kecantikan kulit

9 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Paling Efektif

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-17 Jun 2022
Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Diricare

Jerawat yang mengganggu penampilan menjadi keluhan hampir semua orang. Pada umumnya, jerawat muncul di bagian tubuh yang lembap dan berkeringat, seperti pada wajah dan punggung. Tetapi jerawat di punggung disebabkan oleh faktor tertentu. Jerawat di punggung mungkin tak mengganggu penampilan tetapi kenyamanan dalam beraktivitas. Agar efektif dalam memilih cara menghilangkan jerawat punggung, kenali penyebabnya berikut ini.


Penyebab jerawat punggung

Jerawat punggung normalnya dialami anak usia remaja. Wajar juga apabila orang dewasa sering mengalaminya. Jerawat yang tumbuh di punggung, seperti jerawat pada umumnya, disebabkan oleh minyak dan sel kulit mati. Kedua hal tersebut terperangkap dalam folikel sehingga menyumbat pori-pori. Nah, ketika bakteri menyerang, jerawat akhirnya meradang.


Dilansir Verywell Health, pada permukaan tubuh terdapat kelenjar sebaceous. Kelenjar tersebut menghasilkan sebum atau minyak yang berfungsi menjaga kelembapan, mengatur suhu tubuh, dan mencegah bakteri maupun patogen menyebabkan infeksi. Namun ketika kelenjar terdapat begitu banyak pada permukaan tubuh, maka folikel berpotensi besar tersumbat oleh minyak berlebih dan sel kulit mati.

Penyebab tersebut di atas bisa dipicu oleh kebiasaan sehari-hari. Seperti sering memakai pakaian ketat, memakai tas ransel yang membuat punggung terlampau lembap, dan kulit punggung tidak mendapatkan sirkulasi cukup.


Masalah jerawat bisa juga diturunkan secara genetik. Apabila keluargamu memiliki riwayat mudah berjerawat, kamu berkemungkinan lebih rentan mengalami jerawat. Selain itu, jerawat juga disebabkan hal lain, diantaranya faktor hormonal, minum obat tertentu yang mengandung antidepresan, dan stres yang tidak dikelola dengan baik.


Menurut American Academy of Dermatology, beberapa jenis makanan juga dapat memicu jerawat. Seperti makanan yang tinggi mengandung karbohidrat misalnya roti putih dan keripik kentang. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi makanan mengandung karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah yang juga menyebabkan tumbuhnya jerawat. Pada beberapa kasus, produk susu juga dapat memicu jerawat pada punggung.


Saat jerawat tumbuh di punggung, hindari untuk menggaruk kulit punggung atau menghindari gesekan. Agar tak semakin mengganggu aktivitasmu, lakukan cara menghilangkan jerawat punggung secara efektif seperti berikut ini.


Cara menghilangkan jerawat punggung

Pada sejumlah orang yang mengalami jerawat, cara menghilangkan secara efektif ialah dengan membuat perubahan gaya hidup serta melakukan pengobatan rumahan. Berikut, langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah ataupun menghilangkan jerawat di punggung.


1. Mandi setelah olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Setelah berolahraga, kamu wajib mandi. Jika tidak, keringat dapat menjadi penyumbang terbesar memicu jerawat punggung. Dilansir Healthline, setelah berolahraga segeralah mandi dan ganti pakaian yang nyaman.


2. Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan untuk bekas jerawat yang sudah kering bisa dilakukan secara lembut menggunakan produk skincare berbahan asam salisilat. Asam salisilat dapat membantu menghilangkan kotoran dan produksi minyak berlebih dari kulitmu. Bahan ini juga membantu mengangkat jumlah sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.


3. Kenakan pakaian yang longgar

Ketika beraktivitas sehari-hari, penting untuk memakai pakaian yang nyaman. Misalnya, pilih pakaian yang longgar alih-alih pakaian ketat yang tidak menyerap keringat. Apalagi ketika berolahraga, pakai pakaian yang didesain khusus untuk berolahraga sehingga tidak menimbulkan masalah pada kulitmu terutama memicu jerawat.


4. Pakai pakaian yang bersih

Selain memilih jenis pakaian yang berbahan baik untuk mendukung sirkulasi udara, kamu juga wajib memakai pakaian yang bersih. Ganti pakaian setiap kali selesai beraktivitas. Jika memungkinkan, bawa pakaian ganti jika kamu beraktivitas di luar ruangan.


5. Bersihkan kulit secara lembut

Mandi merupakan salah satu cara membersihkan kulit punggung dan seluruh bagian permukaan kulit di tubuh. Dengan rutin mandi dan membersihkan setiap sudut yang berkeringat, bisa mencegah penumpukan kotoran dan sel kulit mati penyebab jerawat.


6. Jaga kulit tetap lembap

Jika kulit punggung terasa kering atau kencang, mungkin akan memicu rasa gatal dan mendorongmu untuk menggaruknya. Oleh karena itu, jaga kulit tetap lembap tetapi jangan sampai berminyak ya. Kamu bisa memilih produk sabun atau pelembap dengan berlabel noncemedogenic. Skincare dengan label tersebut bisa meminimalisir penyumbatan pori-pori dan membantumu mencegah jerawat punggung semakin parah.


7. Hindari memencet jerawat punggung

Memencet jerawat tidak akan menyebabkan kondisi kulit lebih baik. Infeksi dan peradangan tak segera pulih bisa terjadi apabila kamu mengeropek jerawat hingga terbuka. Artinya, tahan dulu sampai peradangan kempis dan pakai pakaian yang nyaman agar tak tergores.


8. Lindungi kulit dari paparan matahari

Dilansir American Academy of Dermatology Association, paparan sinar matahari yang mengandung UV dapat menyebabkan jerawat lama sembuh dan warna kulit tak rata. Maka ketika beraktivitas di luar ruangan, disarankan untuk memakai sunscreen yang bukan berbahan minyak dan sesuai dengan kulitmu.


9. Hindari rambut tergerai ke punggung

Apabila rambutmu panjang, pastikan tetap bersih dan rutin dicuci. Karena rambut yang membawa debu dan kotoran menyentuh punggung, berisiko memicu jerawat pada bagian belakang tubuhmu. Maka dari itu, ikat rambut agar tak menutupi punggung atau cuci rambut hingga bersih jika ingin tampil menawan dengan rambut tergerai.


10. Makan makanan sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat menimbulkan efek buruk pada kulitmu. Salah satunya makanan yang tinggi mengandung glukosa, dapat meningkatkan indeks glikemik tubuh. Ketika indeks glikemik tubuh naik, jerawat lebih mudah tumbuh dan peradangan susah sembuh. Artinya, minimalisir konsumsi makanan mengandung karbohirat sederhana seperti roti putih, pasta, dan nasi. Pilihlah makanan berserat atau karbohidrat kompleks, misalnya sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian utuh.

Setelah mengetahui sepuluh cara menghilangkan jerawat punggung di atas, lakukan setiap langkah secara bertahap supaya bekerja secara efektif. Apabila tak menampakkan hasil optimal dari perawatan rumahan, konsultasikan keluhanmu pada dokter ahli dan mendapatkan perawatan paling sesuai dengan kondisi jerawat punggungmu melalui konsultasi fast consult Diri Care!

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-back-acne#treatments

https://australianskinclinics.com.au/back-acne-causes/

https://www.verywellhealth.com/back-acne-and-body-acne-15483

https://www.aad.org/public/diseases/acne/DIY/back-acne

Tag:
jerawat punggung
jerawat dada
jerawat badan
skincare
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.