GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Ingin Pemakaian Sheet Mask Lebih Optimal? Ikuti 4 Langkah Berikut Ini!

Tim Penulis Diri-26 Jan 2023
cara memakai sheet mask

Akhir-akhir ini seluruh dunia sedang demam K-Pop karena masifnya Korean wave. Tidak mengherankan semua hal yang berasal dari Korea Selatan selalu terlihat menarik dan jadi tren. Salah satu yang jadi tren hingga saat ini adalah teknik perawatan wajah atau sering dikenal dengan istilah 10 Steps Korean Skincare Routine. Tren tersebut memperkenalkan sheet mask sebagai kunci mendapatkan kulit glowing. Tetapi bagaimana cara memakai sheet mask yang benar? Yuk, cari tahu selengkapnya pada artikel ini.



Apa Perbedaan Sheet Mask dengan Jenis Masker Lainnya?

Mungkin kamu sempat bertanya-tanya apa itu sheet mask dan apa keunggulan sheet mask daripada masker-masker wajah lainnya. Terlebih di awal kemunculannya, sheet mask sangat menarik perhatian berkat bentuknya yang unik.


Sheet mask terbuat dari serat kapas fiber atau microfiber. Namun, ada juga sheet mask yang terbuat dari bahan gel dan busa. Kemudian, di dalam sheet mask ada krim serum melimpah yang diperuntukkan untuk mengatasi permasalahan kulit secara khusus. Bentuknya yang unik dan memiliki banyak variasi, otomatis kepopuleran sheet mask langsung terdongkrak. Kini sheet mask masuk ke dalam jajaran masker favorit semua orang menyaingi clay mask yang lebih dulu ada.


Berapakah Frekuensi Ideal Memakai Sheet Mask?

Jika merunut dari 10 Steps Korean Skincare Routine, pemakaian sheet mask dianjurkan setiap hari sebelum tidur. Sayangnya aturan tersebut tidak bisa berlaku di semua orang, karena kondisi kulit yang berbeda-beda.


Pemakaian sheet mask setiap hari lebih cocok untuk kulit kering dan dehidrasi. Sebab sheet mask memiliki keunggulan dalam menghidrasi kulit. Jadinya kulit kering dan dehidrasi bisa tetap sehat serta ternutrisi. Sebaliknya, pemilik kulit berminyak tidak dianjurkan memakai sheet mask terlalu sering. Bukannya mempercantik kulit, bisa-bisa kondisi kulit makin parah akibat overhydrated. Supaya tidak salah pakai dan bisa berimbas pada kulit, berikut ini beberapa poin yang harus jadi pertimbanganmu sebelum memutuskan memakai sheet mask setiap hari menjelang tidur.


Perhatikan Kondisi Kulit dan Tipe Kulit

Sheet mask lebih cocok dipakai oleh pemilik kulit kering dan dehidrasi. Di sisi lain, pemilik kulit berminyak dan berjerawat juga boleh memakai sheet mask, tapi jangan terlalu sering karena bisa berdampak buruk di kulit.


Perhatikan Komposisi Kandungan yang Ada di Dalam Sheet Mask

Sebelum memakai produk skincare, biasakan untuk menilik komposisinya agar bisa mengantisipasi senyawa pemicu break out dan alergi.


Perhatikan Iklim Tempat Tinggal

Satu hal yang tak kalah penting lagi adalah iklim tempat tinggal, karena iklim dan suhu udara bisa mempengaruhi kondisi kulit. Kalau kamu tinggal di area tropis yang cenderung lembab, sebaiknya tidak perlu sering-sering memakai sheet mask. Tapi kalau kamu tinggal di iklim empat musim yang kering, kamu bisa pakai sheet mask untuk memberikan kelembaban ekstra.


Manfaat Pemakaian Sheet Mask

Tidak diciptakan tanpa alasan, sheet mask mengantongi banyak manfaat untuk kulit. Kira-kira apa saja manfaat sheet mask untuk kulit wajah?


Mengoptimalkan Penyerapan Produk

Nyaris semua sheet mask memiliki komposisi butylene glycol. Peran butylene glycol adalah untuk membantu semua komposisi serum bisa terserap ke kulit. Di samping itu, serat sheet mask yang sangat tipis dapat mengoptimalkan penyerapan produk karena bisa dipakai di kulit dalam waktu yang lama.


Pemakaiannya Mudah

Berbeda dengan masker lainnya, pemakaian sheet mask sangat mudah. Kamu bisa langsung memakaikannya di wajah tanpa perlu pakai alat bantu seperti kuas. Pemasangan sheet mask pun jadi lebih mudah lagi karena desainnya yang sudah disesuaikan dengan bentuk wajah.


Bisa Mengatasi Bermacam-Macam Masalah Kulit

Sheet mask bisa dibilang sebagai satu produk kaya manfaat. Hampir semua masalah kulit bisa diatasi dengan sheet mask, mulai dari masalah kulit kemerahan sampai menyamarkan tanda-tanda penuaan. Sifat sheet mask yang universal ini membuat siapa saja bisa memakainya tanpa terkecuali.


Menenangkan Kulit

Ketika kondisi kulit sedang sensitif atau kering, memakai sheet mask sangat dianjurkan. Sebab, produk satu ini sangat bagus untuk merevitalisasi kulit sensitif. Sehabis pemakaian biasanya kamu bisa merasakan kulit akan jauh lebih tenang, lembab, dan segar.


Cara Memakai Sheet Mask yang Benar

Walaupun memakai sheet mask sangat mudah, tetapi beberapa orang yang masih kebingungan dan belum tahu cara memakai sheet mask yang benar. Berikut ini urutan pemakaian sheet mask yang bisa kamu ikuti.


Cuci Muka

Sebelum memakai sheet mask, pastikan wajah sudah dalam keadaan bersih agar serum pada sheet mask dapat terserap maksimal.


Pakai Sheet Mask

Selepas cuci muka, pakaikan sheet mask langsung di atas kulit dan biarkan maksimal selama 20 menit.


Lanjutkan Pemakaian Skincare

Jika pemakaian sudah 20 menit, tepuk-tepuk ringan wajah agar serum menyerap ke dalam kulit. Lalu lanjutkan pemakaian skincare seperti biasanya dan jangan cuci muka lagi, karena penggunaan sheet mask akan sia-sia. Apabila kamu memakai sheet mask di pagi hari, jangan pernah lupa aplikasikan sunscreen setelahnya.


Bagaimana? Cara memakai sheet mask sangat mudah bukan? Sheet mask bisa jadi treatment tambahan yang bagus untuk kulit supaya tampilannya lebih maksimal. Tapi kalau kamu punya keluhan kulit dan tak kunjung mereda, jangan dibiarkan terlalu lama. Lebih baik langsung konsultasikan ke dokter berpengalaman. Yuk, konsultasi gratis di Diricare sekarang! Hanya menempuh tiga langkah mudah, kamu sudah bisa konsultasi dengan dokter, kemudian kamu akan mendapat rekomendasi produk sesuai kondisi kulit.

 

Sumber:

https://www.facetory.com/pages/korean-sheet-mask-101

https://www.byrdie.com/everything-you-need-to-know-about-sheet-masks-4145390


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
masker wajah
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.