GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Sederhana, kok! Begini 7 Cara agar Rambut Tidak Mengembang

ditinjau oleh: dr. Deviana H.-06 Jul 2022

Rambut diibaratkan sebagaimana sebuah mahkota, namun dalam merawatnya terdapat berbagai tantangan yang harus dilalui untuk mendapatkan keindahan maksimal. Sekali saja salah melakukan perawatan, bisa bikin mengembang dan sulit diatur. Jika kamu sedang mengalami masalah ini, berikut adalah cara agar rambut tidak mengembang, mudah kok.


Penyebab rambut mengembang berkaitan dengan kelembapan. Ketika rambut rusak, kering, dan melakukan perawatan menggunakan bahan kimia, membuat kutikula atau lapisan luar helai rambut terangkat dan terbuka. Sehingga membuat kelembapan berkurang dan menyebabkan rambut mengembang dan sulit diatur. Faktor lain yang ternyata menyebabkan rambut mengembang, diantaranya sebagai berikut.


Penyebab rambut mengembang

Beberapa hal mungkin tidak kamu sadari menjadi pemicu rambutmu sulit diatur. Mulai dari keliru memakai produk hingga perawatan yang tidak tepat membuat rambutmu jauh dari kelembutan. Berikut penjelasannya secara detail mengenai hal-hal yang menyebabkan rambutmu mengembang.


1. Sering keramas dengan air yang terlalu panas

Ketika mandi mengenakan pemanas air, kamu perlu memperhatikan betul suhu yang tepat. Air yang terlalu panas yang dipakai untuk keramas, bisa menyebabkan efek yang sama seperti berkaitan dengan kelembapan. Menurut penata rambut profesional, Monica Davis, ketika diguyur air yang terlalu panas membuat kutikula kering dan terbuka. Itu sebabnya mencuci rambut dengan air hangat tetap cara terbaik.


2. Produk rambut dengan formulasi bahan terlalu kuat

Alih-alih agar mendapatkan hasil maksimal, kandungan kimia yang kuat bisa membuat keluhan pada rambut jadi bertambah. Risiko memakai produk rambut yang mengandung bahan kimia tinggi, bisa menghilangkan minyak alami rambut yang berfungsi menghaluskan rambut. Artinya, periksa seluruh produk rambut sebelum mengambil langkah cerdas untuk mengatasi rambut mengembang.


Produk rambut yang mengandung bahan kimia keras, meliputi pewarna rambut, produk yang mengandung sulfat, alkohol, dan perm. Selain itu, kandungan amonia yang diformulasikan sebagai bahan bleaching juga tak aman untuk rambutmu. Kandungan ini membuat permukaan rambut kasar ketika disentuh.


3. Penataan rambut dengan alat yang panas

Alat penata rambut yang panas, selalu merusak rambutmu. Oleh karena itu tidak disarankan memakainya setiap hari. Disamping itu, kamu perlu memakai kondisioner, minyak, atau cairan lainnya untuk meminimalkan kerusakan akibat panas sebelum dan sesudah penataan rambut.


4. Mencuci rambut secara berlebihan

Apakah kamu mencuci rambut setiap hari? Ini juga bisa memicu kerusakan pada kutikula dan menyebabkan rambut kehilangan minyak alami untuk tetap sehat serta lembap. Kamu hanya perlu mencuci dua hingga tiga kali seminggu. Apabila beraktivitas di luar ruangan dan terpapar matahari, kenakan pelindung untuk menutupi rambut ya.


5. Keliru cara mengeringkan rambut

Kalau kamu sering mengeringkan rambut dengan menggosoknya dengan handuk, bisa membuat kutikula jadi memburuk. Gesekan dengan handuk secara kasar, perlu kamu hindari untuk menjaga kelembapan alami rambut.


Nah, untuk membuat rambut tidak mengembang, cara paling jitu adalah dengan memastikan kutikula rambut terjaga dengan baik dan tertutup rapat. Lantas bagaimana cara agar rambut tidak mengembang? Berikut langkah mudah yang perlu kamu lakukan.


Cara agar rambut tidak mengembang

Rambut halus, lembut, dan tidak mengembang jadi keinginan banyak orang. Tidak hanya bagi kamu yang punya rambut keriting. Tetapi rambut mengembang dan kering bisa berpotensi dialami semua tipe lurus, baik keriting, panjang, maupun pendek. Untuk mengatasinya, lakukan tips sederhana berikut ini ya.


1. Memakai produk yang melembapkan

Rambut mengembang, membutuhkan tambahan produk yang bisa melembapkan. Karena rambut mengembang disebabkan satu faktor dengan kebiasaan yang keliru sehingga membuat rambut kering, maka kamu perlu membantu mengembalikan kelembapan alami rambut. Caranya, pakai produk rambut yang melembapkan atau dengan kandungan minyak kelapa, minyak argan, ataupun jojoba.


2. Hindari sampo dan kondisioner dengan bahan terlalu keras

Rambut keriting paling rentan mengalami kekeringan. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu perlu mempertimbangkan untuk menghindari produk sampo dan kondisioner yang mengandung bahan terlalu keras. Seperti sulfat, silikon, dan paraben yang menghilangkan kelembapan alami rambutmu.


3. Pakai sisir bergigi lebar

Hal yang perlu kamu hindari, ialah menyisir rambut saat masih basah sehabis keramas. Pada kondisi basah, rambut lebih rapuh sehingga mudah patah jika disisir. Apalagi menggunakan sisir bergigi rapat yang bisa memaksa meluncur hingga ujung rambut. Saran penata rambut Kylee Heath, sisir setelah rambut setengah kering. Pilih sisir bergigi lebar untuk mencegah kerusakan rambut dan rambut bercabang.


4. Mengeringkan rambut dengan tepat

Ganti handuk dengan bahan lebih lembut merupakan cara agar rambut tidak mengembang. Sebab handuk berbahan kasar dan menggesek rambut ketika mengeringkannya bisa menjadi bencana besar buat kelembutan rambutmu. Pastikan cara mengeringkan rambut jangan terlalu agresif ya. Lakukan dengan lembut, yaitu dengan meremas dan memeras tanpa menggesek ke arah berlawanan.


5. Pakai pelindung rambut

Rambut terpapar matahari tanpa pelindung juga bisa menyebabkan kelembapan alami rambut menguap. Ketika beraktivitas di luar ruangan, kenakan pelindung rambut seperti topi bertepi lebar yang menutup seluruh rambut dari paparan matahari. Disamping itu, pakai pula produk pelindung ketika mencatok, mengeriting, bahkan ketika memakai hairdryer.


6. Melengkapi perawatan dengan serum rambut

Serum rambut bisa diandalkan untuk mengatasi rambut kusut dan mengembang. Serum juga bermanfaat untuk menghaluskan dan melindungi kutikula setiap helai rambutmu. Nah, pemilihan serum untuk rambut tidak mengembang perlu dipertimbangkan lebih lanjut dengan melakukan konsultasi ke dokter ahli.


Langkah tersebut perlu dipilih agar kamu mendapatkan treatment yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan rambut sehatmu.


7. Rutin memotong rambut

Memotong rambut bukan hanya untuk memperbarui gaya rambutmu. Tetapi juga untuk mencegah kerusakan dan rambut tumbuh mengembang. Pastikan kamu rutin memangkas setidaknya satu sentimeter setiap tiga bulan sekali. Tujuan lain dari rutin memotong rambut ialah mengurangi kerentanan rambut tumbuh bercabang.


Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut mengembang, kering, dan sulit diatur. Sebagai tambahan, pertimbangkan alas tidurmu atau bantal. Periksa bahannya, hindari kain sarung bantal yang panas dan tidak bertindak lembut pada rambutmu.


Nah, cara agar rambut tidak mengembang lainnya, kamu bisa menambahkan pelembap instan tanpa bilas jika tak punya banyak waktu untuk merawat rambutmu. Nah, biar langkahmu merawat rambut enggak salah arah dan bikin mengembang tambah parah, kamu dapat mengkonsultasikan masalah rambut kering, rontok, dan sulit diatur ke klinik Diri Care


Yuk saatnya #RawatRambut sehat dan tebal bersama Diri sekarang! Dapatkan haircare efektif, aman, ramah di kantong. Temukan treatment untuk rambut indahmu yang didampingi langsung oleh tim klinis berpengalaman. 


Referensi:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/what-causes-frizzy-hair

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a33187/how-to-defrizz-your-hair/

https://www.byrdie.com/how-to-get-rid-of-flyaways-4686874

https://www.vogue.in/beauty/content/how-to-make-your-curly-hair-smoother-healthier-and-frizz-free

Tag:
rambut lurus
rambut rontok
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.