan ditutup dengan jahitan untuk memperbaiki area yang telah dipotong. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan bekas luka ice pick dan menghasilkan kulit yang lebih halus.


Laser resurfacing

Prosedur ini menggunakan cahaya laser frekuensi tinggi untuk menargetkan bekas luka ice pick. Laser non-ablative merangsang produksi kolagen, sedangkan laser ablative menghilangkan lapisan kulit.


Microdermabrasion

Perawatan ini menggunakan kristal kecil atau ujung berlian untuk menggosok atau mengikis lapisan atas kulit. Proses ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meratakan permukaan kulit, sehingga bekas luka ice pick menjadi kurang terlihat. Ini adalah cara yang lebih lembut daripada dermabrasi dan dapat membantu memperbaiki penampilan kulit yang rusak oleh bekas luka ice pick.


Dermabrasion

Dermabrasi melibatkan penggunaan alat yang berujung abrasif untuk mengangkat lapisan atas kulit dan bekas luka ice pick. Meskipun lebih kuat daripada microdermabrasion, efeknya tidak permanen dan sering memerlukan beberapa sesi perawatan.


Chemical peels

Chemical peeling membantu mengurangi bekas luka ice pick dengan menghilangkan lapisan atas kulit. Ada beberapa jenis, mulai dari yang ringan hingga yang dalam. Prosedur TCA CROSS juga efektif, menggunakan TCA untuk merangsang pembentukan kolagen. Namun, perlu diingat bahwa peeling kimia meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, terutama yang dalam. Disarankan untuk menghindari sinar matahari selama beberapa bulan setelah perawatan.

Jika kamu ingin menghilangkan bekas jerawat atau bopeng seperti di atas, konsultasikan dengan dokter untuk mendapat prosedur yang tepat sesuai kondisi kulitmu, ya. Kamu bisa konsultasi dengan dokter terbaik dari Klinik Diri yang selalu siap membantumu memiliki kulit sehat dan cantik. Coba konsultasi sekarang, yuk!


Sumber: 

https://skinkraft.com/blogs/articles/ice-pick-acne-scars

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/ice-pick-scars#traditional-treatments

https://www.medicalnewstoday.com/articles/325285#causes


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.