GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

7 Rekomendasi Buah yang Terbukti Bagus untuk Kulit

Tim Penulis Diri-12 Des 2022
buah bagus untuk kulit

Supaya kulit bisa terawat dan sehat, tidak cukup memberikan nutrisi dari luar saja. Tetapi kamu juga wajib menutrisinya dari dalam. Selain mengonsumsi suplemen dan multivitamin, nutrisi untuk kulit bisa didapatkan dari buah-buahan. Nah, berikut ini tujuh rekomendasi buah yang bagus untuk kulit. Apa saja daftarnya?



Seberapa Penting Buah untuk Kesehatan Kulit?

Buah memang mengandung banyak nutrisi, vitamin, mineral, dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap segar dan bugar. Meski bisa mendapatkan semua nutrisi yang kamu butuhkan dari suplemen, tetapi tentu lebih baik kamu mengonsumsi buah-buahan segar.


Salah satu vitamin yang paling banyak terkandung dalam buah adalah vitamin C. Selain untuk memperkuat imun, vitamin C juga memberikan manfaat bagi kulit sebagai agen pencerah dan dapat memudarkan bekas jerawat.  


Selain itu, vitamin B juga umum ditemukan di hampir semua buah. Vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas kulit. Kemudian di dalam buah juga ditemukan kandungan antioksidan serta vitamin A yang tinggi. Keduanya bermanfaat untuk mengurangi jerawat dan mengatasi kerusakan kulit.


Jenis Buah yang Bagus Buat Kulit dan Baik Kamu Konsumsi

Buah ada banyak sekali jenisnya dengan rasa yang bermacam-macam pula. Mulai dari rasa asam, manis, hambar, hingga getir. Terlepas dari rasanya, kandungan buah-buahan yang kaya nutrisi ini baik dikonsumsi setiap hari tentu dalam porsi secukupnya. Lalu, buah apa saja yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit? Berikut daftarnya.


Jeruk

Identik dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, jeruk harus masuk ke dalam daftar buah yang baik untuk kulit. Peran vitamin C sangat penting untuk mendapatkan kulit cerah, terhidrasi, dan lembab.


Tidak sampai di situ saja, vitamin C juga punya manfaat untuk memproduksi kolagen. Jadi, jika kamu rajin mengonsumsi jeruk atau buah-buahan lain yang tinggi vitamin C, kulitmu akan lebih kenyal, kencang, dan awet muda.


Pepaya

Tidak hanya untuk mengobati masalah pencernaan, buah pepaya juga kerap jadi alternatif mengatasi permasalahan kulit. Sudah banyak yang membuktikan kalau pepaya efektif membantu menjaga kesehatan kulit karena kaya akan vitamin A, B, C, dan antioksidan.


Pepaya dapat mempertahankan kadar air pada pori-pori, mencerahkan, dan mempercepat pemulihan sel kulit yang rusak akibat luka atau jerawat. Maka dari itu, kalau kamu punya keluhan jerawat dan bekas jerawat membandel, tidak ada salahnya rutin memakan pepaya setiap pagi.


Lemon

Selain jeruk, buah lemon juga identik sebagai buah yang tinggi vitamin C. Tidak heran banyak produk kecantikan yang menggunakan lemon sebagai salah satu komposisi untuk mencerahkan kulit, menyamarkan tanda penuaan, dan memudarkan bekas jerawat.


Lemon juga terkenal karena manfaatnya sebagai bahan alami yang bisa mengurangi kerusakan sel akibat paparan sinar ultraviolet. Karena punya segudang manfaat, sampai saat ini lemon masih jadi primadona untuk campuran bahan perawatan kulit.


Semangka

Siapa yang tidak suka semangka? Buah satu ini mengandung banyak air, segar, dan rasanya manis. Hanya melihat dari rupanya saja, banyak orang yang sudah tahu kalau semangka bisa memberikan suplai cairan tubuh. Ketika tubuh mendapat asupan cairan yang memadai, otomatis kulit akan terasa kenyal, segar, dan lembab.


Buah satu ini juga mengandung vitamin A, B1, B6, C, dan lycopene yang terhitung tinggi. Nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jaringan kulit, menunda penuaan, memperbaiki tekstur kulit, dan melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.


Keunggulan lainnya dari semangka adalah semangka tidak mengandung lemak dan rendah gula, sehingga buah ini ramah untuk kamu yang sedang menjalani program diet.


Timun

Sering ada di dalam lalapan, timun termasuk buah yang bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sebagian besar kandungan timun merupakan air. Kemudian, timun juga tinggi antioksidan, vitamin C, dan vitamin K.


Timun pun bisa dijadikan pilihan sebagai buah yang rutin dikonsumsi, terutama bila kamu punya keluhan kulit kusam, hiperpigmentasi, dehidrasi, dan jerawat. Menariknya lagi timun juga bisa membantu mengurangi mata panda dan mata bengkak.


Nanas

Nanas mengandung vitamin A, C, K, dan mineral yang penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Di samping itu, nanas juga kaya akan bromelain yang bersifat anti-inflamasi dan dapat mempercepat penyembuhan luka.


Selain segar dan ampuh memberantas sariawan, buah berduri satu ini juga punya manfaat mengencangkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, mengurangi jerawat, dan mengelupas sel kulit mati.


Mangga

Mangga jadi salah satu buah tropis yang disukai banyak orang. Daging buahnya yang lembut, segar, dan manis cocok di lidah semua orang. Namun, tidak hanya rasa yang lezat, mangga ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan kulit.


Deretan vitamin yang terkandung di daging buah mangga adalah vitamin A, C, dan E. Membuat mangga dapat mempercepat pemulihan luka, menyamarkan garis halus, mengurangi jerawat, serta memudarkan bekas jerawat. Mengonsumsi mangga dalam jumlah cukup dapat memancarkan cerahnya kulit secara alami.


Itu dia tujuh rekomendasi buah yang bagus untuk kulit. Sangat penting merawat kulit dari dalam maupun luar. Selain menjaga asupan dan pola makan, kamu juga harus rutin memakai skincare yang sesuai kebutuhan kulit. Selain gratis, keuntungan lain berkonsultasi di Diricare adalah kamu bisa mendapatkan skincare custom yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit. Yuk, mulai konsultasi sekarang!


Sumber:

https://skinkraft.com/blogs/articles/fruits-to-eat-for-glowing-skin

https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/everyday/fruits-for-glowing-skin-you-need-to-include-in-your-diet

banner-artikel
Tag:
solusi
tips
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.