GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Apa Bedanya Jerawat PIE dan PIH? Ini Penjelasan & Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Intan-27 Nov 2023
Apa Bedanya Jerawat PIE dan PIH? Ini Penjelasan & Cara Mengatasinya

Mengatasi masalah jerawat memang tidak mudah, tapi mengatasi bekas jerawat akan jauh lebih susah. Biasanya jerawat akan meninggalkan bekas berwarna coklat kehitaman atau kemerahan. Hal ini membuat warna kulit menjadi tidak rata dan mengganggu penampilan. 


Terkadang walau sudah mencoba banyak produk skincare dengan klaim yang mampu menghilangkan bekas jerawat pun belum tentu dapat mengatasinya. Nah tahukah kamu, mungkin saja kamu menggunakan produk yang kurang tepat. Seperti jerawat, bekas jerawat juga ada jenisnya loh!


Ada dua jenis bekas jerawat yakni bekas jerawat PIE (Post Inflammatory Erythema) dan PIH (Post inflammatory Hyperpigmentation). Keduanya tentu memiliki perbedaan dari segi tampilan dan cara mengatasinya. Supaya kamu nggak salah penanganan, yuk kita cari tahu apa sih perbedaan antara PIE dan PIH berikut ini!  


Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH

Bekas jerawat PIE menyebabkan bekas kemerahan atau keunguan dari membesarnya pembuluh darah (discrete erythematous macules) akibat inflamasi. Nah inflamasi bisa terjadi karena jerawat yang meradang, paparan sinar matahari, penggunaan skincare yang tidak tepat atau karena memencet jerawat. Jenis bekas jerawat ini tidak membentuk tonjolan atau cekungan yang mengubah tekstur kulit. Biasanya bekas jerawat PIE akan lebih jelas terlihat saat jerawat baru saja sembuh dari peradangan, apalagi jika kamu memiliki warna kulit terang.


Sementara itu, bekas jerawat PIH menimbulkan noda kehitaman atau kecoklatan pada kulit akibat produksi melanin berlebih akibat inflamasi. Bekas jerawat PIH lebih sering terjadi pada seseorang dengan jenis kulit berpigmen, seperti orang-orang berkulit sedang sampai gelap. Hal ini karena kulit gelap memiliki sel yang cenderung aktif memproduksi melanin. Bekas jerawat PIH cenderung bertahan lebih lama daripada bekas jerawat PIE, karena perubahan warna kulit yang lebih dalam.   


Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE

Berbeda jenis, berbeda juga cara menanganinya. Untuk mengatasi bekas jerawat PIE (Post Inflammatory Erythema), kamu memerlukan perawatan yang berfokus pada memudarkan kemerahan atau keunguan pada wajah. Berikut beberapa cara untuk mengatasi bekas jerawat PIE:


1. Perawatan Topikal

Perawatan kulit, seperti menggunakan produk-produk skincare yang mengandung zat aktif niacinamide, vitamin C, dan asam azelaic terbukti mampu mencerahkan bekas kemerahan akibat jerawat. Kandungan niacinamide membantu mengurangi perubahan warna pada bekas jerawat. Sementara itu, asam azelaic juga dapat mengurangi hiperpigmentasi kulit. Kamu bisa mulai menggunakan produk yang sifatnya ringan terlebih dahulu seperti toner. 


2. Rutin Menggunakan Sunscreen

Kamu tahu nggak, kalau sunscreen tidak hanya membantu melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari loh, tapi juga punya andil untuk mencegah dan mengobati bekas jerawat. Pasalnya, sinar UV dari matahari merupakan salah satu faktor penyebab hiperpigmentasi. Gunakan sunscreen dengan SPF cukup setiap hari agar bekas jerawat PIE terlindungi sehingga kondisinya tidak menjadi lebih buruk. 


3. Perawatan Klinik

Nah, jika kamu merasa bekas jerawat PIE cukup parah, dan sulit diatasi dengan menggunakan produk skincare saja, kamu bisa mulai berkonsultasi dengan dokter kulit untuk perawatan klinik. Beberapa prosedur medis, seperti terapi laser, IPL (Intense Pulsed Light), atau mikrodermabrasi, dapat membantu memudarkan bekas jerawat PIE. 


4. Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Selain melakukan perawatan kulit secara konsisten dan sabar, kamu juga perlu mengurangi kebiasaan menyentuh wajah, nih. Karena kuman atau bakteri pada tangan dapat berpindah ke wajah, dan memperburuk kondisi bekas jerawat PIE. Kamu juga tidak perlu terlalu sering membersihkan wajah dan melakukan eksfoliasi. Lakukan perawatan kulit secara wajar agar bekas jerawat cepat hilang dan tidak memperparah kondisinya.


Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIH

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses perawatan bekas jerawat PIH memang butuh waktu yang lebih lama, karena hiperpigmentasi. Namun, bukan berarti tidak bisa diatasi secara menyeluruh, ya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bekas jerawat PIH:


1. Perawatan Topikal

Untuk mengatasi bekas jerawat PIH, kamu bisa menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan mencerahkan kulit. Misalnya seperti alpha arbutin, vitamin C, niacinamide, dan kojic acid. Bahan pencerah ini memiliki fungsi untuk menghambat pembentukan melanin, memudarkan bekas jerawat, hingga membantu meratakan warna kulit. 


2. Rutin Menggunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen juga merupakan langkah penting dalam mengatasi bekas jerawat PIH. Sinar matahari dapat memperburuk perubahan warna pada bekas jerawat dan membuatnya lebih terlihat. Kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF yang cukup setiap hari, reapply setidaknya 2-3 jam sekali, bahkan saat sedang tidak terkena sinar matahari langsung.


3. Rutin Eksfoliasi

Saat kita mengeksfoliasi kulit, lapisan melanin yang membentuk PIH akan ikut terkikis bersama sel-sel kulit mati. Penggunaan eksfoliasi yang lembut, seperti asam glikolat atau asam laktat, dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi kulit baru. Ini dapat membantu memudarkan bekas jerawat PIH.


4. Perawatan Klinik  

Nah jika kamu ingin merasakan hasil yang lebih cepat, kamu bisa melakukan prosedur medis seperti terapi laser, IPL (Intense Pulsed Light), atau terapi mikrodermabrasi, yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi pada bekas jerawat PIH. Namun sebelum itu, konsultasikan terlebih dulu dengan seorang dokter ahli untuk menentukan perawatan medis yang sesuai.


Oke, itulah penjelasan mengenai perbedaan jerawat PIE dan PIH, serta cara mengatasinya. Sebelum mencoba perawatan apapun, disarankan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional perawatan kulit atau dokter kulit. Mereka dapat melakukan evaluasi pada kulit kamu, dan merekomendasikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. 


Kamu bisa coba klik link ini, atau download aplikasi Diri Care untuk mulai berkonsultasi secara online, dan mendapatkan produk perawatan wajah yang ampuh dan khusus oleh ahlinya. Yuk, mulai konsul!


Referensi:

https://www.base.co.id/blog/perbedaan-pie-dan-pih-dengan-skincare-routine-untuk-mengatasinya

https://www.garnier.co.id/tips-dan-trick/perawatan-wajah-wanita/yuk-kenali-perbedaan-bekas-jerawat-pih-dan-pie

https://blog.avoskinbeauty.com/bekas-jerawat-pie-dan-pih-ternyata-berbeda/ 


Tag:
jerawat
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.