GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Bekas Jerawat Kemerahan Sulit Hilang? Yuk, Lakukan 5 Tips Ini!

Ditinjau oleh: dr. Nila M.-10 Agt 2023
Tips Hilangkan Bekas Jerawat Kemerahan

Setelah jerawat kempes tak jarang meninggalkan bekas di kulit wajah yang biasanya berwarna kehitaman atau kemerahan. Namun, bekas jerawat kemerahan cenderung lebih bandel dan cukup sulit dihilangkan. Sebenarnya apa yang menyebabkan jerawat meninggalkan jejak kemerahan pada kulit dan bagaimana cara menghilangkannya? Artikel ini akan membahasnya secara singkat, yuk simak sampai selesai.


Penyebab Muncul Bekas Jerawat Kemerahan

Penderita Post Inflammatory Erythema (PIE) atau bekas jerawat kemerahan kebanyakan adalah orang dengan kulit cerah. Lalu apa yang jadi penyebab jerawat kemerahan bisa muncul? PIE dapat terjadi karena ada peradangan pada kulit yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah kecil di bawah kulit.


Jenis jerawat yang sering jadi penyebab PIE adalah cystic acne. Meski begitu PIE juga bisa muncul akibat sunburn, dermatitis, alergi, dan sebagainya. Umumnya PIE berwarna kemerahan, tapi pada beberapa orang bisa terlihat pink atau bahkan keunguan jika tingkat peradangannya parah.


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Kemerahan

Untuk menghilangkan PIE sebetulnya tidak memerlukan treatment khusus karena dapat menghilang dengan sendirinya meski butuh waktu cukup lama. Namun, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah untuk mempercepat proses pemudaran bekas jerawat kemerahan.


1.   Masker Wajah Berbahan Alami

Kamu bisa mulai melakukan perawatan di rumah dengan masker dari bahan-bahan alami yang ada di dapurmu, seperti minyak kelapa, bubuk oatmeal, bubuk teh hijau, dan aloe vera. Bahan-bahan tersebut mengandung anti-inflamasi dan bisa melembabkan kulit. Kalau kamu pakai masker dari keempat bahan tersebut secara teratur, kemerahan pada kulit bisa mereda dan PIE cepat pudar.


2.   Serum Vitamin C

Serum adalah jenis treatment paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk memudarkan bekas jerawat kemerahan. Vitamin C dinilai secara efektif untuk mengurangi Post Inflammatory Erythema akibat sinar UV B. Lalu, Vitamin C juga mengandung bahan-bahan pencerah sehingga PIE bisa memudar dengan lebih cepat.


3.   Niacinamide

Niacinamide merupakan turunan dari vitamin B3 bisa mencerahkan kulit, mengurangi inflamasi, membantu menjaga kelembaban kulit, hingga bisa mengurangi jerawat karena cystic acne. Produk skincare yang mengandung niacinamide ada bermacam-macam. Tetapi untuk kulit sensitif, kamu bisa mengaplikasikan niacinamide dalam bentuk toner karena lebih ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit.


4.   Laser Treatment

Bila toner dan serum tidak kunjung berhasil, kamu bisa datang ke klinik kecantikan untuk menangani PIE supaya cepat pudar dengan metode laser. Dokter akan menyasar ke area kulit yang kemerahan dan menghilangkan PIE dalam sekejap. Pada kasus PIE yang berat, kamu mungkin memerlukan beberapa kali tindakan laser sampai PIE benar-benar hilang.


5.   Microneedling

Selain metode laser, kamu bisa melakukan treatment di klinik dengan microneedling atau jarum-jarum kecil yang tersusun dalam sebuah alat bernama dermaroller. Alat tersebut dapat mengontrol dan memperbaiki kerusakan pada permukaan kulit dan merangsang pertumbuhan kolagen baru. Saat sel-sel kolagen baru terbentuk, permukaan kulit yang kemerahan akan kembali normal seperti sedia kala. 


Itulah penjelasan singkat tentang bekas jerawat kemerahan beserta cara mengatasinya. Rawat kulitmu supaya tetap bersih dan sehat. Tidak perlu takut untuk konsultasi dengan dokter ketika sedang ada masalah kulit. Kamu bisa mulai konsultasi gratis di Diricare dan dapatkan rekomendasi produk perawatan sesuai kondisi kulit dengan harga terjangkau. Yuk, konsultasi sekarang!


Referensi:

https://www.healthline.com/health/acne/post-inflammatory-erythema#treatments

https://www.beautymed.ca/blog/10-home-remedies-to-get-rid-of-redness-on-face/

banner-artikel
Tag:
bekas jerawat merah
solusi
skincare
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.