GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Kenali Berbagai Jenis Skincare untuk Anti Aging & Peremajaan Kulitmu

dr. Sarafina G-16 Jul 2022
artikel anti aging kerutan diricare

Sawar kulit atau skin barrier yang sehat memiliki peran yang penting untung melindungi tubuh dari dehidrasi, kuman, iritasi, zat penyebab alergi, dan radiasi. Penggunaan skincare rutin merupakan hal yang penting, bukan hanya untuk meningkatkan dan memperkuat kulit, menjaga elastisitas, regenerasi dan meratakan tekstur, tetapi juga untuk mencegah pembentukan kerutan akibat penurunan kolagen dan elastin. 

Kerutan merupakan salah satu tanda penuaan yang sebenarnya wajar terjadi semakin bertambah usia. Namun beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, kebiasaan merokok dan minum alkohol, pola tidur yang buruk, perubahan berat badan drastis, nutrisi yang kurang, dan stres dapat menyebabkan penuaan dini sehingga kerutan muncul sebelum waktunya.


Skincare yang dapat melawan penuaan dini dapat mengandung moisturizer/pelembap untuk memperbaiki sawar kulit, antioksidan, vitamin, AHA, anti-inflamasi, dan tabir surya.


Pelembap

Terdapat tiga jenis pelembap, yaitu oklusif, emolien, dan humektan. Oklusif bekerja sebagai pelindung fisik lapisan epidermis untuk mencegah kehilangan air trans-epidermal. Bahan organik dengan sifat oklusif meliputi wax dan minyak, seperti beeswax, candelilla wax, jojoba oil, olive atau coconut oil

Emolien adalah zat yang membantu membuat kulit halus, kenyal dan lembut dengan mengurangi kulit kasar dan bersisik. Tekstur dari emolien cenderung cair atau kental, seperti shea butter, cocoa butter, mango butter, minyak almond, argan oil, castor bean oil, coconut oil, evening primrose oil, olive oil, sunflower oil, dan lainnya. Beberapa emolien juga dapat berfungsi sebagai oklusif seperti coconut oil atau castor oil. 

Humektan bekerja dengan menarik air dari lapisan dermis menuju stratum korneum (bagian terluar epidermis) serta mengikat uap air dari udara. Contoh dari humektan adalah hyaluronic acid, gliserin, gliserol, madu, dan sorbitol. 


Kandungan untuk memperbaiki skin barrier

Minyak alami yang mengandung asam lemak memiliki peran untuk mempertahankan skin barrier serta bersifat anti inflamasi dan anti iritasi. Kedua asam lemak esensial utama adalah omega-3 (seperti flaxseed oil, walnut oil, dan chia oil) dan omega-6 (seperti grapeseed oil, sunflower oil, safflower oil, blackcurrent seed oil, evening primrose oil, and borage oil). Ceramide juga termasuk ke dalam kategori. Ia merupakan salah satu kandungan skin barrier boosting terbaik yang dapat menjaga penampilan kulit agar tetap kencang dan kenyal.


Sunscreen atau tabir surya

Penggunaan tabir surya dan menghindari paparan sinar matahari merupakan hal yang paling penting dalam memperlambat penuaan.


Pencerah kulit

Kandungan pencerah kulit biasanya digunakan untuk mengatasi masalah penuaan kulit seperti flek dan kulit kusam. Bahan organik yang terbukti aman dan efektif untuk mencerahkan kulit adalah citrus extracts, licorice extract, kojic acid, bearberry extract, white mulberry extract, vitamin C (ascorbic acid), vitamin B3 (niacinamide), retinol, AHA, azelaic acid, serta beragam ekstrak herbal.

AHA merupakan kandungan skincare yang bekerja dengan mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi). AHA juga berfungsi untuk peremajaan kulit dengan mengatasi beberapa efek penuaan seperti kerutan halus, perubahan warna kulit, kulit kering, dan flek. 


Antioksidan

Antioksidan memelihara dan melindungi kulit dari radikal bebas. Terdapat beberapa antioksidan yang dikategorikan menjadi antioksidan larut air dan antioksidan larut lemak. Antioksidan yang larut dalam air termasuk diantaranya vitamin C, glutathione, dan teh hijau. Sedangkan antioksidan yang larut dalam minyak adalah vitamin A, vitamin E dan koenzim Q10.


Vitamin

Vitamin memiliki peran penting dalam perawatan kulit. Yang paling sering ditemukan dalam perawatan kulit adalah vitamin C (asam askorbat), vitamin E, vitamin A (retinol), dan vitamin B3 (niacinamide). 

Vitamin C membantu mensintesis kolagen untuk mengencangkan dan membuat kulit lebih kenyal, serta mengurangi garis-garis halus atau kerutan. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang efektif untuk menetralkan radikal bebas serta melembutkan kulit. Vitamin A berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru, meningkatkan produksi kolagen sehingga memperbaiki kerutan terkait dengan penuaan. Vitamin B3 memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan minyak, mengurangi garis halus atau kerutan, merawat dan mencegah solar keratosis (sun spot), mempertahankan kelembapan, dan masih banyak lagi.


‘Healthy aging’ merupakan tujuan semua orang, Untuk mencapainya dapat melakukan beberapa cara, seperti menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, diet yang seimbang dan sehat, dan penggunaan skincare yang memiliki efek anti-aging

Yuk, konsultasi di Diri untuk mendapatkan rekomendasi skincare anti-aging supaya tercapai tujuan ‘Healthy aging’mu!


Referensi :

Ganceviciene R, Liakou AI, Theodoridis A, Makrantonaki E, Zouboulis CC. Skin anti-aging strategies. Dermatoendocrinol [Internet]. 2012;4(3):308–19. 

Ahmed IA, Mikail MA, Zamakshshari N, Abdullah A-SH. Natural anti-aging skincare: role and potential. Biogerontology [Internet]. 2020;21(3):293–310.

Tag:
peremajaan kulit
anti aging
solusi
skincare
kerutan
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.