GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Ampuh! 5 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Cepat dalam Waktu 1 Hari

Ditinjau oleh: dr. Flora F.-18 Jul 2022
Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Pasir Diricare

Jerawat merupakan masalah paling umum yang dialami setiap orang. Setiap jenis jerawat disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda. Maka, untuk mengantisipasi tumbuhnya jerawat, kulit perlu dirawat secara tepat. Salah satu jenis jerawat, yaitu jerawat pasir yang kerap tumbuh pada kening dan dagu. Untuk mengetahui lebih terperinci mengenai jerawat pasir atau disebut comedonal acne, simak penjelasan lengkap tentang apa itu jerawat pasir, penyebab, ciri-ciri jerawat pasir, dan bagaimana cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dalam waktu 1 hari.


Apa itu jerawat pasir?

Jerawat pasir adalah papula jerawat yang ukurannya kecil-kecil. Ciri-ciri jerawat pasir bisa dikenali dari warna dan teksturnya. Warnanya putih ataupun hitam.. Jerawat ini, disebut jerawat komedonal karena biasanya berkembang di dahi dan dagu yang berbentuk papula seperti komedo. Nah, jerawat pasir berwarna hitam disebabkan folikel jerawat terbuka dan teroksidasi udara sehingga menjadi lebih gelap warnanya.


Di sisi lain, whitehead atau jerawat pasir yang berwarna putih memiliki permukaan tertutup. Terlihat seperti titik-titik kecil atau layaknya pasir menempel pada kulit. Dari semua jenis jerawat pasir, akan terasa tekstur tak mulus ketika disentuh.


Menurut dokter kulit bersertifikat, Adarsh Vijay Mudgil, MD., jerawat pasir ialah bentuk jerawat paling ringan. Artinya apabila kamu merawat kulit secara benar, maka bisa menghilangkannya. Perlu kamu tahu, jerawat pasir paling umum dialami oleh remaja muda ketika memasuki usia puber. Tetapi tak menutup kemungkinan orang yang berusia lebih dewasa bisa mengalaminya juga.


Penyebab jerawat pasir

Kalau muncul jerawat pasir di dahi, dagu, atau area lain di wajah, hindari untuk sering memegangnya. Apalagi memencetnya karena bisa memperburuk jerawat bahkan bisa mengiritasi. Sebelum melakukan cara menghilangkan jerawat pasir, kamu perlu mengenali dulu penyebabnya apa sehingga dapat mengambil langkah tepat.


Secara umum, jerawat pasir dialami ketika sel-sel yang melapisi saluran kelenjar sebaceous tumbuh berlebihan dan menyebabkan peningkatan produksi minyak. Ketika kotoran menghalangi permukaan kulit, terjadilah jerawat, termasuk jerawat jenis pasir. Kebiasaan sehari-hari juga dapat menjadi faktor risiko munculnya jerawat pasir, antara lain sebagai berikut.


1. Perubahan hormon

Hormon dapat memicu produksi sebum, ini umum dialami remaja selama pubertas. Ketika hormon memicu produksi sebum, otomatis wajah lebih berminyak. Kulit-kulit mati yang tak terangkat juga menyumbat folikel sehingga muncul jerawat pasir.


2. Memakai produk skincare mengandung minyak

Sebelum kamu memilih produk yang akan dipakai, disarankan untuk mengamati betul komposisi skincare tersebut. Jangan sampai tipe kulit berminyak memakai skincare yang mengandung minyak. Ini akan menjadi perpaduan sempurna membentuk jerawat pasir. Pesan dermatologis, pilih juga produk yang diklaim non-comedogenic agar tak memicu jerawat komedonal.


3. Rambut berminyak

Banyak orang tak menduga bahwa rambut berminyak mempengaruhi kulit wajah. Apabila kamu sering memakai pomade atau gel untuk mengatur rambut, pastikan rambut tetap tercuci bersih setelahnya supaya tak menyebabkan jerawat komedo di area paling dekat dengan garis rambut, yaitu dahi. Disarankan pula untuk rutin mengganti sarung bantal dan menghindari menyentuh wajah.


4. Tak menjaga kebersihan kulit

Kebersihan kulit yang buruk, membuat sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, kamu perlu mencuci muka dua kali sehari atau selepas beraktivitas yang mengeluarkan keringat. Karena jerawat pasir juga berpotensi tumbuh di area tubuh berminyak, seperti punggung, direkomendasikan untuk melepas pakaian berkeringat dan membersihkan tubuh sesegera mungkin.


5. Makan makanan manis dan makanan olahan

Pada beberapa kasus, diet glikemik tinggi lebih rentan terhadap jerawat pasir. Glukosa berlebih dalam tubuh, menurut ahli dapat memicu lonjakan hormon dan tak bisa terelakkan jerawat mulai tumbuh. Untuk antisipasi, batasi makan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti roti putih karena lebih berpotensi meningkatkan indeks glikemik tubuh.


6. Stres

Masih berkaitan dengan perubahan hormon, stres dapat mengubah tatanan hormon jadi tak seimbang. Meskipun mengelola stres membutuhkan cara spesifik, tetapi menjalani pola hidup sehat penting untuk dilakukan. Dapatkan tidur atau istirahat cukup, rutin olahraga, dan menjaga pola makan yang sehat.


Kebiasaan di atas, perlu diubah sebagai langkah antisipasi atau agar jerawat pasir tak sering-sering menghias kulit wajah. Nah, cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dalam waktu 1 hari, bisa mengaplikasikan rekomendasi berikut ini.


Cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat

Mengatasi jerawat pasir meski tergolong jenis jerawat ringan, tetap membutuhkan langkah yang tepat. Sebab jika tidak, bisa membuat kulit iritasi atau jerawat pasir bertahan lebih lama menghias kulitmu. Untuk mengatasinya, cek langkah-langkah ini.


1. Cara mengatasi jerawat pasir secara alami

Kalau kamu lebih memilih cara alami dalam menghilangkan jerawat pasir, kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya dan madu. Bahan pertama, lidah buaya, dibuktikan pada penelitian ilmiah bersifat anti inflamasi dan menghilangkan bakteri. Ini berarti bisa membantumu mengempiskan jerawat sehingga tekstur kulit kembali halus dan jerawat pasir berangsur hilang.


Bahan kedua, madu, yang menurut penelitian tahun 2016 bisa memberikan efek anti mikroba tetapi enggak bekerja cepat untuk mengatasi jerawat. Seperti halnya bahan alami lain yang kurang efektif dan cepat menghilangkan jerawat pasir.


2. Mengubah kebiasaan buruk dalam merawat kulit

Apakah kamu sering luput membersihkan wajah? Ataukah sering mengalami perubahan hormon tetapi tak diatasi secara tepat. Nah, kebiasaan ini perlu diubah agar jerawat pasir enggak sering hadir di kulit. Kamu juga perlu mengecek kembali komposisi atau bahan dalam skincare yang kamu pakai. Jangan sampai mengandung bahan yang membuat produksi minyak di kulitmu semakin bertambah.


3. Memakai krim yang bisa mengontrol produksi sebum

Komposisi bahan skincare atau krim anti jerawat yang tepat, menentukan keberhasilan menghilangkan jerawat pasir dengan cepat. Oleh karena itu, kamu wajib memilih skincare yang bisa mengontrol produksi sebum dari kelenjar sebaceous sebagai penyebab utama munculnya jerawat pasir.


Bahan ampuh tersebut yang terdapat dalam Custom Acne Night Cream dan Custom Acne Day Cream. Di antaranya ialah anti bakteri yang membantu mengurangi populasi bakteri penyebab jerawat meradang, retinoid yang menstimulasi kolagen dan regenerasi sel kulit mati, serta acid salicyl untuk membersihkan sebum dalam pori-pori.


4. Memakai pembersih wajah yang mengandung benzoil peroksida

Benzoil peroksida merupakan bahan aktif yang membantu menekan bakteri penyebab jerawat meradang. Selain juga bermanfaat mengangkat sel kulit mati. Dari klinik Diri kamu bisa memakai Custom Acne Facial Wash yang ampuh mengurangi dan mencegah jerawat.


Selain rekomendasi produk di atas, kamu bisa melengkapi perawatan dengan mengaplikasikan Custom Acne Spot Serum untuk membantu menenangkan kulitmu.


5. Konsultasikan pada dokter ahli

Berkonsultasi pada dokter ahli perlu dilakukan. Terutama jika kamu mengalami kondisi tertentu pada kulit bersamaan dengan munculnya jerawat pasir, seperti kulit sangat sensitif dan mengalami dermatitis, rosacea, ataupun psoriasis. Untuk mendapatkan rekomendasi dan formulasi terpercaya, kamu bisa berkonsultasi pada tim ahli dan dokter berpengalaman di Diri.


Itulah cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dalam waktu 1 hari. Namun perlu kamu ketahui, banyak faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan menghilangkan jerawat jenis ringan ini. Selain melakukan perawatan dengan bahan skincare yang tepat, penting memiliki kebiasaan baik dalam merawat kulit seperti mengelola stres dan menjalani pola hidup sehat.

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/comedonal-acne

https://www.verywellhealth.com/comedonal-acne-15972#toc-treatment

https://www.byrdie.com/comedonal-acne-5076195

https://www.self.com/story/how-to-treat-closed-comedones

Tag:
jerawat
jerawat pasir
skincare
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.