GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Begini Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Menghilangkan Jerawat, Terbukti Ampuh

Ditinjau oleh: dr. Flora F-04 Jun 2022
tips cuci muka yang benar jerawat hilang diricare

Jerawat wajah memang kerap menjadi salah satu keluhan banyak orang pada segala usia meskipun jenis gangguan pada kulit ini identik dialami oleh remaja yang tengah memasuki masa pubertas. Sebagai langkah untuk mengatasi folikel rambut yang tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati ini, banyak sekali perawatan yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan membersihkan sisa makeup setelah beraktivitas. Namun, tahukah Anda bahwa seringkali jerawat tetap tumbuh meskipun penderitanya telah melakukan sejumlah upaya perawatan.


Bagi perempuan, jerawat kerap hadir pada masa pra menstruasi. Perempuan yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal juga rentan jerawatan. Melansir Mayo Clinic, faktor utama penyebab jerawat antara lain produksi sebum atau minyak berlebih, folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati, infeksi bakteri, dan peradangan. Untuk mencegah munculnya jerawat yang mengganggu penampilan, kamu bisa melakukan cara berikut ini.


Cara mencegah jerawat di muka

Kulit muka akan terlihat bercahaya tanpa jerawat apabila dirawat dengan tepat. Kamu bisa melakukan pencegahan munculnya jerawat di wajahmu dengan langkah di bawah ini. 


1. Pakai makeup secukupnya

Alas bedak dan bedak menutup pori-pori kulit. Efek paling buruk dari memakai makeup tebal bisa memicu breakout. Nah, agar tak memperbesar risiko munculnya jerawat di muka, kamu bisa mulai memilah dan memilih makeup yang digunakan. Dilansir WebMD, pilih produk riasan wajah dengan label noncomedogenic. Selain juga meminimalisir produk yang diaplikasikan pada kulit wajah.


Produk noncomedogenic diformulasikan secara khusus. Formula tersebut biasanya bebas minyak, tanpa tambahan pewarna, dan bahan kimia yang membahayakan kulit.


2. Hindari memegang wajah tanpa cuci tangan terlebih dahulu

Tanpa disadari, ketika kamu menopang dagu dan menyentuh wajah, tangan bisa membawa bakteri sehingga menempel pada kulit. Disamping itu, hindari juga memencet jerawat karena dapat menyebabkan infeksi dan jaringan parut.


3. Melindungi muka dari paparan sinar matahari

Membatasi terkena paparan sinar ultraviolet dari matahari membantu mengurangi peradangan, kulit kemerahan, dan hiperpigmentasi pasca peradangan. Maka ketika beraktivitas di luar ruangan, kamu perlu mengenakan pakaian yang melindungi kulit. Seperti memakai baju lengan panjang dan topi bertepi lebar yang menutupi kulit wajah. Kenakan juga tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi setidaknya 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.


4. Konsumsi makanan sehat

Pola hidup sehat berkontribusi besar pada kulitmu. Banyak ahli sepakat bahwa banyak mengkonsumsi buah segar, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu kulitmu tetap bercahaya. Untuk mencegah munculnya jerawat, kamu perlu menghindari makanan berminyak, tinggi mengandung gula, dan junk food.


5. Mengelola stres

Setiap orang mengalami tekanan, bahkan sulit terhindarkan dari stres. Beberapa penelitian menghubungkan stres dengan tingkat keparahan jerawat. Nah, untuk mencegah jerawat semakin parah, kamu perlu melakukan cara tepat mengelola stres. Misalnya, mengontrol emosi dengan latihan pernapasan, yoga dan meditasi secara rutin, dan menjalankan pola hidup sehat.


6. Konsultasi ke Dokter secara rutin

Berkonsultasi ke dokter ahli merupakan sebuah langkah yang tepat untuk membantu Anda dalam mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah Anda. Pasalnya, dengan berkonsultasi ke dokter secara rutin, permasalahan kulit wajah Anda tersebut dapat tertangani secara tepat.


Diri Care merupakan platform yang dapat Anda pilih untuk menjawab segala permasalahan kulit wajah Anda. Lebih accessible, dengan platform ini, Anda akan mendapatkan layanan konsultasi, diagnosa, dan rekomendasi produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda agar tampil makin percaya diri.


Itulah kelima kebiasaan yang bisa kamu praktekkan untuk mencegah jerawat. Selain lima langkah tersebut, kamu juga perlu menjaga kebersihan dengan mencuci muka secara rutin. Sudah tahu cara mencuci muka yang benar? Ikuti rekomendasi di bawah ini ya.


Cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat

Menjaga kebersihan merupakan hal paling krusial dalam kecantikan kulit. Setelah seharian kamu berkegiatan dan mengaplikasikan riasan pada wajah, di penutup hari perlu membersihkannya dengan mencuci muka atau memakai cleanser dan toner.


Dilansir Short Hills Dermatology Consultant, cleanser bekerja lebih efektif untuk menghilangkan riasan dan produk kecantikan lainnya. Sedangkan mencuci muka akan membersihkan secara menyeluruh karena membantu mengangkat minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Nah, berikut tahapan yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan wajah termasuk memperkecil resiko tumbuhnya jerawat.


1. Menghapus semua riasan

Tahap pertama ini berlaku untuk semua jenis kulit. Bahkan jika kamu memiliki jenis kulit normal, tetap penting untuk menghapus semua riasan. Cara ini berguna untuk mengangkat sisa makeup yang jika tertimbun akan menyumbat pori-pori dan mengundang jerawat.


Jika kamu memakai riasan tebal, pakai makeup remover untuk menghilangkan riasan di sekitar mata. Setelah itu, gunakan kapas yang lembut untuk mengaplikasikan cleanser.


2. Pakai sabun yang diformulasikan untuk kulit wajah

Sabun untuk tubuh memakai bahan yang tidak ramah dengan kulit wajah. Selain memiliki busa yang membuat kulit muka lebih kering, sabun tubuh bisa menghilangkan minyak alami kulit yang melembapkan. Artinya, kamu harus memakai sabun khusus untuk muka dengan tujuan menjaga keseimbangan pH kulit.


3. Mencuci wajah dengan air hangat

Suhu air yang terlalu panas atau terlalu dingin, dapat mengiritasi kulit. Maka dari itu, kamu perlu mengatur suhu air tepat untuk mencuci wajah. Menurut American Academy of Dermatology dilansir Healthline, suhu air terbaik adalah suam-suam kuku yang membuat kulit wajahmu rileks. Apabila kamu bertanya-tanya tentang berapa lama durasi mencuci muka yang tepat, ahli menyarankan selama 60 hingga 90 detik agar kulit tetap terlindungi kelembapan alaminya.


4. Hindari menggosok permukaan kulit

Hindari menggunakan spons loofah ketika mencuci muka. Kamu cukup menggunakan jari yang digerakkan ke atas dan penuh kelembutan. Ini dilakukan agar permukaan kulit tidak tergores karena menggosok terlalu keras.


5. Cuci sampai rahang dan leher

Bagian rahang dan leher kerap luput dari perhatian. Padahal bagian ini rentan terhadap penumpukan sisa makeup dan kotoran. Saat mencuci muka, pastikan kedua bagian ini juga mendapatkan sentuhan lembut. Sebagai tambahan, kamu bisa menjaga kulit leher dan rahang tetap kencang dengan menggosok lembut jari ke arah atas.


6. Keringkan dengan handuk lembut

Membiarkan air yang menempel pada kulit, bisa menyebabkan kekeringan. Oleh karena itu, keringkan air yang menempel setelah mencuci wajah dengan handuk. Gerakan menepuk lembut lebih direkomendasikan.


7. Jangan terlalu sering mencuci muka

Alih-alih membuat kulit bersih, mencuci muka terlalu sering justru merusak kulit. Cuci muka berapa kali dalam sehari harus dibatasi, meski bertujuan untuk menghilangkan jerawat. Kamu cukup mencucinya dua kali setiap hari, yaitu pada pagi dan malam hari.


8. Memakai pelembap wajah

Untuk kamu dengan kulit berminyak dan berjerawat, setelah mencuci muka tetap perlu memakai pelembap. Beberapa jenis obat jerawat bisa membuat kulitmu kering. Maka kamu perlu menjaga kelembapan kulit tetap seimbang. Tahapan sebelum mengoleskan moisturizer, aplikasikan dahulu obat jerawatmu. Tunggu beberapa saat kemudian oleskan pelembap.


Penjelasan di atas untuk mencegah dan cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat. Apabila kamu sudah melakukan langkah di atas, tetapi jerawat tak juga hilang, maka cobalah berkonsultasi pada dokter kulit dan mendapatkan rekomendasi terbaik untuk menjaga kulitmu tetap cantik.


Referensi:

https://www.aad.org/public/diseases/acne/skin-care/habits-stop#:~:text=What%20to%20do%20instead%3A%20Be,water%2C%20using%20only%20your%20fingers.

https://www.aad.org/public/diseases/acne/skin-care/moisturizer

https://www.verywellhealth.com/how-often-should-i-wash-my-face-15734

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/10-tips-for-preventing-pimples

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/video/how-to-wash-face-with-acne

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/symptoms-causes/syc-20368047

https://shorthillsderm.com/blog/whats-the-difference-between-face-wash-and-skin-cleanser/

Tag:
tips
cuci muka
bekas jerawat
jerawat
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.