GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Berbagai Manfaat Coenzyme Q10 bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ditinjau oleh dr. Winda-19 Jun 2023

Coenzyme Q10 (CoQ10) kini mendapat perhatian dalam dunia kesehatan dan kecantikan karena potensinya untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. CoQ10 merupakan senyawa alami yang ada di dalam tubuh dan memiliki peran penting dalam produksi energi dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Coenzyme Q10 tidak hanya pada energi seluler tapi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya!


Pengertian Coenzyme Q10

Sebelum melangkah ke manfaat CoQ10, sebaiknya kamu tahu terlebih dahulu apa itu Coenzyme Q10. CoQ10 atau Coenzyme Q10 adalah senyawa alami yang diproduksi secara alami oleh tubuh dan ada hampir di setiap sel. Senyawa ini juga dikenal sebagai Ubiquinone yang memiliki peran penting dalam proses produksi energi dalam sel. 


Coenzyme Q10 mempunyai struktur yang mirip dengan vitamin dan bekerja sebagai koenzim dalam reaksi kimia di dalam mitokondria (sel yang bertanggung jawab dalam produksi energi).


Fungsi utama Coenzyme Q10 adalah membantu menghasilkan Adenosin Trifosfat (ATP), yang merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh. Tidak hanya itu, CoQ10 juga berperan sebagai antioksidan. Artinya senyawa ini juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 


Karena memiliki peran penting bagi kesehatan, CoQ10 menarik perhatian di dunia kesehatan. Kini sudah tersedia CoQ10 dalam bentuk kapsul, tablet, dan minyak yang sering digunakan untuk mendukung kesehatan jantung, antioksidan, dan manajemen energi.


Berikut adalah beberapa contoh produk dengan kandungan CoQ10:

  1. Krim Wajah Anti-Penuaan: Banyak krim anti-aging yang mengandung CoQ10 sebagai bahan aktif untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.
  2. Serum Antioksidan: Kandungan CoQ10 dalam serum antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan dan menjaga kulit tetap sehat.
  3. Suplemen Kesehatan: CoQ10 juga tersedia dalam bentuk suplemen kesehatan untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan energi, dan memberi manfaat antioksidan.
  4. Pelembab Tubuh: Beberapa pelembab tubuh juga mengandung CoQ10 untuk membantu menjaga kelembaban kulit dan memberikan manfaat antioksidan pada tubuh secara keseluruhan.
  5. Produk Perawatan Rambut: Beberapa produk perawatan rambut seperti sampo dan kondisioner mengandung CoQ10 untuk memberikan nutrisi pada akar rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.


Wah, ternyata Coenzyme Q10 ada di hampir semua produk perawatan yang kita gunakan, ya. Mulai dari rambut, tubuh, hingga krim wajah. Jangan lupa baca label produk dan ikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh produsen untuk mendapatkan manfaat maksimal dan menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat dosis dan penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan.


Manfaat Coenzyme Q10 untuk kulit

Berikut adalah beberapa manfaat Coenzyme Q10 untuk kulit:


1. Sebagai Antioksidan

Coenzyme Q10 berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini, kerusakan sel, dan munculnya kerutan. CoQ10 dapat mengurangi stress oksidatif dan membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.


2. Menstimulasi produksi kolagen

Kolagen merupakan protein penting yang memberikan kekuatan, elastisitas, dan kelembutan pada kulit. Namun, produksi kolagen cenderung menurun seiring bertambahnya usia, hal ini dapat menyebabkan penurunan kekencangan dan timbulnya kerutan pada kulit. Coenzyme Q10 dapat merangsang produksi kolagen baru, membantu menjaga kulit tampak lebih muda dan mengurangi tanda-tanda penuaan.


3. Perlindungan dari sinar matahari

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk kulit kering, kemerahan, dan kerutan. Coenzyme Q10 dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Meski demikian, tetap penting untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang tepat ketika terkena paparan sinar matahari, ya.


4. Menghidrasi dan Menutrisi Kulit

Penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi agar terhindar dari berbagai masalah kulit seperti penuaan dini atau kulit kering. CoQ10 dapat membantu menjaga kelembaban kulit dengan mengurangi kehilangan air transdermal, menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat. Selain itu, CoQ10 memberikan nutrisi penting pada sel-sel kulit, membantu memperbaiki dan meregenerasi jaringan kulit yang rusak.


5. Menenangkan dan Meredakan Radang Kulit

Coenzyme Q10 memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Manfaat ini cocok untuk kamu yang memiliki kondisi kulit sensitif atau memiliki masalah peradangan seperti dermatitis atau jerawat. CoQ10 dapat membantu mengurangi kemerahan, iritasi, dan ketidaknyamanan kulit.


Cara penggunaan Coenzyme Q10

Untuk menggunakan Coenzyme Q10 (CoQ10) dengan aman, ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk atau arahan dari dokter atau ahli kesehatan. Berikut adalah beberapa tips menggunakan CoQ10  dengan aman:


1. Ikuti dosis yang dianjurkan

Pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan pada label kemasan produk atau rekomendasi dari dokter/ ahli kesehatan. Dosis yang tepat dapat bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan setiap orang dan tujuan penggunaan.


2. Konsultasikan dengan dokter

Apabila kamu mempunyai kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen yang mengandung CoQ10. Dokter akan memberikan saran penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kamu.


3. Perhatikan efek samping

Coenzyme Q10 umumnya dianggap aman apabila digunakan sesuai dosis yang dianjurkan. Namun, beberapa orang mungkin mengalami efek samping ringan seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, atau gangguan tidur. Jika kamu mengalami efek samping yang tidak biasa, segera hentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter.


4. Jaga Kebersihan dan Kualitas Produk

Pastikan untuk membeli produk Coenzyme Q10 dari sumber yang terpercaya dan menjaga kebersihan produk tersebut. Simpan CoQ10 sesuai instruksi penyimpanan yang tertera pada kemasan untuk menjaga kestabilan dan kualitasnya.


Demikianlah pembahasan tentang manfaat Coenzyme Q10 bagi kesehatan dan kecantikan. Meskipun Coenzyme Q10 dapat memberikan manfaat bagi kulit, penting untuk diingat bahwa setiap orang bisa memberi respons yang berbeda. Apabila kamu tertarik menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan CoQ10, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan sebelumnya untuk memastikan kesesuaian dengan kondisi kulit kamu dan menghindari efek samping yang mungkin terjadi. Kamu bisa konsultasi dengan dokter profesional di Diricare. 


Sumber: 

https://www.healthline.com/nutrition/coenzyme-q10#TOC_TITLE_HDR_5 

https://www.3lab.com/blogs/news/what-are-the-benefits-of-coq10-for-skin 

https://www.byrdie.com/coq10-skincare-benefits

banner-artikel
Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.