GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Bahaya Produk Kosmetik Tanpa BPOM, Bagaimana Cara Membedakan yang Asli dan Palsu?

Ditinjau oleh dr. Winda-11 Sep 2023
Bahaya kosmetik tanpa BPOM

Produk seperti makanan, minuman, obat, sampai kosmetik yang dijual di pasaran harus mengantongi izin dari BPOM. Sayangnya saat ini banyak kasus produsen tak bertanggung jawab memalsukan label BPOM pada produk-produk yang mereka jual dan yang paling sering adalah produk kosmetik. Lantas bagaimana cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu? Yuk, cari tahu melalui artikel ini.



Mengapa Harus Memiliki Izin dari BPOM?

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) adalah lembaga pemerintah yang memiliki peran untuk mengawasi dan mengontrol izin peredaran obat-obatan, vaksin, suplemen kesehatan, keamanan makanan, dan kosmetik.


Semua produk yang telah terdaftar di BPOM sudah melewati uji klinis dan lolos verifikasi sesuai standar BPOM, sehingga dijamin keamanannya untuk dipakai dan dikonsumsi.

Jadi konsumen tidak perlu khawatir dengan produk yang sudah terdaftar BPOM karena dalam produk tersebut tidak mengandung bahan berbahaya.


Izin yang dikeluarkan BPOM untuk sebuah produk memiliki masa berlaku yang biasanya selama lima tahun. Oleh karena itu, produsen wajib memperpanjang izin dan kemudian BPOM melakukan pemeriksaan ulang pada bahan baku produk tersebut demi memastikan keamanan komposisinya.


Bagaimana Cara Memeriksa Produk Sudah Terdaftar BPOM atau Belum?

Kamu bisa mengecek BPOM sebuah produk secara manual ataupun online. Caranya sangat mudah dan bisa langsung kamu ikuti langkah-langkahnya yang akan dijabarkan di bawah ini.


1.      Memeriksa BPOM Sebuah Produk dengan Cara Manual

Sebagai sebuah lembaga yang bertanggung jawab atas pengawasan izin obat, makanan, dan kosmetik, BPOM menggalakkan kampanye pada masyarakat untuk memeriksa label BPOM pada sebuah produk secara mandiri.


Melalui gerakan Cek Klik, BPOM mengajak masyarakat untuk cek kemasan, cek label, cek izin edar, dan cek tanggal kedaluwarsa sebelum membeli semua produk makanan, obat, dan kosmetik.

Cara Cek Klik yang dikenalkan oleh BPOM meliputi beberapa langkah berikut:

  • Cek  : Melakukan cek produk secara menyeluruh.
  • K     : Kemasan harus dipastikan dalam kondisi baik dan tidak rusak.
  • L      : Label informasi yang tercantum di bungkus produk harus terbaca jelas dan rinci.
  • I       : Izin edar harus dipastikan asli.
  • K     : Kedaluwarsa produk sudah tercantum dan pastikan produk yang dijual tidak  melebihi tanggal kedaluwarsanya.


2.      Memeriksa BPOM Sebuah Produk Secara Online Melalui Laman Resmi BPOM

Ada cara memeriksa BPOM asli atau palsu dengan metode online. Cara ini sangat mudah dan cepat untuk diikuti, selain itu hasilnya juga terpercaya. Bagaimana saja langkahnya?

  • Akses situs resmi BPOM di laman https://cekbpom.pom.go.id/ bisa lewat browser di ponsel ataupun laptop.
  • Pilih menu ‘Produk’ lalu pilih bagian ‘Kategori’. Di laman BPOM tersedia beberapa kategori berikut: obat, obat tradisional, kosmetika, suplemen kesehatan, obat kuasi, dan produk pangan.
  • Ketikkan kata kunci produk yang hendak dicari kemudian mulai pencarian dengan klik ‘Cari’.
  • Selanjutnya, halaman website akan menampilkan informasi lengkap seputar produk yang dicari. Data tersebut meliputi: nomor registrasi, detail produk, dan pendaftar produk.


3.      Memeriksa BPOM Sebuah Produk Melalui Aplikasi BPOM

Cara online dinilai ringkas dan cepat, sehingga banyak orang lebih nyaman mengecek keaslian BPOM dengan metode online. Selain dengan mengakses website resmi BPOM, kamu juga bisa memeriksa BPOM online memakai aplikasi. Ikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini.

  • Unduh aplikasi Cek BPOM di ponsel melalui play store atau app store.
  • Setelah berhasil diunduh, buka aplikasi Cek BPOM.
  • Di halaman awal aplikasi Cek BPOM, muncul beberapa pilihan pencarian, yaitu nomor registrasi, nama dagang (nama produk), dan nama produsen atau nama importir.
  • Masukkan produk yang ingin kamu cari di kolom ‘Kata Kunci Pencarian’.
  • Lalu laman aplikasi akan menyajikan data lengkap produk berupa nomor registrasi, nama produk atau nama dagang, nama pendaftar, dan tempat produk diproduksi.


Bagaimana Jika Menemukan Produk Palsu?

Bila kamu sudah bisa mengecek keaslian label BPOM pada produk-produk yang kamu temui, kamu juga bisa melaporkan produk mencurigakan. Misalnya produk tersebut tidak mencantumkan nomor registrasi BPOM. Bahkan lebih parahnya lagi ada produsen nakal yang nekat mencantumkan nomor registrasi BPOM palsu. Nah, kalau kamu menemukan kasus seperti itu, kamu bisa langsung laporkan produk palsu tersebut ke BPOM dengan cara berikut:

  • Buka website BPOM melalui laman https://ulpk.pom.go.id/ yang bisa diakses dari browser ponsel atau komputer.
  • Pilihlah menu ‘Form Pengaduan’ yang tersedia di halaman depan website.
  • Kemudian isi semua kolom pengaduan dengan lengkap.
  • Setelah selesai isi, langsung kirimkan dengan memilih menu ‘Kirim’, lalu laporan akan diperiksa dan ditindaklanjuti oleh BPOM.


Itu dia cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu dengan tepat. Sebagai konsumen, kamu harus pintar mengamati produk-produk yang dijual di pasaran karena ada saja produsen curang yang mengakali izin BPOM apalagi produk-produk kosmetik. Jangan sampai terkecoh karena bisa saja berimbas buruk pada kesehatan.


Daripada ambil risiko salah beli produk kosmetik, lebih baik langsung konsultasikan langsung pada ahlinya. Klinik Diri menawarkan jasa konsultasi gratis dengan dokter berpengalaman. Setelah konsultasi, dokter akan merekomendasikan produk skincare sesuai dengan kebutuhan kulit. Yuk, segera konsultasi di sini.


Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230111173231-190-899138/3-cara-cek-produk-bpom-biar-tahu-asli-atau-palsu

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/cek-bpom-kosmetik/


banner-artikel
Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.