GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Lihat 10 Daftar Buah-Buahan untuk Mencegah Jerawat, Saatnya Miliki Kulit Wajah yang Diimpikan

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-19 Agt 2022
Buah-Buahan untuk Mencegah Jerawat Diricare

Jerawat merupakan salah satu keluhan kulit yang lumrah dan siapa saja bisa mengalaminya. Penyebab timbulnya jerawat bisa bermacam-macam, mulai dari pengaruh hormon, kondisi kulit yang terlalu berminyak, hingga jenis kulit yang memang rentan berjerawat. Masalah jerawat tidak boleh disepelekan, oleh karena itu kamu harus menjaga kesehatan kulit tidak hanya dari luar saja tetapi juga dari dalam. Makanan alami seperti buah-buahan dapat membantu meningkatkan kondisi kulitmu agar jerawat bisa cepat teratasi. Lalu apa saja buah yang bagus untuk kulit berjerawat?


Apakah Makanan Bisa Berpengaruh pada Kondisi Kulit?

Banyak pendapat yang mengatakan kalau apa yang kita makan berpengaruh pada kondisi tubuh kita termasuk kulit. Apakah itu benar? Pendapat itu tak sepenuhnya salah, karena ternyata banyak penyakit serta masalah kulit perlahan jadi membaik setelah tubuh mengonsumsi vitamin dari suplemen multivitamin ataupun memakan buah dan sayur.


Kandungan dari makanan yang kamu konsumsi, terutama yang terdapat dalam buah dan sayur, bisa memberikan asupan antioksidan alami bagi tubuh untuk menangkal berbagai masalah kesehatan,


Kemudian, apakah makanan bisa mempengaruhi kesehatan kulit? Jawabannya adalah iya. Mengonsumsi makanan yang bergizi, berserat, tinggi nutrisi, dan rendah gula sangat disarankan untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari berbagai masalah kulit, salah satunya jerawat.


Jenis Buah-Buahan yang Bagus untuk Mengatasi Kulit Berjerawat

Selain sayur-sayuran hijau, kamu bisa mendapatkan makanan tinggi vitamin dan serat dari buah-buahan. Nah, jenis buah apa saja yang paling baik untuk merawat kulit wajah terutama bagi yang berjerawat?


1. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah segar, kaya air, dan rasanya sedikit asam. Di dalamnya mengandung banyak vitamin C dan vitamin E, sehingga mengonsumsi buah ini sangat tepat untuk meningkatkan imunitas dan merawat kesehatan kulit.


2. Ceri

Buah ceri seringnya hanya menjadi pemanis pada kue atau pastry. Namun, ternyata ceri termasuk buah yang bisa mengatasi jerawat. Sebab, ceri mengandung antioksidan yang tinggi dan indeks glikemiknya rendah. Sangat bagus untuk merawat kesehatan kulit dan bisa jadi santapan di kala diet.


3. Tomat

Para ahli merekomendasikan tomat untuk upaya menjaga kulit tetap prima. Tomat mengandung antioksidan dan karotenoid yang tinggi, sehingga bisa memperlambat penuaan pada sel. Kulit pun akan terlihat segar, kenyal, dan awet muda.


4. Stroberi

Terkenal kaya akan vitamin C, stoberi menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu konsumsi saat kulit sedang berjerawat. Vitamin C dapat merangsang produksi kolagen yang berperan memperlambat penuaan dan melindungi kulit dari jahatnya sinar UV. Selain itu, stroberi juga tinggi antioksidan. Dapat mencegah pori-pori dari masalah kulit seperti komedo dan jerawat.


5. Semangka

Dalam buah semangka terdapat kandungan nitric oxide, fungsinya bisa membantu memudarkan flek hitam dan mencegah tumbuhnya jerawat. Kemudian, lycopene dan asam amino pada semangka juga bisa membantu tampilan kulit terlihat lebih segar dan tidak kusam. Semangka juga mengandung multivitamin, yakni vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C yang berperan melindungi kulit dari paparan UV.


6. Delima

Buah delima atau pomegranate sangat tinggi antioksidan, anthocyanin, dan ellagic acid. Ketiganya dapat mengurangi kerutan dan hiperpigmentasi, mengencangkan kulit, memberikan kelembaban, dan melindungi permukaan kulit dari sinar UV yang bisa merusak jaringan kulit.


7. Lemon

Selain stroberi, lemon juga terkenal dengan kandungan vitamin C yang amat tinggi. Buah lemon juga ternyata sudah sering menjadi bahan utama astringent, karena lemon bisa mengencangkan kulit dan memudarkan bintik hitam. Namun, jangan sekali-sekali menggunakan lemon sebagai pengobatan topikal karena bisa merusak lapisan kulit. Sebaiknya konsumsi lemon dalam bentuk minuman, jus, atau dalam bentuk serum wajah.


8. Labu

Siapa sangka mengonsumsi labu sangat baik untuk mengatasi keluhan jerawat? Kandungan enzim, zinc, dan alpha hydroxy acid pada labu bisa mempertahankan pH kulit agar tetap seimbang. Di samping itu, mengonsumsi labu secara teratur bisa mengontrol sebum dan melembutkan kulit seolah habis melakukan eksfoliasi.


9. Pepaya

Pepaya mengandung banyak enzim papain. Selain bagus untuk pencernaan, enzim ini juga sangat bagus bagi kulit. Bila menggunakannya secara topikal, pepaya bisa mencegah pori-pori tersumbat, mengelupas sel kulit mati, dan memberi kelembaban, sehingga mencegah tumbuhnya jerawat yang lebih parah. Lalu jika pepaya dikonsumsi bisa meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi keriput.


10. Anggur Merah

Anggur merah bergabung menjadi golongan buah-buahan yang tinggi akan antioksidan. Zat antioksidan ini berguna menangkal radikal bebas dari berbagai zat asing di luar yang bisa merusak jaringan kulit. Memakan anggur merah secara rutin dapat memasok kebutuhan vitamin harian sehingga tubuh tetap sehat. Di sisi lain, kondisi kulit juga tambah bagus karena anggur bisa mengatasi kulit yang inflamasi.


Itulah sepuluh buah-buahan yang baik untuk kulit berjerawat. Merawat kulit memang tidak cukup dari luar saja. Kamu perlu merawat kulit dari dalam dengan memakan lebih banyak sayur dan buah segar. Kemudian batasi konsumsi makanan kurang sehat seperti gorengan, junk food, dan makanan tinggi gula.


Supaya perawatan kulit tidak setengah-setengah, kamu bisa lakukan konsultasi kulit pada dokter kulit. Diricare menyediakan jasa konsultasi gratis dengan dokter berpengalaman. Setelah konsultasi, dokter akan merekomendasikan produk yang sesuai permasalahan kulitmu. Yuk, mulai konsultasi sekarang.


Referensi:

https://www.hollandandbarrett.com/the-health-hub/natural-beauty/skincare/nine-foods-eat-reduce-spotty-skin/

https://curology.com/blog/summer-fruits-vegetables-help-acne/

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/anti-acne-foods#cauliflower

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/10-skin-friendly-foods-that-can-cure-acne/articleshow/68496800.cms

Tag:
jerawat
tips
glowing
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.