GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

9 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami dan Cepat, Lakukan Hal Berikut!

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-26 Jun 2022
Menghilangkan Jerawat secara Alami dan Cepat

Kulit berjerawat merupakan keluhan yang mayoritas dialami oleh berbagai usia. Pada remaja, jerawat lebih mudah tumbuh karena produksi sebum pada usia puber lebih produktif. Jika tak rajin membersihkan dan merawat kulit, maka kotoran dan sel kulit mati bisa menumpuk sehingga dapat memicu pertumbuhan jerawat. Begitupun jerawat pada usia dewasa, jika luput merawat kulit atau karena dipicu konsumsi makanan tertentu, maka jerawat bisa tumbuh. Meskipun jadi masalah umum, cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat perlu tepat dilakukan. Apakah kamu membutuhkan referensi untuk mengatasi jerawat? Berikut tips yang bisa kamu lakukan.


1. Kompres dengan es untuk mengurangi radang

Alih-alih memencetnya, lebih baik mengurangi radang pada jerawat terlebih dahulu. Kamu bisa mengoleskan es batu langsung pada bagian kulit yang berjerawat untuk mengempiskan radang dan mengurangi warna kemerahan. Biar lebih terkontrol, kamu bisa membungkus es batu dengan kain tipis. Kemudian mengompres jerawat selama kurang lebih tiga menit. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan es batu ini, bisa diulang-ulang sepanjang hari. Selain mengurangi pembengkakan, bisa membantu meredakan rasa sakit.


2. Mencuci wajah dua kali sehari

Tanpa menggunakan obat, atau menghilangkan jerawat secara alami, bisa dengan cara rutin mencuci wajah dua kali sehari. Untuk remaja, rekomendasi cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang kedua ini perlu dipraktikkan. Pasalnya, kelenjar sebaceous penghasil sebum aktif bekerja. Oleh karena itu, perlu rutin membersihkan wajah dua kali sehari atau setelah berkeringat.


Seperti yang kita tahu, kulit wajah yang berminyak rentan sekali berjerawat. Perawatan atas rekomendasi ahli juga berkontribusi dalam menghilangkan jerawat. Kalau kamu membutuhkan saran terpercaya, konsultasikan pada ahli di DiriCare. Untuk menghilangkan jerawat, serangkaian perawatan bisa kamu lakukan menggunakan produk yang diformulasikan secara klinis. Mulai dari Custom Acne Day Cream, Custom Acne Night Cream, Custom Acne Spot Serum , Custom Acne Facial Wash, hingga Custom Acne Sunscreen bisa kamu pakai atas rekomendasi ahli dan teruji secara klinis keampuhannya mengatasi jerawat.


3. Rutin keramas

Banyak orang tak pernah menduga bahwa rambut yang berminyak dan kotor bisa menjadi salah satu penyebab jerawat. Kalau jerawat sudah terlanjur tumbuh menghiasi wajah, perlu untuk rutin keramas. Terutama jika setelah olahraga dan melakukan kegiatan yang berkeringat.


4. Memastikan kulit terlindungi dari paparan matahari

Jerawat bisa semakin memburuk apabila dibiarkan terpapar matahari. Selain itu, dilansir Mayo Clinic, beberapa produk kulit tak akan bekerja secara efektif apabila terkena matahari. Oleh karenanya diperlukan perlindungan pada kulit berjerawat saat beraktivitas di siang hari di luar ruangan. Dermatologis menyarankan untuk memakai pelembap yang berbasis air atau tidak berminyak dan setelahnya pakai tabir surya.


5. Hindari memakai banyak produk kosmetik

Produk yang paling mendasar tentu perlu dipakai untuk kulit wajah. Tetapi agar tak membuat jerawat semakin parah karena memakai banyak produk kosmetik yang menutup pori-pori, maka minimalisir pemakaian makeup ketika berjerawat ya.


6. Pakai produk makeup secara benar

Keinginan untuk menutup jerawat dengan concealer mungkin tak terhindarkan. Tetapi ini tak boleh dilakukan karena justru akan memperburuk jerawat. Rekomendasinya, pakai tahapan makeup secara benar. Setelah membersihkan muka dan memakai toner, biarkan kering sesaat. Kemudian kamu bisa memakai pelembap yang cocok dengan tipe kulitmu. Lalu pakai tabir surya jika beraktivitas di siang hari. Kamu boleh menambahkan alas bedak tipis saja dan bedak tabur untuk memperkuat perlindungan terhadap paparan matahari yang memperparah jerawat.


7. Lindungi kulit dari bakteri penyebab infeksi

Agar jerawat tidak semakin buruk, kamu perlu melindungi kulit dari bakteri penyebab infeksi. Pertama, hindari sering menyentuh jerawat dengan tangan karena tangan memegang banyak barang sehingga bisa mentransfer bakteri ke kulit. Kedua, bersihkan gadget secara berkala supaya tetap steril. Ketiga, ketika bepergian mengenakan helem, pastikan memakai masker atau pelindung wajah. Tujuannya, kotoran pada helm tidak menginfeksi jerawatmu. Selain itu, jaga kebersihan sarung bantal tidur. Setidaknya menggantinya seminggu sekali untuk mengurangi risiko jerawat.


8. Konsisten menggunakan produk skincare yang kamu pakai

Beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat, bisa bekerja lebih efektif jika kamu konsisten memakai produk skincare. Sebab gonta-ganti produk skincare bisa membuat kondisi kulitmu memburuk lho. Maka alangkah bijaknya, kenakan produk yang kamu pakai dan hindari menggantinya terlalu sering.

Menghilangkan jerawat, juga bisa diimbangi dengan konsumsi makanan tertentu yang mengandung zinc. Mengutip Healthline, zinc merupakan salah satu kandungan mineral yang mampu menyembuhkan luka dan dapat membantu mengurangi peradangan. Makanan sehat yang mengandung zinc antara lain kerang, tiram, dan yoghurt.


9. Mengelola stres

Pada dasarnya, penyebab jerawat ialah produksi minyak berlebih, sel kulit mati menyumbat pori-pori, bakteri, dan reaksi peradangan. Selain itu, faktor perubahan hormon dan keturunan atau genetik juga bisa menjadi pemicu jerawat.

Selanjutnya, tips untuk mengatasi jerawat berkaitan dengan aspek psikologis. Stres mungkin dipahami sebagai penyebab jerawat, tetapi tidak secara langsung. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Department of Dermatology, Stanford University School of Medicine, menemukan bahwa luka termasuk karena jerawat lebih lambat penyembuhannya dan meningkat keparahannya ketika seseorang sedang stres. Untuk tetap mengelola stres dan tidak mempengaruhi proses penyembuhan jerawat, ahli merekomendasikan untuk mempraktikkan teknik relaksasi. Misalnya dengan bernapas dalam-dalam untuk lebih rileks, berlatih yoga dan meditasi, mendapatkan tidur malam cukup, diet sehat, dan olahraga secara teratur.


Berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat seperti pemaparan di atas, bisa dengan mudah dilakukan bahkan untuk remaja. Selain melakukan tips di atas, perlu kiranya untuk tetap berkonsultasi pada ahli terutama bila jerawat kerap tumbuh dan tak bisa diatasi dengan perawatan di rumah.

 

Referensi:

https://www.glamour.com/story/how-to-get-rid-of-a-pimple

https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/tips-for-managing-teen-acne#:~:text=Have%20your%20teen%20use%20over,rinse%20skin%20with%20lukewarm%20water.

https://www.healthline.com/health/stress-acne

https://jamanetwork.com/journals/jamadermatology/fullarticle/479409

Tag:
jerawat
tips
solusi
alami
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.