GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Apa Itu Hydrating Toner? Skincare Ini, Bantu Kulit Wajah Kenyal dan Kencang

Ditinjau oleh dr. Intan-22 Des 2022
hydrating toner untuk kekenyalan kulit wajah

Memakai skincare itu perlu disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Misalnya untuk kulit kering dan kusam, membutuhkan produk perawatan yang bisa membantu mengembalikan kelembapan kulit. Salah satu jenis skincare untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah hyrdrating toner. Apa itu hydrating toner? Adakah perbedaan dengan hydrating booster? Yuk, ikuti penjelasan lengkap di bawah.


Salah satu jenis skincare yaitu toner, lekat dengan tujuannya untuk menyapu bersih sisa-sisa kotoran yang masih menempel meski sudah memakai pembersih wajah utama. Sabun pembersih dan susu pembersih, pada beberapa kasus tidak mengangkat maksimal kotoran dan sisa minyak yang menempel pada kulit wajah. Untuk itu, diciptakan toner sebagai bahan pembersih ganda untuk kulit wajah. Sedangkan hydrating toner adalah jenis toner tetapi memiliki manfaat untuk mengunci kelembapan kulit.


Hydrating toner saat ini diformulasikan untuk semua jenis kulit. Artinya, bagi kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, tetap bisa mendapatkan manfaat dari hydrating toner. Karena skincare ini melembutkan, aman, dan menyeimbangkan kelembapan. Penting kamu ketahui, perbedaan hydrating toner dan hydrating booster sangat jelas. Dilihat dari namanya, hydrating booster diformulasikan untuk memberikan nutrisi pada kulit. Selain membantu melembapkan dan melembutkan tekstur kulit, hydrating booster bertujuan merevitalisasi kulit.


Hydrating booster juga berbeda dengan serum. Booster memiliki konsentrasi yang lebih spesifik dibandingkan serum, apalagi hydrating toner. Biasanya, formula juga lebih spesifik, seperti mengatasi pori-pori besar, dehidrasi, kulit kusam, kulit kasar, dan lainnya.


Setelah mengetahui bedanya hydrating toner dan hydrating booster, kamu tetapi boleh kok memakai keduanya. Hydrating booster, dipakai setelah kamu membersihkan muka dan memakai toner. Sudah tahu fungsi dan caranya memakai toner? Yuk, ikuti berikut ini.


Fungsi hydrating toner

Mungkin kamu sedang mencari banyak informasi tentang kenapa sih perlu memakai hydrating toner. Ini nih, informasi yang mungkin kamu butuhkan untuk menambah satu step perawatan kulitmu.


Mengembalikan keseimbangan kulit

Saat wajah terkena air ketika mencuci muka, kelembapan kulit lebih cepat menguap bersama udara. Untuk itu, salah satu fungsi hydrating toner adalah untuk mengembalikan keseimbangan kulit wajahmu. Hydrating toner juga menjaga kulit agar tak terlalu kencang atau kering.


Melembapkan kulit

Seperti namanya, hydrating toner berfungsi menjaga dan mengunci kelembapan kulit. Hydrating toner, umumnya berbahan dasar air. Tujuannya menghidrasi kulit setelah dibersihkan. Tetapi perlu diingat, meski toner bersifat melembapkan, kamu tidak boleh melewatkan memakai pelembap setelah mengaplikasikan hydrating toner.


Menyegarkan kulit

Lelah setelah beraktivitas, kulitmu berhak mendapatkan kesegaran. Dengan membersihkan wajah dan mengaplikasikan hydrating toner, kulitmu akan lebih tenang, rileks, dan tetap segar.


Menenangkan kulit

Untuk menenangkan kulitmu, kamu perlu selektif dalam memilih komposisi toner yang dipakai. Hydrating toner dengan ekstrak dari tumbuh-tumbuhan, bisa jadi pilihanmu. Artinya, sebelum berbelanja skincare, selalu cek label komposisi agar kamu dapat mengevaluasi efeknya pada kulit.


Membantu mengangkat bersih minyak dan sisa makeup

Menambahkan hydrating toner untuk perawatan rutin harian, bisa membantu mengangkat bersih kotoran yang menempel pada kulit wajah. Meskipun kamu telah mencuci muka, tetapi kotoran yang masih menempel tak terlihat dengan mata telanjang. Disinilah toner bekerja, tahapan skincare ini bisa mengangkat sisa makeup, kotoran, minyak, bahkan membuat bakteri tak sempat menginfeksi.


Itulah kelima fungsi dari hydrating toner. Apabila kamu mau pakai toner, tentu langkah-langkahnya harus tepat. Ikuti cara berikut agar mendapatkan manfaat secara optimal.


Cara pemakaian hydrating toner

Urutan pemakaian skincare yang tepat dapat memberikan hasil yang baik. Kalau keliru memakainya, kandungan aktif di dalam skincare tidak akan terserap optimal oleh kulit. Jangan sampai skincare-mu yang ampuh jadi sia-sia khasiatnya. Oleh karena itu, kamu bisa ikuti urutan berikut ini untuk memakai hydrating toner.


Cuci muka terlebih dahulu

Mempersiapkan wajah untuk menyerap nutrisi dari skincare perlu dilakukan. Karena kalau wajah dalam kondisi kotor, meski kandungan dalam skincare hebat, tidak akan bisa diserap optimal. Jadi bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan hydrating toner. Kamu bisa memakai pembersih yang sesuai dengan kondisi kulitmu.


Pakai hydrating toner menggunakan kapas

Kapas sebagai aplikator, membantu kandungan hydrating toner merata diaplikasikan pada kulit. Caranya, tuangkan toner pada kapas. Kemudian usapkan ke seluruh wajah, leher, hingga bawah leher.


Aplikasikan langsung tanpa kapas

Seperti halnya memakai serum, kamu bisa memakai hydrating toner langsung pada kulit wajah. Yaitu dengan menuangkan secukupnya pada telapak tangan. Kemudian usapkan lembut pada kulit wajah. Kalau memakai cara ini, pastikan memakaikannya secara merata ya.


Pakai hydrating toner pada pagi dan malam

Hydrating toner perlu dipakai seiring dengan kamu membersihkan wajah. Tujuannya, agar membantu mengunci kelembapan kulit. Membersihkan wajah dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan malam. Begitu pula pemakaian hydrating toner, dipakai sesaat setelah membersihkan muka.


Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, umumnya lebih cocok dengan hydrating toner dengan formula astringen. Frekuensi pemakaian tetap sama, dua kali sehari setelah mencuci wajah.


Setelah mengetahui cara pemakaian hydrating toner, direkomendasikan untuk memilih toner yang paling sesuai dengan tipe kulitmu. Meskipun umumnya hydrating toner bersifat netral, atau bisa digunakan oleh semua tipe kulit, tetapi tetap harus dicari yang cocok untuk mendapatkan hasil optimal.


Hydrating toner baru satu tahap untuk mendapatkan kulit wajah kenyal dan kencang. Meskipun banyak manfaatnya, kamu tetap harus memakai skincare rutin lainnya. Rekomendasi skincare yang terpercaya buat kamu, bisa kamu dapatkan dari dokter berpengalaman di klinik Diri.


 

Sumber:

https://www.vogue.in/beauty/content/add-these-hydrating-toners-to-your-summer-skincare-routine-to-address-dry-skin

https://fleurandbee.com/blogs/news/benefits-of-facial-toner

https://www.vita4you.gr/blog-vita4you/en/item/serum-or-booster-what-is-the-difference-between-them-amp-how-do-we-use-them.html

https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19952473/how-to-use-facial-toner/


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.