GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Apa Akibat Ganti Skincare Tanpa Jeda? Kenali Risiko dan Ikuti Tips Berikut!

Ditinjau oleh: dr. Elita M.-04 Sep 2022
Ganti Skincare Tanpa Jeda Diricare

Dalam memakai skincare, selain memilih yang cocok dengan jenis kulit, kamu juga perlu mengetahui cara tepat dalam memakainya. Persoalan kerap muncul tak diduga karena keliru dalam memakai skincare. Termasuk memakai skincare tanpa memberi jeda waktu. Jeda waktu diperlukan ketika memakai skincare rutin secara berlapis. Misalnya, setelah membersihkan wajah dan memakai toner, beri jeda beberapa saat untuk mengaplikasikan serum kemudian pelembap atau tabir surya. 


Namun, jika kamu ragu, berkonsultasi mengenai kondisi kulit wajahmu ke dokter berpengalaman sangatlah disarankan. Anda tak perlu khawatir jika mengganti serangkaian skincare secara bersamaan jika telah mendapatkan saran dari dokter karena kandungan yang diberikan pasti akan disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Sebagai informasi tambahan, perlu dipahami bahwa mengganti skincare tanpa berkonsultasi terlebih dahulu juga berpotensi mengalami resiko buruk untuk wajah Anda. Nah, berikut adalah sedikit penjelasan yang perlu Anda sadari terlebih dahulu.


Akibat ganti skincare mandiri tanpa jeda

Kulit membutuhkan waktu untuk untuk menetralkan efek dari kandungan skincare yang dipakai sebelum ganti produk baru. Kalau tidak memberi jeda, ini efek yang paling umum dialami.


1. Kulit wajah kering

Pertama, kulit semakin kering jika kamu ganti skincare tanpa jeda. Menurut ahli kecantikan berlisensi, Samantha, kulit semakin kering dikenali sebagai tanda kalau kamu keliru dalam memakai skincare rutin. Baik karena tak beri waktu kulit untuk beristirahat, atau karena terlalu sedikit memakai skincare. Meskipun apabila kamu punya jenis kulit kombinasi, yang mana zona T biasanya berminyak, karena tak tepat dalam memakai skincare, area tersebut menurun kelembapannya.


2. Warna kulit kemerahan

Kulit kemerahan, bisa dialami karena menggunakan skincare yang bersifat eksfoliasi secara berlebihan. Dermatolog atau dokter kulit, umumnya menyarankan untuk memakainya berjeda. Misalnya, pada awal pemakaian, hanya dipakai sekali atau dua kali dalam seminggu. Sambil mengamati respons cocok atau tidaknya, kamu tetap perlu melakukan rutinitas secara berjeda. Seperti tetap membersihkan wajah dua kali sehari dan memakai tabir surya saat mulai beraktivitas pada pagi hari.


Setelah kulit wajah menerima kandungan skincare yang bersifat eksfoliasi, kamu bisa menambah frekuensi pemakaian secara bertahap sampai anjuran yang direkomendasikan. Kalau pada awal pemakaian memakai sekali seminggu, dan kulit merespons secara positif. Minggu setelahnya bisa menambah satu kali pemakaian, artinya dua kali seminggu.


3. Kulit lebih sensitif

Jika kulitmu lebih sensitif setelah memakai sejumlah produk skincare secara bersamaan, maka saatnya kamu mengevaluasi ulang cara dan jenis produk yang kamu pakai. Untuk mengatasinya, disarankan untuk konsultasi pada dokter berpengalaman.


Dalam memperkenalkan produk baru pada kulit wajah, setidaknya beri jeda setidaknya dua minggu. Ini adalah aturan paling umum. Nah, kalau kamu tak melakukannya, akibatnya bisa membuat kulitmu lebih sensitif. Gejalanya, kulit bisa memerah, mengalami breakout, hingga iritasi.


4. Efek skincare tidak bekerja optimal

Terdapat dua kemungkinan penyebab kenapa efek skincare yang dipakai tidak bekerja secara optimal. Pertama, karena dosis pemakaian yang kurang tepat sehingga tak bekerja efektif dalam mendapatkan capaian yang diimpikan. Kedua, karena kamu tidak memberi jeda ketika ganti skincare baru sehingga tak memberikan efek memuaskan.


Apabila mengalami hal ini, kami merekomendasikan untuk konsultasi pada tim ahli dan dokter berpengalaman di Diri. Di klinik Diri, skincare yang direkomendasikan untuk mengatasi keluhanmu diformulasikan oleh tim ahli. Formulasi skincare juga disesuaikan dengan kebutuhan serta karakter kulitmu, lho! Oleh karena itu risiko dalam memakai skincare akan lebih minim karena proses perawatan akan didampingi oleh dokter berpengalaman.


5. Kulit wajah lebih kusam

Kulit menghasilkan sebum yang berfungsi sebagai skin barrier, atau menjaga kelembapan dan penghalang terhadap mikroorganisme. Kalau tak memberi jeda ketika kamu ganti skincare, bisa mengakibatkan kulit wajah terlihat lebih kusam. Produksi sebum tidak terkontrol bahkan justru menurun sehingga tak mampu optimal melindungi kulit. Bahkan kulit terlihat kurang bercahaya dan lebih kering.


6. Kulit mengalami stres

Stres pada kulit tidak hanya disebabkan kondisi psikologis. Ketika kamu tidak memberi waktu pada kulit untuk beradaptasi dengan skincare baru, juga bisa membuat kulit mengalami stres. Jadi, pertimbangkan dan pikirkan matang-matang kalau kamu ingin ganti skincare baru. Paling penting lagi, beri jeda waktu ketika ganti skincare.


Itulah enam akibat ganti skincare tanpa jeda. Karena risikonya bisa buruk buat kulitmu, maka direkomendasikan untuk memberi waktu untuk kulit beradaptasi atau istirahat sejenak sebelum mengaplikasikan skincare baru. Nah, berikut tips yang bisa kamu praktikan sebelum ganti skincare baru.


Apa yang harus dilakukan sebelum ganti skincare baru?

Banyaknya produk perawatan kulit, mungkin akan membuatmu bingung memilih mana yang paling tepat buat kulitmu. Pertama yang perlu kamu lakukan sebelum ganti skincare baru, cobalah lebih selektif dalam memilih. Cek betul apa yang benar-benar kamu butuhkan, kemudian ikuti tips berikut agar pergantian skincare baru enggak berakibat buruk pada kulitmu.


1. Perkenalkan satu produk pada satu waktu

Terkadang, saking kepinginnya mendapatkan kulit wajah yang sempurna, seseorang ingin mengganti seluruh produk perawatan rutin. Baik dari pembersih, toner, serum, krim pelembap, hingga tabir surya. Tetapi mengganti banyak jenis perawatan secara bersamaan tidak akan membantumu mencapai tujuan yang kamu harapkan. Cara yang benar adalah mengubah satu produk dalam satu waktu. Jika kamu baru saja mengganti pembersih minggu ini, ganti pelembap dalam jeda 7-8 hari.


Demikian juga jika kamu memperkenalkan serum dengan bahan aktif pada kulitmu. Berikan waktu seminggu untuk kulit beradaptasi. Jangan terburu-buru ganti produk baru karena kulit membutuhkan beberapa saat sebelum menyerap manfaat dari kandungan skincare.


2. Baca labelnya dan kenali komposisinya

Setiap produk menyertakan label berisi komposisi. Meski kamu harus mencari manfaat bahan-bahannya secara mandiri, tetapi penting sekali untuk melakukannya. Sebab beberapa komposisi produk mungkin menyertakan bahan yang menyebabkan peradangan kulit atau mungkin mengandung pewarna bahkan wewangian yang tak cocok untuk jenis kulitmu.


3. Mengikuti petunjuk pemakaian

Mengaplikasikan produk skincare tidak perlu dengan jumlah yang banyak. Misalnya, kalau pakai serum cukup dengan mengaplikasikan 2-3 tetes saja. Memakai pelembap juga hanya perlu secukupnya saja, tak perlu membanjiri seluruh permukaan kulit wajah dengan niat untuk melembapkan secara maksimal. Karena jika diterapkan secara berlebihan, produk pelembap bisa menutup pori-pori dan menyebabkan jerawat. Paling penting kamu perhatikan, ikut pemakaian produk sesuai petunjuk.


4. Konsultasikan dengan dokter berpengalaman

Meskipun kamu bisa mendapatkan skincare terbaik secara mandiri, tetapi konsultasi dengan dokter penting kamu lakukan. Alasannya, banyak faktor yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan pada ribuan produk skincare. Artinya, mempercayakan pada ahlinya bisa membantumu jauh dari kesalahan dalam memilih produk skincare.


Setelah mengetahui beberapa langkah yang perlu dilakukan, sebaiknya kamu tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter berpengalaman untuk mendapatkan rangkaian skincare yang disesuaikan dengan kondisi kulitmu.

Demikian tips yang perlu kamu lakukan agar akibat ganti skincare tanpa jeda seperti yang dijelaskan di atas tidak dialami. Semoga pengetahuan tersebut bisa membantumu dalam melakukan rutinitas merawat kulit ya!

  

Referensi:

https://www.vogue.com/article/how-to-deal-with-stressed-skin

https://www.self.com/story/how-bad-is-it-to-switch-skin-care-products

https://brightside.me/inspiration-girls-stuff/dermatologists-explain-why-its-important-to-take-a-break-from-your-skincare-routine-at-least-once-a-month-796147/

https://www.cosmopolitan.com/uk/beauty-hair/beauty-trends/a33927737/5-signs-you-have-stressed-out-skin-and-how-to-fix-it/

https://www.healthshots.com/beauty/skin-care/how-to-switch-to-a-new-skin-care-product-without-breaking-out/

Tag:
skincare
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.