GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

5 Langkah Tepat Merawat Bekas Jerawat PIE yang Susah Hilang

Tim Penulis Klinis-18 Jul 2022
Menghilangkan Bekas Jerawat Merah PIE Diricare

Artikel ini ditulis oleh: tim penulis klinis diricare.com dan ditinjau oleh: dr. Elita M.


Kemunculan jerawat membuat rasa percaya diri berkurang. Sebab, setelah kemunculannya tak jarang meninggalkan bekas di wajah yang cukup mengganggu penampilan. Seringnya bekas jerawat berwarna hitam, kemerahan, atau bahkan ada sedikit rona ungu. Namun, bekas jerawat kemerahan atau bekas jerawat PIE cenderung lebih bandel dan memiliki tampilan yang menonjol.


Sebenarnya apa itu bekas jerawat PIE? Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara menghilangkannya? Artikel ini akan membahas tentang bekas jerawat PIE, mulai dari pengertian, faktor penyebabnya, dan cara merawat bekas jerawat PIE yang membandel supaya kulit kembali prima, berikut liputannya.


Apakah Jerawat PIE Itu?

Setelah tumbuh jerawat, seringkali meninggalkan jejak pada kulit yang secara umum disebut hiperpigmentasi, yakni bertambahnya produksi melanin di kulit akibat luka ataupun iritasi.


Akan tetapi, hiperpigmentasi tidak selalu membuat kulit bertambah gelap. Pada orang yang memiliki gen kulit cerah dan putih, kulit akan mengalami kemerahan saat terjadi hiperpigmentasi sebab orang berkulit putih tidak memproduksi banyak melanin. Maka dari itu, orang-orang dengan kulit cerah dan putih cenderung mempunyai bekas jerawat kemerahan atau tipe bekas jerawat PIE (post-inflammatory erythema).


Sementara itu, orang berkulit sawo matang dan gelap memiliki produksi melanin yang lebih banyak, sehingga kulit akan menggelap ketika mengalami hiperpigmentasi. Tampilan bekas jerawat akan berwarna coklat atau kehitaman. Bekas jerawat yang menggelap tersebut bernama PIH (post-inflammatory hyperpigmentation).


Apa Penyebab Munculnya Bekas Jerawat PIE?

Warna kemerahan pada bekas jerawat PIE berasal dari adanya kerusakan, pelebaran, dan inflamasi pada pembuluh darah kecil atau kapiler yang terletak jauh di lapisan dalam kulit. Sedangkan bekas jerawat PIH bisa muncul karena adanya inflamasi pada kulit beserta terlalu banyak terkena paparan sinar matahari.


Seringnya cystic acne atau umumnya terkenal dengan ‘jerawat mendem’ menjadi penyebab utama munculnya bekas jerawat PIE. Di samping itu, sunburn dan penyakit kulit seperti dermatitis juga bisa menyebabkan munculnya bekas PIE pada kulit.


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat PIE

Sebetulnya bekas jerawat PIE bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, bekas jerawat PIE tidak hilang begitu saja dengan mudahnya. Bekas jerawat ini terbilang cukup bandel dan mampu bertahan selama berminggu-minggu bahkan hingga berbulan-bulan bila tidak melakukan perawatan.


Bekas jerawat PIE memang sangat membandel, bila kamu ingin menghilangkan kemerahan di kulit wajah dengan cepat, bisa lakukan perawatan menggunakan langkah-langkah di bawah ini.


1.  Treatment dengan Sinar Laser

Jika kamu ingin menghilangkan bekas jerawat PIE dengan instan, tidak ada salahnya mencoba treatment sinar laser yang dilakukan oleh dokter di klinik kecantikan.


Sinar laser akan menembus pembuluh darah yang rusak akibat inflamasi pada jaringan terdalam kulit. Treatment ini bisa mengurangi inflamasi dan mengembalikan warna kulit seperti semula. Untuk hasil yang maksimal, membutuhkan beberapa kali perawatan laser.


2.  Microneedling

Selain treatment dengan sinar laser, di klinik kecantikan kamu juga bisa melakukan treatment menggunakan microneedling. Perawatan ini memakai alat khusus bernama dermaroller yang di dalamnya terdapat jarum kecil.


Alat tersebut bisa mengontrol kerusakan pada jaringan kulit, merangsang pertumbuhan kolagen, dan menghilangkan rona kemerahan pada kulit. Biasanya setelah melakukan treatment ini, dokter akan menambahkan produk topikal yang mengandung vitamin C atau tretinoin.


3.  Menggunakan Obat-Obatan Topikal

Cara paling mudah untuk memberantas bekas jerawat kemerahan di kulit wajah adalah dengan menggunakan bantuan dari obat-obatan oles atau topikal. Cari produk obat topikal yang mengandung vitamin C atau niacinamide (turunan vitamin B3).


Kedua komposisi tersebut sudah terkenal sebagai pencerah kulit. Selain bisa mencerahkan, baik vitamin C dan niacinamide juga bisa sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan kulit akibat inflamasi dan jahatnya sinar UV.


4.  Kurangi Eksfoliasi

Eksfoliasi memang bermanfaat agar proses regenerasi kulit semakin cepat, sehingga kulit lebih sehat dan terasa halus. Akan tetapi, sebaiknya jangan melakukan eksfoliasi bila terdapat jerawat aktif.


Bukannya semakin cepat sembuh, inflamasi akan semakin parah jika melakukan eksfoliasi ketika jerawat sedang parah-parahnya. Efek lainnya, bekas jerawat PIE jadi semakin jelas dan susah hilang akibat adanya iritasi parah.


5.  Jangan Sembarangan Menyentuh Jerawat

Cara paling murah dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat PIE adalah dengan menahan diri untuk menyentuh jerawat, apalagi pada jerawat aktif yang meradang.


Jika kamu sembarang menyentuh jerawat, terutama dengan kondisi tangan yang kotor, peradangan pada jerawat akan semakin parah. Erythema atau bekas jerawat kemerahan pun jadi semakin jelas.


Itu dia ulasan lengkap tentang bekas jerawat PIE beserta cara menghilangkannya. Rawat kulit cantikmu. Bebaskan dari bekas jerawat membandel dengan rangkaian skincare dari Diricare yang terformulasi khusus sesuai kondisi kulitmu. Semakin cepat melakukan perawatan jerawat, maka bekas jerawat PIE akan lebih cepat hilang. Saatnya #RawatDiri bersama Diri Care sekarang!


Referensi:

https://www.healthline.com/health/acne/post-inflammatory-erythema#treatments

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/what-to-know-about-post-inflammatory-erythema

https://banish.com/blogs/article/pie-vs-pih-how-to-tell-the-difference

Tag:
jerawat
bekas jerawat merah
skincare
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.